Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Latihan Dasar Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa (LDKMM) II STMIK Jakarta STI&K Oleh: Sarifuddin Madenda.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Latihan Dasar Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa (LDKMM) II STMIK Jakarta STI&K Oleh: Sarifuddin Madenda."— Transcript presentasi:

1 Latihan Dasar Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa (LDKMM) II STMIK Jakarta STI&K Oleh: Sarifuddin Madenda

2 S. ROBBINS: “Kesatuan sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan suatu batasan yang relatif jelas, yang berfungsi secara relatif teratur dalam rangka mencapai suatu atau serangkaian tujuan” SHAFRITZ & RUSSEL: “Kelompok orang yang bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan tertentu”

3 Chester Barnard: Organisasi adalah “sebuah sistem aktivitas yang terkoordinasikan secara sadar, antara dua orang atau lebih”. Gibson & Ivencevich: Organisasi adalah “kesatuan yang memungkinkan anggota mencapai tujuan yang tidak dapat dicapai melalui tindakan individu secara terpisah’’ Philip Selznick : Organisasi adalah “suatu ekspresi struktural dari kegiatan rasional”.

4 Mary Parker Follet: Manajemen merupakan seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain Ricky W. Griffin: Manajemen adalah sebuah proses perencanaan dan pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan

5 Nickels & McHugh : Sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian orang-orang serta sumber daya organisasi lainnya.

6 Efektif : Mengerjakan pekerjaan yang tepat dan benar Efisien : Mengerjakan pekerjaan secara tepat dan benar

7 “Melaksanakan fungsi manajemen dalam usaha pencapaian tujuan organisasi dgn cara tindakan yang efektif dan efisien melalui perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan” Dibutuhkan: Seorang pemimpin yang memiliki kemampuan dan karakter Kepemimpinan dan Manajerial yang baik.

8 1. Kecerdasan dan Berpengatahuan 2. Berwawasan luas 3. Ambisi dan Energik 4. Hasrat untuk memimpin 5. Percaya Diri

9 1. Benar - Jujur dan Integritas (Siddiq) 2. Bertanggung Jawab (Amanah) 3. Terbuka – Transparan (Tabliq) 4. Berpengatahuan – Ahli (Fathonah) 5. Konsisten (Istiqomah)

10 1. Merumuskan Visi, Misi dan Tujuan 2. Menentukan Rencana Strategis (RensTra) 3. Menentukan Rencana Operasional (ReNop) 4. Mengembangkan organisasi dan menempatkan orang yang tepat pada posisi yang tepat 5. Memotivasi dan memberikan inspirasi pada orang-orang

11 1. perencanaan ( planning ), 2. pengorganisasian ( organizing ), 3. Pengarahan / penggerakan (actuating) 4. pengawasan ( controlling ), dimana pada setiap tindakan digunakan ilmu pengetahuan dan keahlian, serta dilakukan secara berurutan, dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

12 Buku Bacaan: 1. Gary Yukl : “Kepemimpinan Dalam Organisasi” 2. Stephen P. Robbins : “ Perilaku Organisasi” 3. Thariq M. As-Suwaidan : “Mencetak Pemimpin” 4. Veithzal Rivai : “Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi” 5. Griffin : “Manajemen”


Download ppt "Latihan Dasar Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa (LDKMM) II STMIK Jakarta STI&K Oleh: Sarifuddin Madenda."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google