Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

VISI KEWIRAUSAHAAN KREATIVITAS & PELUANG USAHA BUSINESS PLAN Dr. Fifi Swandari, S.E., M.Si. F.E. UNIV.LAMBUNG MANGKURAT.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "VISI KEWIRAUSAHAAN KREATIVITAS & PELUANG USAHA BUSINESS PLAN Dr. Fifi Swandari, S.E., M.Si. F.E. UNIV.LAMBUNG MANGKURAT."— Transcript presentasi:

1 VISI KEWIRAUSAHAAN KREATIVITAS & PELUANG USAHA BUSINESS PLAN Dr. Fifi Swandari, S.E., M.Si. F.E. UNIV.LAMBUNG MANGKURAT

2 Pentingnya Kewirausahaan Krisis keuangan global berdampak besar bagi Indonesia. Krisis akan meningkatkan jumlah karyawan yang di PHK. Krisis jk disikapi positif akan meningkatkan jumlah wirausahawan. Wirausaha perlu memiliki visi yang jelas tentang usahanya. Ekstrim: Krisis itu baik!!

3 Visi dan Intent Visi adalah pandangan usahawan ttg. kondisi perusahaannya di masa yang akan datang. Intent: Niat kuat dari usahawan untuk menjadikan usahanya menjadi seperti yang diinginkan di masa yang akan datang

4 Visi Visi=tujuan perusahaan, tanpa visi berarti perusahaan berjalan tanpa tujuan, tidak tahu ke arah mana perusahaan akan menuju. Menjelaskan harapan perusahaan di masa yang akan datang. Menjelaskan akan menjadi seperti apa perusahaan di masa yad. Visi memainkan peran sentral dalam manajemen strategik. Riset: Perusahaan yang sukses adalah perusahaan yang memiliki visi dan BERKOMITMEN untuk mencapai visitsb. Sepanjang waktu.

5 Contoh2 Visi Visi Pertamina: Menjadi Perusahaan Minyak Nasional Kelas Dunia Visi Perusahaan Penyedia IT: Menjadi Perusahaan yang Profesioanl di Bidang IT dan Teknologi Perlistrikan.

6 Misi Tujuan/purpose unik yang membedakan perusahaan dari perusahaan lain yang sejenis dan mengidentifikasi cakupan operasinya. Misi menguraikan produk, pasar, bidang teknologi yang digarap perusahaan yang mencerminkan niat dan prioritas dari pengmbil keputusan strategik. Misi merupakan pernyataaan atau rumusan umum yang luas dan tahan lama tentang keinginan atau maksud perusahaan.

7 Contoh2 Misi Misi Pertamina: Menjalankan usaha inti minyak, gas dan bahan bakar nabati secara terintegrasi, berdasarkan prinsip-prinsip komersial yang kuat. Misi Perusahaan Penyedia IT: Mendukung Visi dalam Memberikan Nilai Tambah untuk Meningkatkan Kualitas SDM dalam Prosedur Sistem Operasional, Sistem Administrasi, serta Mengantisipasi Perkembangan Teknologi Bidang Informasi dan Pelistrikan.

8 Visi & Manajemen Strategik Visi, Misi, Tujuan

9 Manajemen Strategik Visi Misi Profil Perusahaan Lingkungan Eksternal PELUANG Strategi Umum Strategi Operasional Sasaran JP Sasaran JPdKebijakan

10 Tuliskan Visi dan Misi Perusahaan/Usaha Saudara Visi: Misi:

11 KREATIFITAS DAN PELUANG USAHA Pemerintah:Tahun 2009 sebagai Tahun Ekonomi Kreatif Ekonomi kreatif didasarkan pada pengolahan atas ide, kreativitas, dan keterampilan individual untuk mengembangkan perekonomian berkelanjutan. Industri kreatif: periklanan, arsitektur, kerajinan, desain, fashion, film, musik, seni pertunjukan, percetakan dan penerbitan, serta radio dan televisi Kreatifitas?? Creativity is a mental process involving the generation of new ideas or concepts. Memunculkan sesuatu yang baru yang sesuai dengan kebutuhan kondisi. Kemampuan memecahkan masalah Cara mengapresiasikan diri kita terhadap suatu masalah, dengan menggunakan berbagai cara yang merupakan hasil dari pemikiran kita.

12 Penyedia Peluang Pemerintah: Anjuran para PNS pakai sepatu lokal, batik, sasirangan?, lurik, wisata ke dalam negeri. Para wirausahawan itu sendiri: co: perusahaan pembuat walkman. Lingkungan + Kondisi internal perusahaan

13 Peluang Bisnis di Banjarmasin Makanan yg Nikmat Makanan yg estetis: co: pecel lele dihias Laundry kiloan Tempat Penitipan Anak Standar UNAS naik: bimbingan belajar Les Inggris Baju sasirangan sama “ngetrend” dg baju batik. Konsultan Keuangan

14 Tulis Peluang Bisnis Saudara Peluang Bisnis Kemampuan Organisasi/Usahawan

15 Kreativitas dalam Fungsi Bisnis Fungsi BisnisAlternatif Solusi 1. Pemasaran -Memilih segmen pasar baru yang relatif tidak terimbas krisis. -Buat produk dengan ukuran yang lebih kecil -Tentukan harga yang terjangkau konsumen -Gunakan saluran distribusi mobile --Kurangi biaya promosi, gunakan internet untuk berpromosi dan penjualan secara langsung. -Gunakan hadiah untuk meningkatkan penjualan 2. SDM Beri training dan pemahaman pada karyawan bahwa mereka bekerja dalam lingkungan krisis yang buruk; tekankan karyawan untuk kreatif dalam menyelesaikan masalah perusahaan. -Pertemuan para decision maker dibuat lebih sering 3. Keuangan -Cari alternatif pembiayaan diluar bank seperti menggandeng mitra strategis. -Jalin kerjasama dengan supplier lebih erat lagi agar supplier bersedia membantu perusahaan menjaga persediaan. 4. Produksi-Mesin produksi dibuat lebih fleksibel agar mampu membuat produk dengan berbagai ukuran terutama ukuran ekonomis.

16 Business Plan BP: Pernyataan formal dari satu set tujuan bisnis, alasan mengapa tujuan tersebut dipercaya dapat dicapai dan rencana untuk mencapai tujuan tersebut. Termasuk didalamnya informasi tentang organisasi atau tim untuk mencapai tujuan tersebut. Bidang Pemasaran Meyakinkan pembaca/calon investor bahwa pasar tersedia bagi produk yang akan dibuat Segmenting, Targeting, Positioning Strategi 4P: Product, Price, Place and Promotion Bidang Produksi Menjelaskan bagaimana proses produksi akan dilakukan

17 Lanjutan Business Plan Bidang SDM Menjelaskan ttg struktur organisasi dan kebutuhan SDM untuk mencapai tujuan Bidang Keuangan Sumber dana keuangan Capital budgeting (penilailaian investasi)


Download ppt "VISI KEWIRAUSAHAAN KREATIVITAS & PELUANG USAHA BUSINESS PLAN Dr. Fifi Swandari, S.E., M.Si. F.E. UNIV.LAMBUNG MANGKURAT."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google