Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

HUBUNGAN BAIK DAN TEKNIK MENJUAL. PERANAN HUBUNGAN BAIK ► Hubungan Timbal Balik Dalam banyak hal faktor pergaulan menentukan keberhasilan seseorang. Hal.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "HUBUNGAN BAIK DAN TEKNIK MENJUAL. PERANAN HUBUNGAN BAIK ► Hubungan Timbal Balik Dalam banyak hal faktor pergaulan menentukan keberhasilan seseorang. Hal."— Transcript presentasi:

1 HUBUNGAN BAIK DAN TEKNIK MENJUAL

2 PERANAN HUBUNGAN BAIK ► Hubungan Timbal Balik Dalam banyak hal faktor pergaulan menentukan keberhasilan seseorang. Hal ini disebabkan karena manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan. Seorang kepala membutuhan anak buah dan sebaliknya anak buah membutuhkan seorang pemimpin. Tentu saja baik “boss” atau anak buah masing- 2 mengharapkan perlakuan yg terbaik.

3 ► Pergaulan Baik Teman Lama Jika seorang dpt bergaul dg baik, maka ia akan mempunyai banyak sahabat baik pula. Sahabat baik adalah modal yg baik. Kelak jika seorang dlm keadaan sulit perekonomiannya, maka baru merasakan betapa penting punya sahabat yg baik. Usahakanlah membuat teman baik sebanyak-2nya disaat ini & masa mendatang. Usahakan agar anda selalu dapat memberikan kesan yg baik kepada setiap teman karena hal itu berarti anda menanam modal yg akan berbuah kelak disaat anda dlm keadaan kritis.

4 ► Pergaulan Baik Teman Penting Makin tinggi tingkat pergaulan seseorang, maka makin besar pula kesempatan yang dimilikinya, untuk bersahabat baik dengan kalangan “atas”. Seseorang mahasiswa mempunyai kesempatan lebih besar untuk menggalang persahabatan dengan calon “orang penting” dibandingkan dengan siswa SMA. Persahabatan justru hrs digalangs ebanyak dan seluas mngkin, karena 100 teman tidaklah cukup, tetapi 1 musuh lebih dari cukup. “membuat sahabat” jg hrs selektif krn bersahabat dg orang yg “bukan sahabat” hanya akan membuat susah.

5 ► Pergaulan Baik Keberanian menemui Orang Penting ► Keberanian mendatangi atau menemui “orang penting” Tidak semua orang berani mendatangi atau menemui ornag penting mungkin karena merasa rendah diri, takut, enggan, tahu sebab lain. Bagi mereka yang berjiwa enterpreneur justru akan selalu mengejar “orang penting” karena dari beliaulah akan banyak peluang ataupun masalah bisnis terselesaikan. ► Keberanian mengutarakan keinginan, permintaan atau ajakan terkait bisnis. Orang yang birjiwa bisnis sedikit basa basi untuk memperlicin ke arah masalah yang akan dikemukakan dan jika suasananya oke, maka dengan taktis aaan langsung mengemukakan hal bisnis yang dikehendakinya.

6 Hubungan Baik Perorangan  Faktor pergaulan banyak menentukan keberhasilan seseorang, sehingga usahakan bergaul luas dan baik.  Hidup adalah saling tolong menolong, sehingga usahakan banyak menolong ornag jika ingin suatu saat ditolong orang.  Banyak membuat teman saat ini akan banyak teman juga dimasa mendatang.  Makin tinggi sekolah anda saat ini, makin besar kemungkinan satu atau beberapa teman menduduki posisi penting kelak.  Seseorang berjiwa bisnis adalah orang yang berani mendatangi / menemui “orang penting” dan berani mengutarakan keinginan, permintaan atau ajakan terkait bisnis.

7  Hubungan Perusahaan Tiap perusahaan akan selalu berhubungan keluar dengan atasan, rekan setingkat ataupun bawahannya. Pengertian atasan bagi perusahaan adalah perusahaan atau pimpinan pusat perusahaan lain pusat pemasok abarang ataupun dana, pejabat atau instansi pengendali perusahaannya. Pengertian bawahan bagi perusahaan adalah pelanggan, anak perusahaan, perwakilan dan yang setingkat. Kemajuan usaha banyak ditentukan seberapa jauh hubungan yang baik dengan mereka.  Hubungan Atasan dan Bawahan Hubungan baik diperlukan bagi setiap wiraswastawan di segala tingkat. Para eksekutif baik di lingkungan swasta ataupun pemerintahan perlu memiliki hubungan baik dengan atasan (superior), rekan sejawat (setingkat) dari lain perusahaan atau instansi dna juga dengan bawahan

8 Sikap Mental Ideal Atasan yg Ideal  Disiplin, jujur, tanggung jawab, tanggap dan cekatan, kerja keras, penuh inisiatif, kreatif, peduli pada bawahan, berjiwa wira, bekerja lebih. Sikap Mental Bawahan yg Ideal  Disiplin, jujur, tanggung jawab, tanggap dan cekatan, kerja keras, rajin dan tekun, patuh. loyal, bekerja lebih.

9 KESAN, CITRA & KEINGINAN UMUM INDIVIDU Kesan & Citra Sebagian orang sering bertanya tentang faktor apa yang sebenarnya berperanan dan menntukan keterkaitan seseorang, sehingga hubungan baik dapat terjalin. Jawabannya dapat bermacam-macam dan uraian berikut mungkin akan membantu untuk memahami hal tersebut.  Jika seseorang pernah membeli suatu barang disatu toko, maka ada tendensi dia akan kembali lagi ke toko tersebut, kecuali jika dia kecewa atas pembeliannya yang terdahulu.  Jika seseorang mengatakan kata “asin” atau “masam”, maka org lain yg mendengarkan kata itu akan merasakan seolah- olah dimulutnya ada makanan yg berasa asin atau masam.  Manusia ditakdirkan sbg makhluk yg mempunyai otak dan perasaan yg tinggi, berarti manusia itu mempunyai akan dan daya ingat yg tinggi pula.

10 Keinginan Umum  Jika seseorang ingin sukses dalam hidupnya, termasuk dalam keluarga dan bisnis, maka salah satu kunci keberhasilan adalah seni bergaulnya. Bagi seorang penjual/ pemasar produk jasa hal ini sangat penting. Demikian bagi para pengusaha yg ingin sukses dalam pergaulan ke atas dan ke bawah, kiranya perlu memperhatikan dan memahami hal apa saja yg dapat menyenangkan orang lain, terutama orang penting.

11 Keinginan Umum Individu  Ingin dan suka dihargai dan dianggap “orang penting”  Senang jika dipuji atau dibesarkan hatinya.  Senang terhadap keindahan dan kemesraan  Senang jika diberi simpati  Senang jika diungkapkan secara positif apa yang disenangi dan disayanginya. Jadi kelima sifat itu dapat dihayati, diamalkan dan dimanfaatkan scr baik dan arif, maka pastilah ia akan sukses dalam pergaulan, dlm bisnis dan dalam kehidupannya.

12 TEKNIK MENJUAL Teknik atau seni menjual (salesmanship) sesungguhnya sulit untuk digambarkan dengan kata-kata karena kesan psikologis yang berperan dalam seni menjual merupakan hasil gabungan dari berbagai faktor, antara lain sikap yang menarik, penampakan atau “tampang” seseorang, suara, dan cara berbicara, cara mengemukakan pendapat, memberi perhatian pada orang lain, cara menanggapi dan menjawab pertanyaan, suasana sekeliling dan sebagainya. Kesan pertama yg baik sesungguhnya sudah merupakan setengah sukses.

13 Arti dan Etika Menjual  Prinsip menjual adalah mengushakan agar tujuan dapat dicapai melalui kesepakatan tanpa menimbulkan yang jelek atau perselisihan. Pelanggan sering juga dianggap seperti “raja”.  Etika menjual yang paling penting adalah sikap mental jujur dan bertanggungjawab. Dua hal ini digabungan bersama dengan fator-fator teknik menjual akan merupakan reputasi (nama baik) bagi setiap penjual (saleman). Ada benarnya orang mengataan “ harta yang terindah bagimu adalah nama baik / reputasimu”. Pekerjaan menjual adalah mulia dapat memberikan kesan dan citra yang baik adalah suatu modal yang uat untuk meraih sukses.

14 TEKNIK MENJUAL (SALESMANSHIP) Penampilan, Persuasi, Pelayanan, Pemuasan Kesan CITRA The Most precious of your possession is your reputation

15 Penjual •Berbagai perusahaan membutuhkan tenaga ini, hususnya para penjual (salesman) dan sangat dihargai bagi mereka yang terampil dan berpengalaman. •Bukankah peranan penjual itu penting dan profesi ini memberi peluang hidup yg menarik ? Hal ini mungkin disebabkan karena adanya “paham menak” atau pandangan seolah-olah kedudukan sebagai pamong pemerintaha dalah satu-satunya kedudulan yg terhormat, sedang pengusaha swasta apalagi penjual adalah “warga nomor dua”.

16 Sikap Mental Penjual  Kepercayaan Diri Kepercayaan diri yang tinggi akan mendorong kaberanian yang tinggi, terutama dalam menghadapi calon pembeli dan mengambil resio. Langkah yang beresiko tinggi adalah judi. Resio aan semain tinggi jika lanagkah yang akan ditrmpuh tidak mellaui pertimbangan yang matang  Kemauan, Semangat & Kegairahan Karsa atau daya kemauan dalah salah satu faktor pendoorng yang penting untu mewujudkan apa yangd iinginkan menjadi kenyataan melalui kerja keras. Mengharapkan sesuatu tanpa berusaha yang diinginkan. Menyerah sebelum berusaha adalah pasrah dan sukses tanpa bekerja hanya mungin dalam tulisan“. Sukses hanya mungin dicapai melalui kerja keras

17  Gigih dan Ulet Seorang penjual harus memiliki kegiatan dan keuletan untuk mencapai tujuan yang diinginkkan. Istilah “tidak mungkin” harus dijauhkan dan dihilangan dari pikiran. Tiap usaha adalah “aksi” sehingga wajar jika mendapat “ reaksi”. Sukses hanya diperoleh jika tiap tantangan yang ada dapat diselesaikan secara tepat dan baik.  Kepribadian Menarik Seseorang akan memiliki kepribadin yang menarik jika dia memiliki gairah, kepercayaan diri, wajar, tanggap, rasa humor, berusaha berbuat bai dan tingkah laku menyenangkan.

18  Kesediaan Memberi Pelayanan Terbaik Tiap penjual yang ingin sukses selain harus rela bekerja keras juga harus bersedia dan berusaha memberikan pelayanan yang terbaik.  Keyakinan dan Kebanggaan Tiap penjual yain dan bangga terhadap barang dan jasa yang ditawarkan kepada orang lain. Keraguan terhadap apa yang dijual, akan juga menimbulkan keraguan kepada calon pembeli. Keraguan berarti setengah kegagalan

19 SIKAP MENTAL PENJUAL  Kepercayaan diri  Kemauan, semangat dan kegairahan  Gigih dan ulet  Kepribadian menarik  Kesediaan memberi pelayanan terbaik  Ada keyakinan dan kebanggaan

20 PENJUAL HARUS …..  Memiliki pengethauan dan kebanggaan atas barang/jasa yang ditawarkan  Yakin atas kebagusan barang dan jasa dan kemampuannya.  Yakin, bahwa cara yang dijalankan benar, tepat dan baik.  Yakin, bahwa barang / jasa yang ditawarkan memberi kepuasaan dan manfaat bagi pengguna.

21 Kemampuan Penjual  Kemampuan yang harus dimiliki seorang penjual antara lain :  Kemampuan melakukan observasi dan identifikasi terhadap kebutuhan masyarakat, keadaan pasar, saingan dan para pembeli.  Kemampuan mempengaruhi orang lain, menanam dan memelihara kepercayaan orang lain.  Kemampuan menentukan harga yang tepat dan baik  kemampuan mengenal kondisi fisik dan psiologis  Kemampuan membuat suasana yang menyenangkan  Kemampuan mencari dan memperoleh informasi yang tepat  Kemampuan membuat rencana dan evaluasi penjualan

22 Penjual harus mampu …..  Melakukan observasi / identifikasi kebutuhan, pasar dan pesaing  Mempengaruhi orang, menanam/memelihara kepercayaan  Menentukan harga yang tepat  Mengenal fisik dan psikologis konsumen  Membuat suasana menyenangkan  Mencari dan memperoleh informasi yang tepat  Membuat perencanaan dan evaluasi yang tepat.

23 Baduara dan Sirait (1984) mengemukakan gambaran konseptual tentang suatu rencana penjual yg sukses.  Tabel Konsepsional Rencana Penjual yg Sukses A. TUJUAN Tingkatan TujuanUkuran KeberhasilanAsumsi Penting 1.Pelanggan tetap atau berubah 2.Pendapatan meningkat 3.Kesejahteraan meningkat 1.Jumlah Pelanggan 2.Volume penjualan 3.Berapa dan kapan 4.Berapa, kapan dan dimana 1.Ada daya dan selera membeli 2.Harga jual menguntungkan 3.Kesejahteraan meningkat

24 B. CARA : Mengelola Semua Modal dengan Baik Kegiatan Menjual 1.Modal, totalitas diri 2.Barang, jasa dan ide 3.Uang 4.Lingkungan 5.Ijin yg diperoleh Observasi pasar dan identifikasi kebutuhan pembeli secara tepat.

25 PERILAKU & TIPE PEMBELI •PERILAKU PEMBELI Perilaku pembeli atau castomer behaviour menurut Slikboer ( didalam Baduara dan Sirait, 1984) terdiri dari empat golongan : –Individualistis –Penyaran ( suggestible) –Egosentris –Sosial

26 TIPE PEMBELI •Pembeli sopan dan hormat •Pembeli baik budi •Pembeli “cepat dan praktis” •Pembeli “bimbang dan lamban” •Pembeli mudah “naik pitam” •Pembeli “terlalu cepat” •Pembeli pasar apatis •Pembeli intelektual •Pembeli “aneh”

27 Motif Membeli Gambaran umum dasar atau motif pembeli., yaitu dasar emosional dan dasar rational. Motif ini pada dasarnya adalah untuk memenuhi keinginan atau kebutuhannya. Pemenuhan kebutuhan atau pun pemuasan keinginan itu meliputi unsur : ► Kesenangan ► Ketenangan ► Ketenaran ► Keagungan ► Kebebasan ► Rasa cinta ► Dorongan seksual ► Mempertahankan status ► Rasa caya diri ► Rasa tak tertinggal ► Hemat waktu ► Hemat baiya ► Keuntungan finansial, dan ► Kasihan/menolong

28 Beberapa Kesalahan Penjual  Menyebar “Wangi” atau “Busuk” Beberapa penjual didaerah yang ramai dikunjungi turis sering mencoba “ main gila” dengan menawarkan harga yang tinggi atau menipu mutu jika diketahuinya bahwa calon pembeli bukan orang daerah setempat. Sekali atau dua kali dia mungkin memperoleh keuntungan lumayan, namun pada akhirnya pembeli yang merupakan juga media adpertensi itu akan mengetahui jika mereka dipercundangi.  Kesalahan Umum Penjual Beberapa kesalahan penjual : * Kepribadian yang kurang menarik.bagaimana pun pembeli minta pelayanan yang sebaik-baiknya termasuk kepribadian dari penjual. * Tidak mau belajar atau bekerja keras, sehingga kurang kreatif. Bagi mereka yang tidak mau belajar memikat pelanggan, jelas suatu saat akan tertinggal dan kalah bersaing dengan mereka yang kreatif. * Terlalu cepat menyerah jika dikritik calon pembeli. Harusnya penjual itu penuh akal dan tidak kehabisan cara untuk merendam “ kritik” secara halus dan lihai, sehingga pada akhirnya pembeli “ senang dan puas”. * dan lain-lain..

29 KIAT PENJUAL …. •Kepribadian menarik •Tidak mudah menyerah kalau dikritik •Ulet dan kerja keras •Terus belajar dibidang kerjanya •Penampilan yang prima •Memberikan perhatian kepada pembeli •Memperhatikan “orang penting” •Memanfaatkan setiap kunjungan / pertemuan •Berani mendatangi calon pembeli •Mempelajari/mengenal calon pembeli •Rajin mencari dan menggarap kotrak •Menjual mutu dan menjag anama baik •Kreatif dan semangat bersaing •Menjelaskan manfaatnya •Menggunakan cara / peralatan terbaik •Melayani pembeli sepenuh hati •Menggali potensi diri dan bekerja sebaik mungkin •Menjalin kerjasama dan hubungan yang luas •Sadar atas hukum kemerosotan, namun percaya diri •Perhitungan cermat dan tepat setiap perluasan usaha.

30 Sebagai pelengkap dalam hal seni menjual dan bergaul, “5 misi “ sebuah perusahaan swasta yang banyak diiklankan ini dapat diresapi, dihayati dan diamalkan karena mengandung nilai-nilai luhur dan bermanfaat bukan hanya bagi suatu lembaga atau perusahaan, tetapi juga berguna dalam menghadapi era globalisasi yang penuh persaingan. “ 5 MISSIONS” We belive, nothing splendid can ever be achieved except by the grace of god. Take time to love and beloved focus on the society priorities Act on various ways to help optimize customers satisfaction Manage the jobs effectivelt, imaginatively, and look to the future with great hope & optimism. Be professional and creative, see the invisible, feel the intangible, and achieve the impossible. In charge of better tomorrow for all.


Download ppt "HUBUNGAN BAIK DAN TEKNIK MENJUAL. PERANAN HUBUNGAN BAIK ► Hubungan Timbal Balik Dalam banyak hal faktor pergaulan menentukan keberhasilan seseorang. Hal."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google