Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Bioteknologi Unit 7 Learning More Biology 3. Penerapan teknik, prinsip, dan rekayasa biologi dengan memanfaatkan agen biologi untuk mengubah bahan baku.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Bioteknologi Unit 7 Learning More Biology 3. Penerapan teknik, prinsip, dan rekayasa biologi dengan memanfaatkan agen biologi untuk mengubah bahan baku."— Transcript presentasi:

1 Bioteknologi Unit 7 Learning More Biology 3

2 Penerapan teknik, prinsip, dan rekayasa biologi dengan memanfaatkan agen biologi untuk mengubah bahan baku menjadi suatu produk atau jasa dikenal sebagai bioteknologi. Apa manfaat bioteknologi bagi kehidupan manusia?

3 Penerapan Bioteknologi Penggunaan bibit unggul hasil persilangan Penggunaan bibit tahan herbisida hasil penyisipan gen Penggunaan bakteri Bacillus thuringiensis alami untuk pengendalian hama Penggunaan galur tanaman transgenik yang membawa gen tahan hama Jelaskan perbedaan penerapan bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern. Sebutkan contoh lain dari penerapan bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern. Bioteknolog i Konvensional Bioteknologi Konvensional Bioteknologi Modern Bioteknologi Modern

4 1. Penerapan Bioteknologi dalam Bidang Pangan Meningkatkan nilai gizi, cita rasa makanan, dan mengawetkan makanan. Manfaat Fermentasi Tempe Keju Bioteknologi Pangan Perubahan enzimatik dari bahan organik (gula atau lemak) oleh mikroorganisme yang menghasilkan produk organik sederhana. Susu Kedelai Streptococcus thermophillus Penicillium cammemberti Jamur Rhizopus oryzae Yoghurt Contoh:

5 Tape Nata de Coco Singkong Ketan Sari kelapa Bakteri Acetobacter xylinum Sebutkan contoh produk fermentasi lainnya. ragi

6 2. Penerapan Bioteknologi dalam Bidang Pertanian Hidroponik Bioteknologi Bidang Pertanian Aeroponik Teknik kultur jaringan

7 3. Peranan Bioteknologi di Bidang Kesehatan Bioteknologi di Bidang Kesehatan Antibiotik Terapi Gen Pengobatan penyakit atau kelainan genetik dengan menyisipkan gen normal. Interferon Zat antibodi terhadap virus. Vaksin Kuman yang dilemahkan untuk merangsang pembentukan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Tes genetik Teknik biologi molekular mendeteksi penyakit genetik.

8 4. Peranan Bioteknologi di Bidang Lingkungan Bioteknologi di Bidang Lingkungan Pengolahan limbah minyak bumi Bakteri Pseudomonas.sp Pengolahan sampah organik menjadi kompos Mikroorganisme tanah Carilah contoh lain peranan bioteknologi di bidang lingkungan. Carilah contoh lain peranan bioteknologi di bidang lingkungan.

9 Dampak Bioteknologi Dampak dari Bioteknologi Dampak positif Dampak negatif Mengembangkan bahan kebutuhan pokok manusia Penemuan bibit unggul Pengolahan limbah rumah tangga dan industri Digunakan untuk senjata biologis Mengganggu keseimbangan lingkungan. Memunculkan organisme strain/jenis berbahaya. Jelaskan dampak positif dan negatif dari bioteknologi pada bagan di atas.

10 Bioteknologi memiliki PeranDampak dalam bidangcontohnya Pangan Pertanian Kesehatan Lingkungan Alkoholisme Resisten terhadap antibiotik tertentu

11 Kuis 1. Sebutkan dampak positif dari penerapan bioteknologi terhadap kehidupan manusia. 2. Jelaskan perbedaan antara bioteknologi modern dengan bioteknologi konvensional. 3. Jelaskan keuntungan dari bahan makanan yang diolah dengan menggunakan bioteknologi modern.

12 Terima kasih “Setiap manusia berbuat kesalahan, tetapi hanya manusia bijak yang belajar dari kesalahannya.” -Winston Churcill-

13 REFERENCES BOOK REFERENCES PICTURES REFERENCES bpo.blogger.com missamazing.com lovie.fileswordpress.com CD Image

14 Created by: Editor: Fahri Alwhinanto Layouter: Rudini Rusmawan


Download ppt "Bioteknologi Unit 7 Learning More Biology 3. Penerapan teknik, prinsip, dan rekayasa biologi dengan memanfaatkan agen biologi untuk mengubah bahan baku."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google