Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Nama Kelompok : 1. M. Firman Akbar (13) 2. Muh. Faris F. 3. Rendra Novianto 4. Yayan Aldiansyah P.P 5. Agilia 6. Shella PSSI TUGAS PPKN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Nama Kelompok : 1. M. Firman Akbar (13) 2. Muh. Faris F. 3. Rendra Novianto 4. Yayan Aldiansyah P.P 5. Agilia 6. Shella PSSI TUGAS PPKN."— Transcript presentasi:

1 Nama Kelompok : 1. M. Firman Akbar (13) 2. Muh. Faris F. 3. Rendra Novianto 4. Yayan Aldiansyah P.P 5. Agilia 6. Shella PSSI TUGAS PPKN

2 Soal PSSI  Latar belakang berdirinya PSSI?  Apa yang menyebabkan PSSI pecah?  Sebutkan organisasi apa saja yang di naungi PSSI?  Dampak yang terjadi dalam organisasi tersebut dengan pecahnya PSSI?  Apa keterlibatan pemerintah terhadap PSSI?  Jelaskan dana yang didapat PSSI?  Apa peran pemerintah terhadap PSSI?  Apa maksud campur tangan menpora?  Adakah pecahnya PSSI melibatkan orang dari luar?  Bagaimana nasib PSSI sekarang?  Apakah dengan adanya PSSI sepak bola Indonesia maju?  Lembaga apa saja yang turut menangani PSSI?  Mampukah PSSI bisa menandingi sepakbola seluruh dunia?

3 Latar Belakang berdirinya PSSI  Sedikit mengenai PSSI PSSI merupakan singkatan dari Persatuan Sepakbola seluruh Indonesia yang dibentuk 19 April 1930 di Yogyakarta. PSSI lahir, karena dibidani politisi bangsa yang baik secara langsung maupun tidak, menentang penjajahan dengan strategi menyemai benih – benih nasionalisme di dada pemuda- pemuda Indonesia. PSSI didirikan oleh seorang insinyur sipil bernama Soeratin Sosrosoegondo.  Perkembangan PSSI PSSI tahun 1953 memantapkan posisinya sebagai organisasi yang berbadan hukum dengan mendaftarkan ke Departement Kehakiman dan mendapat pengesahan melalui SKep Menkeh R.I No. J.A.5/11/6, tanggal 2 Februari 1953, tambahan berita Negara R.I tanggal 3 Maret 1953, no 18. Berarti PSSI adalah satu – satunya induk organisasi olahraga yang terdaftar dalam berita Negara sejak 8 tahun setelah Indonesia merdeka.

4 PENYEBAB PECAHNYA PSSI  Banyak masyarakat yang menginginkan revolusi di tubuh PSSI.  pemerintah melalui Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) bertindak terlalu jauh, bahkan mengintervensi persoalan PSSI.  Makin terpuruknya prestasi Indonesia di ajang-ajang internasional adalah bukti yang tidak terbantahkan bahwa penguasa sepak bola kita tidak menjalankan amanat pembinaan sepak bola yang dibebankan oleh masyarakat.

5 Organisasi Yang Dinaungi PSSI ISL  Indonesia Super League (ISL) adalah kompetisi sepak bola antar klub profesional level tertinggi di Liga Indonesia.  Liga Ti-phone adalah kompetisi sepak bola antar klub Divisi Utama di Liga Indonesia.  Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) atau Komite Olahraga Nasional (KON) adalah lembaga otoritas keolahragaan di Indonesia. KONILiga Ti-phone

6 Dampak yang terjadi pada organisasi yang dinaungi PSSI  Timnas U-21 dibawah asuhan Alfred Riedl mogok latihan dikarenakan kekurangan dana.  Terancam gagal mainnya timnas U-21 di ajang Sea Games pada Maret lalu.  Proses naturalisasi pemain asing jadi terhambat.  Konflik antara Liga Primer dengan Liga Super di Indonesia terus berkepanjangan. Akibatnya para pemain yang menjadi korban. Proses naturalisasi Kim Jeffrey Kurniawan terhambat karena Persema pindah dari ISL ke LPI.

7 Peran pemerintah terhadap PSSI  Memberikan suntikan dana (APBN) untuk operasional PSSI Jika menilik sumber dana PSSI setiap tahunnya maka kita akan melihat bahwa PSSI menerima dana dari APBN setiap tahunnya melalui KONI. Bukan hanya PSSI pusat, PSSI daerah juga mendapat jatah dari KONI daerah. Klub PSSI juga sama dengan induknya. “menetek” dari dana APBD. Oleh karena itulah KPK akan mengaudit penggunaan keuangan PSSI yang memakai APBN karena ada kecurigaan terjadi penyelewengan.  Memberikan suntikan dana (APBN) untuk operasional PSSI Jika menilik sumber dana PSSI setiap tahunnya maka kita akan melihat bahwa PSSI menerima dana dari APBN setiap tahunnya melalui KONI. Bukan hanya PSSI pusat, PSSI daerah juga mendapat jatah dari KONI daerah. Klub PSSI juga sama dengan induknya. “menetek” dari dana APBD. Oleh karena itulah KPK akan mengaudit penggunaan keuangan PSSI yang memakai APBN karena ada kecurigaan terjadi penyelewengan.

8 Campur Tangan Menpora terhadap PSSI  Pemerintah dalam hal ini melalui Menpora melihat persoalan PSSI sudah menjadi persoalan nasional, demo dan penolakan terhadap pengurus PSSI sekarang menunjukkan bahwa pecinta bola Indonesia berharap PSSI benar-benar menjalankan lembaga dengan benar demi kemajuan sepakbola Indonesia”, ujar Menpora. Menpora juga membuka pintu kepada PSSI, FIFA untuk membuka ruang dialog dan melihat dinamika keinginan pecinta bola Indonesia yang menginginkan adanya perubahan di PSSI.

9 Turut campurnya FIFA dalam permasalahan PSSI  Kisruh di tubuh Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) sudah sampai ke telinga para petinggi di Federasi Sepakbola Dunia (FIFA). Kabarnya, para petinggi FIFA akan membahas khusus polemik yang terjadi di tubuh induk sepakbola di tanah air itu. Organisasi sepakbola dunia itu, Selasa (1/3) besok menggelar rapat untuk menentukan nasib PSSI. Rapat Komite Nasional Asosiasi FIFA yang digelar di Zurich, Swiss, itu membahas campur tangan Menpora Andi Malarangeng terhadap PSSI.

10 Nasib PSSI sekarang  Nasib kemelut PSSI masih menggantung. FIFA sebagai induk organisasi PSSI masih akan menggelar sidang terkait berbagai masalah yang ada di PSSI. Sampai saat ini FIFA belum mengeluarkan pernyataan resmi tentang nasib sepakbola Indonesia. Namun Komisaris Utama Persebaya 1927, Saleh Mukadar, menyebutkan bahwa FIFA telah mengirimkan surat kepada PSSI pada tanggal 28 Februari 2011 yang berisi agar Nurdin Halid tidak mencalonkan kembali pada kongres nanti. Lalu FIFA juga menyebutkan bahwa Indonesia lolos dari sanksi FIFA.

11 Kualitas persepakbolaan Indonesia dengan adanya PSSI  Tidak adanya prestasi yang terukir dengan pasti dan membanggakan, misal:  Tahun 2011 PSSI tidak menyandang gelar juara pertama pada ajang piala AFF Suzuki Cup, melainkan juara kedua.  Pada ajang Sea Games tahun 2003, tim merah putih kalah dari Vietnam 0-1, dengan Thailand 0-6, dan hanya menang tipis 1-0 saat menghadapi Laos. Hasilnya tim merah putih bertengger di posisi ketiga klasemen dan gagal lolos dalam babak selanjutnya.  Hanya menempati runner up pada Piala Tiger dan peringkat empat Sea Games  Gagal menembus babak final piala AFF sejak tahun 1996, tiga kali timnas gagal ke semifinal sea games (2003, ) dan timnas senior gagal melangkah ke putaran final piala Asia sejak tahun  Tahun 2010, timnas U16,mengalami kegagalan di kandang sendiri dalam piala AFF. Tim U-16 kalah 0-2 dari Timor Leste.  Terjadi banyak korupsi di tubuh lembaga.

12 Lembaga yang menangani PSSI  FIFA Fedration Internationale de Football Association (FIFA) atau Federasi Internasional Sepak Bola adalah badan pengatur internasional sepak bola. FIFA bermarkas di Zürich, Swiss. FIFA didirikan di Paris pada 21 Mei 1904 dan merayakan hari jadinya yang ke-100 pada  AFC Konfederasi Sepak Bola Asia atau Asian Football Confederation (AFC) adalah badan pengatur sepak bola di Asia, tidak termasuk Siprus dan Israel, tetapi mencakup Australia.

13 Apakah PSSI bisa menandingi sepak bola di seluruh dunia ??  Secara management, PSSI sudah memenuhi standarisasi lembaga persepakbolaan tingkat internasional, yakni FIFA. Hanya saja PSSI masih menganggarkan biaya yang terbilang kuran penting dalam memajukan persepak bolaan nasional. Dari segi penyerapan pemain, PSSI kurang bisa memanfaatkan bibit unggul lokal dan lebih mengandalkan pemain naturalisasi dalam pelaksanaa pertandingan. Semua kemelut yg baru-baru ini terjadi di PSSI, serta pembekuan PSSI oleh pemerintah terkait kinerja PSSI, PSSI masih belum layak menandingi sepak bola di seluruh dunia. Melihat ke belakang, kinerja PSSI saat membawa Indonesia dalam AFC saja kurang maksimal. Bahkan, peluang menjadi juara yang besar gagal di manfaatkan oleh Indonesia dan PSSI. Ini sudah menjadi bukti konkrit bahwa PSSI masih belum bisa disejajarkan di tingkat dunia

14 TIMNAS INDONESIA T E R I M A KASIH XI-S2 Tahun 2011


Download ppt "Nama Kelompok : 1. M. Firman Akbar (13) 2. Muh. Faris F. 3. Rendra Novianto 4. Yayan Aldiansyah P.P 5. Agilia 6. Shella PSSI TUGAS PPKN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google