Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengantar Toko Survei Data Literatur Toko Pertemuan 1-3 Matakuliah: DESAIN INTERIOR III Tahun: 2009/2010.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengantar Toko Survei Data Literatur Toko Pertemuan 1-3 Matakuliah: DESAIN INTERIOR III Tahun: 2009/2010."— Transcript presentasi:

1

2 Pengantar Toko Survei Data Literatur Toko Pertemuan 1-3 Matakuliah: DESAIN INTERIOR III Tahun: 2009/2010

3 Bina Nusantara University 3 3 Toko / shop Pengertian Toko Pengertian toko menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah kedai berupa bangunan permanen tempat menjual barang-barang. Pengertian Toko adalah tempat dimana barang-barang dijual secara eceran, dimana terjadi transaksi antara penjual dan pembeli. Toko biasanya bersifat permanen dan menjual barang-barang atau komoditi utama dan didukung dengan barang-barang penunjang komoditi utama tersebut (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1994).

4 Bina Nusantara University 4 4 Toko berasal dari bahasa Inggris yaitu shop yang berarti sebuah bangunan atau ruangan yang digunakan sebagai suatu bidang usaha dimana berfungsi untuk membuat atau mempersiapkan suatu benda, dan menjual berbagai macam barang dagangan seperti makanan, pakaian atau kebutuhan lainnya (The New Grolier Webster International Dictionary of the English Language, Vol. II, 1973). Toko adalah tempat dimana barang dagangan dikumpulkan untuk dijual (Harris, Cyril M.; Dictionary of Architecture & Construction, 1975). Toko adalah sebuah bangunan ataupun ruangan di dalam sebuah bangunan dimana barang dagangan dijual. Terkadang dapat terdiri dari satu, dua lantai atau lebih (Hunt Jr., Willian Dudley, Hunt Encylopedia of American Architecture, 1980).

5 Bina Nusantara University 5

6 6

7 7

8 8

9 9

10 10

11 Bina Nusantara University 11 Bina Nusantara University 11 Sejarah Perkembangan Toko Pada mulanya sejak jaman primitif, barter atau perdagangan telah mulai dipraktekkan manusia. Awalnya tidak ada bangunan yang diperlakukan khusus untuk berdagang, yang ada hanyalah semacam warung ataupun kios, akan tetapi pada perkembangan selanjutnya, toko tetap menjadi salah satu jenis bangunan yang tertua yang telah berfungsi dengan baik dan mantap pada sekitar abad ke-4 sebelum masehi.

12 Bina Nusantara University 12 Bina Nusantara University 12 Toko yang secara khusus menjual suatu benda telah menjadi hal yang umum pada jaman Yunani dan Romawi kuno. Walaupun barter atau bertukar barang telah umum terjadi setelah jaman Romawi, akan tetapi toko pada kemudian hari tetap menjadi alat yang penting dalam berdagang dan bahkan kemudian berbagai jenis toko berkembang dengan sangat pesat. Dalam perkembangannya kemudian toko berkembang menjadi bermacam-macam ada yang menjual sepatu, pakaian, makanan dan sebagainya yang kemudian dapat digolongkan secara lebih terperinci seperti pada sub bab dibawah ini.

13 Bina Nusantara University 13

14 Bina Nusantara University 14

15 Bina Nusantara University 15

16 Bina Nusantara University 16

17 Bina Nusantara University 17

18 Bina Nusantara University 18

19 Bina Nusantara University 19

20 Bina Nusantara University 20 Bina Nusantara University 20 Jenis dan Penggolongan Toko a.Jenis toko berdasarkan ragam benda, antara lain: i. Speciality shop: Toko ini khusus hanya menjual satu jenis barang saja / barang-barang khusus. ii. Variety shop: Toko jenis ini menjual bermacam-macam jenis barang.

21 Bina Nusantara University 21 Bina Nusantara University 21 iii. Department shop: Toko ini merupakan gabungan dari speciality shop dan variety shop. iv. Individual shop: Toko ini seringkali juga berfungsi sebagai tempat tinggal. v. Supermarket: Toko ini merupakan variety shop dalam jumlah besar dan menjual barang-barang kebutuhan sehari-hari.

22 Bina Nusantara University 22 Bina Nusantara University 22 b. Jenis toko berdasarkan kuantitas barang, antara lain: i. Whole sale: Toko ini menjual barang dalam jumlah besar / kuantitas banyak. ii. Retail: Toko yang menjual barang secara eceran.

23 Bina Nusantara University 23 Bina Nusantara University 23 c. Jenis toko berdasarkan sistem pelayanan, yaitu: i. Assisted service: Toko ini menyediakan pelayananan dimana pelanggan dilayani dan didampingi hingga menemukan barang yang diinginkan. ii. Self service: Toko dimana konsumen melayani, memilih dan mengambil barang sendiri. Biasanya harga barang yang dijual sudah pasti.

24 Bina Nusantara University 24 Bina Nusantara University 24 iii. Personal service: Toko dimana pelanggan memilih kebutuhan barang dengan dilayani secara langsung oleh pelayan. iv. Mail order: Pembelian dilakukan dengan pemesanan melalui surat, majalah, brosur dan katalog, sehingga barang yang diinginkan akan dikirim kepada konsumen.


Download ppt "Pengantar Toko Survei Data Literatur Toko Pertemuan 1-3 Matakuliah: DESAIN INTERIOR III Tahun: 2009/2010."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google