Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KONSEP ELEMEN PEMBENTUK RUANG Pertemuan 15 – 16 Matakuliah: R0624/ PERANCANGAN RUANG DALAM Tahun: 2008.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KONSEP ELEMEN PEMBENTUK RUANG Pertemuan 15 – 16 Matakuliah: R0624/ PERANCANGAN RUANG DALAM Tahun: 2008."— Transcript presentasi:

1

2 KONSEP ELEMEN PEMBENTUK RUANG Pertemuan 15 – 16 Matakuliah: R0624/ PERANCANGAN RUANG DALAM Tahun: 2008

3 Bina Nusantara University 3 ELEMEN PEMBENTUK RUANG Langit-langit Lantai Dinding Bukaan2 pada dinding

4 Bina Nusantara University 4 ELEMEN PEMBENTUK RUANG

5 Bina Nusantara University 5 ELEMEN PEMBENTUK RUANG

6 Bina Nusantara University 6 ELEMEN PEMBENTUK RUANG

7 Bina Nusantara University 7 ELEMEN PEMBENTUK RUANG Apabila dibutuhkan, seorang arsitek interior dapat mengadakan perubahan yang bersifat struktural.

8 Bina Nusantara University 8 ELEMEN PEMBENTUK RUANG Perubahan tersebut diperlukan untuk meningkatkan kualitas ruang, terkait dengan hubungan antar ruang, sifat ruang, sirkulasi, pencapaian, orientasi, dan sebagainya.

9 Bina Nusantara University 9 LANTAI Lantai adalah elemen pembentuk ruang yang datar dan mempunyai dasar yang rata. Fungsi lantai adalah untuk menyangga aktivitas dan perabot dalam ruang.

10 Bina Nusantara University 10 LANTAI Kriteria fungsional : -Untuk lantai yang mudah basah, hindari material yang keras dan licin. -Untuk mendapatkan ruang yang berfungsi akustik, gunakan material yang lentur, lunak dan berpori. -Untuk membentuk ruang yang berkesan lega, gunakan material lantai yang berwarna terang sehingga dapat memantulkan cahaya lebih banyak.

11 Bina Nusantara University 11 LANTAI Kriteria estetika : -Lantai yang netral & tidak bermotif dapat berfungsi sebagai latar. -Pola lantai dapat menjadi elemen dominan dalam ruang. -Motif yang kecil akan tampak sebagai corak atau tekstur yang menyatu ke dalam ruang.

12 Bina Nusantara University 12 DINDING Dinding adalah elemen pembentuk ruang yang berfungsi sebagai struktur pemikul lantai di atas permukaan tanah, langit-langit dan atap.

13 Bina Nusantara University 13 DINDING

14 Bina Nusantara University 14 DINDING

15 Bina Nusantara University 15 DETAIL PADA DINDING

16 Bina Nusantara University 16 DETAIL PADA DINDING

17 Bina Nusantara University 17 BUKAAN-BUKAAN PADA DINDING

18 Bina Nusantara University 18 LANGIT – LANGIT Langit-langit adalah elemen pembentuk ruang yang menjadi naungan dalam interior, memberikan perlindungan fisik dan psikologis bagi semua yang berada di bawahnya.

19 Bina Nusantara University 19 LANGIT – LANGIT

20 Bina Nusantara University 20 LANGIT – LANGIT Ketinggian langit-langit berpengaruh kepada skala ruang. Langit-langit yang tinggi dapat menimbulkan kesan terbuka, segar, luas, agung dan resmi. Langit-langit yang rendah mempertegas kualitas naungan dan menciptakan ruang yang intim dan ramah.

21 Bina Nusantara University 21 LANGIT – LANGIT

22 Bina Nusantara University 22 LANGIT – LANGIT

23 Bina Nusantara University 23

24 Bina Nusantara University 24 TERIMA KASIH Sumber : Ilustrasi Desain Interior, D.K. Ching


Download ppt "KONSEP ELEMEN PEMBENTUK RUANG Pertemuan 15 – 16 Matakuliah: R0624/ PERANCANGAN RUANG DALAM Tahun: 2008."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google