Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI MALANG 2011.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI MALANG 2011."— Transcript presentasi:

1

2 PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI MALANG 2011

3 Batu Empedu adalah timbunan kristal di dalam kandung empedu atau di dalam saluran empedu.Batu Empedu adalah timbunan kristal di dalam kandung empedu atau di dalam saluran empedu.

4 Hati (liver) merupakan organ terbesar dalam tubuh manusia. Di dalam hati terjadi proses-proses penting bagi kehidupan yaitu proses penyimpanan energi, pembentukan protein dan asam empedu, pengaturan metabolisme kolesterol, dan penetralan racun/obat yang masuk dalm tubuh.

5 Batu empedu lebih banyak ditemukan pada wanita dan faktor resikonya adalah : 1.usia lanjut 2.kegemukan (obesitas) 3.diet tinggi lemak 4.faktor keturunan Komponen utama dari batu empedu adalah kolesterol, sebagian kecil lainnya terbentuk dari garam kalsium.

6 M acam – Macam Diet Pada Penyakit Hati antara lain : 1)Diet Garam Rendah I (DGR I) 2)Diet Hati I (DH I) 3)Diet Hati II (DH II) 4)Diet Hati III (DH III)

7 Beberapa penyebab penyakit hati antara lain: 1.Penyakit hati karena infeksi 2.Penyakit hati karena racun 3.Genetika atau keturunan 4.Gangguan imun 5.Kanker

8 Macam – Macam Diet Pada Kandung Empedu 1)Diet rendah lemak I 2)Diet rendah lemak II 3)Diet rendah lemak III

9 1)Energi tinggi 2)Lemak cukup 3)Protein agak tinggi 4)Vitamin dan mineral diberikan sesuai dengan tingkat defisiensi. 5)Natrium diberikan rendah 6)Cairan diberikan lebih dari biasa 7)Bentuk makanan lunak

10 Syarat diet pada kandung empedu ini adalah 1. lemak rendah 2. Kalori, protein dan karbohidrat cukup 3. vitamin tinggi 4. mineral cukup 5. cairan tinggi.

11  Bahan makanan yang diperbolehkan : Beras, kentang, hati, ikan, ayam, sawi dan lobak,nangka, duren dll.  Yang Dibatasi, kalau perlu dihindari: Beras ketan, ubi, Daging/ikan diawetkan, Es krim, Alkohol, beer, wisky, cabe dll.

12 Bahan makanan yang tidak boleh diberikan pada orang terkena penyakit kandung empedu adalah sumber lemak, menimbulkan gas, bumbu-bumbu yang merangsang, serta minuman alkohol. Bahan makanan yang baik diberikan adalah bahan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi

13 1. Minum delapan gelas air sehari. 2. diet rendah lemak, rendah sodium dan tinggi serat. 3. Hati-hati dengan makanan apa pun jika tidak tahu sumbernya. 4. Jangan mengkonsumsi ikan mentah atau ikan pemakan bangkai 5. Penting untuk mempertahankan pemasukan protein dan berat badan yang cukup.

14 1) 30 gram daun keji beling segar + 30 gram sambiloto segar + 60 gram rambut jagung direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat. 2) 60 gram herba kumis kucing segar + 30 gram tongkol jagung + 30 gram daun meniran segar direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat.

15 Pengobatan umum terhadap orang yang terkena penyakit kandung empedu termasuk istirahat total, pemberian nutrisi parenteral, diet ringan, obat penghilang rasa nyeri

16


Download ppt "PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI MALANG 2011."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google