Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB 1I PERANGKAT LUNAK DAN FUNGSINYA Oleh: Apik Shokhidin, Skom NIP. 19810512 200903 1001 Doc versi: 02.01/TIK/X-1/2010-2011 TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB 1I PERANGKAT LUNAK DAN FUNGSINYA Oleh: Apik Shokhidin, Skom NIP. 19810512 200903 1001 Doc versi: 02.01/TIK/X-1/2010-2011 TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI."— Transcript presentasi:

1 BAB 1I PERANGKAT LUNAK DAN FUNGSINYA Oleh: Apik Shokhidin, Skom NIP Doc versi: 02.01/TIK/X-1/ TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SMK NEGERI 3 TEGAL 2010

2  Materi Macam-macam perangkat lunak beserta fungsinya  Kompetensi Dasar: Menggunakan perangkat lunak beberapa program aplikasi  Tujuan Pembelajaran: Siswa mampu mencari informasi nama-nama perangkat lunak untuk pengolah kata Siswa mampu mencari informasi nama-nama perangkat lunak untuk akses internet Siswa mampu mencari informasi nama-nama perangkat lunak untuk pengolah angka Siswa mampu mencari informasi nama-nama perangkat lunak untuk desain grafis Siswa mampu mencari informasi nama-nama perangkat lunak untuk pembuat presentasi Siswa mampu mengelompokkan macam-macam kelompok aplikasi perangkat lunak berdasarkan fungsinya Siswa mampu mengidentifikasi jenis-jenis beserta fungsi aplikasi yang terdapat dalam operating system Siswa mampu mendemonstrasikan penggunaan beberapa perangkat lunak yang terdapat dalam operating system  Indikator: Mengenal beberapa kelompok aplikasi beserta fungsinya Mengenal beberapa aplikasi yang terdapat dalam operating system Menggunakan beberapa program aplikasi yang terdapat dalam operating system

3 A. Jenis Perangkat Lunak dan Fungsinya Software/ Perangkat Lunak, adalah sebuah program berisi deretan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer dalam melakukan tindakan sesuai dengan kehendak user. Software terbagi menjadi dua golongan, yaitu: ◦ System Software ◦ Application Software

4 System Software/ Perangkat lunak sistem, adalah program yang digunakan untuk mengontrol sumber daya komputer, baik yang bersifat internal mapun eksternal. Berdasarkan tugasnya system software terbagi menjadi: ◦ Sistem operasi (Ex. Windows 7, Ubuntu) ◦ Utilitas (Norton Ghost, Kaspersky, Scandisk) ◦ Device driver (Driver Epson T11) ◦ Penerjemah bahasa (Ex. Pascal, Visual Basic, C++)

5 Sistem operasi adalah perangkat lunak dasar yang berfungsi sepenunya untuk mengendalikan sistem komputer. Utilitas adalah program yang dipakai secara langsung oleh pemakai untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan pengendalian atau pengalokasian sumber daya dalam sistem. Device driver adalah program yang berfungsi membantu mengendalikan piranti-piranti peripheral. Penterjemah bahasa adalah program yang menterjemahkan bahasa pemrograman yang dibuat oleh programer menjadi aplikasi yang dapat dijalankan oleh komputer secara langsung

6 Sistem operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian: ◦ Mekanisme boot, meletakan kernel kedalam memory ◦ Kernel, inti dari sebuah sistem operasi yang melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses hardware secara aman ◦ Shell, pembaca input dari user ◦ Pustaka-pustaka, kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain. ◦ Driver, untuk mengontrol dan berinteraksi dengan hardware.

7 Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara hardware dengan program Program Sistem Operasi Hardware

8 Fungsi utama dari Sistem Operasi ◦ Menyimpan program dan aksesnya ◦ Membagi tugas didalam CPU ◦ Merekam sumber data ◦ Mengatur memory (menyimpan, menghapus, mengambil) ◦ Memeriksa kesalahan sistem ◦ Memelihara keamanan sistem

9 Penanganan proses dalam sistem operasi ◦ Multiprogramming, suatu metode yang memungkinkan dua atau lebih program dijalankan secara bersamaan dalam sebuah komputer dan berbagi sumber daya sistem dalam waktu yang bersamaan. Ex. Menggunakan printer dan speaker bersamaan. ◦ Multitasking, kemampuan untuk menjalankan sejumlah program secara bersamaan. Ex. Menjalankan Winamp dan Word Bersamaan ◦ Penyimpanan virtual, suatu metode dapat menangani sejumlah program untuk dibagi kedalam bagian-bagian yang lebih kecil dan berukuran sama dengan hanya sebuah bagian dari setiap proses yang disimpan dalam memori utama per satu waktu.

10 ◦ Multiprocessing, suatu kemampuan yang dapat menjalankan dua atau lebih instruksi secara bersamaan dengan menggunakan sejumlah CPU dalam sebuah komputer ◦ OLE (Object Linking Embedding), yaitu transfer data dengan cepat ◦ Plug and Play, suatu teknologi yang mampu secara cepat mendeteksi secara otomatis dan logis serta menyusun konfigurasi seluruh device pada komputer

11 Jenis Sistem Operasi: ◦ MS-DOS ◦ Windows ◦ Novell NetWare ◦ OS/2 atau Mac OS ◦ UNIX ◦ Linux

12 MS-DOS MS-Windows Novel NetwareMac OS/ OS X Linux

13 Skema proses sistem operasi dalam komputer Booting BIOS Sistem Operasi Berbagai Paket Aplikasi

14 Booting: Proses menyalakan komputer untuk mengaktifkan sistem komputer BIOS: Bagian dari sitem operasi yang berguna mengidentifikasi set program dan set instruksi untuk hardware yang terdapat dalam komputer. Sistem Operasi: perangkat lunak dasar yang berfungsi sepenunya untuk mengendalikan sistem komputer. Program Aplikasi: program yang biasa dipakai oleh user untuk melakukan tugas-tugas yang spesifik

15 Windows Booting BIOS

16 Utility Software program yang dipakai secara langsung oleh pemakai untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan pengendalian atau pengalokasian sumber daya dalam sistem. Penggolongan utilitas berdasarkan tugas, diantaranya: backup, recovery, security, kompresi, defragmenter, formating disk, dan scanning disk.

17 Backup Utility Defragmenter Scaning diskSecurity Utility

18 Application software, adalah program yang biasa dipakai oleh user untuk melakukan tugas- tugas yang spesifik. Berdasarkan tugasnya application software, dapat digolongkan menjadi: ◦ Perangkat lunak hiburan (Ex. winamp, media player, Pro Evolution Soccer) ◦ Perangkat lunak pendidikan (Ex. Encarta) ◦ Perangkat lunak produktivitas kerja (Ex. Ms. Word, Ms. Excel, Ms. PowerPoint, Ms. Access, CorelDraw, SPSS, Mozilla Firefox, ) ◦ Perangkat lunak bisnis (Ex. I Magic Inventory) ◦ Perangkat lunak khusus. (Ex. SIA STAIN Ternate)

19 Perangkat lunak hiburan Perangkat lunak yang dibuat untuk menghibur pengguna seperti memainkan game, musik, film, dll.

20 Perangkat lunak pendidikan Perangkat lunak berguna untuk mempelajari atau mereferensi sesuatu pengetahuan, seperti simulasi, ensiklopedi, dan pelajaran bahasa asing

21 Perangkat lunak bisnis Perangkat lunak yang dibuat untuk menangani aplikasi bisnis seperti persediaan barang (iventory control), dan pembayaran.

22 Perangkat lunak khusus Perangkat lunak yang dibuat khusus untuk pihak tertentu dalam menangani tugas tugasnya.

23 Perangkat lunak produktivitas kerja Perangkat lunak yang berguna untuk meningkatkan produktivitas kerja pemakai Kategori perangkat lunak produktivitas kerja: ◦ Word processing ◦ Spreadsheet ◦ Desktop publishing ◦ Presentasi grafik ◦ Komunikasi ◦ Personal Information Manager ◦ Manajemen data

24 Word Processing Adalah perangkat lunak pengolah kata yang fungsi utamanya membuat dokumen, yang memberikan kemudahan dalam memformat teks, dll.

25 Fitur yang terdapat dalam word processing ◦ Spelling checker: digunakan untuk mengidentifikasi kesalahan ejaan. ◦ Grammar checker: digunakan untuk mengidentifikasi kesalahan tata bahasa. ◦ Thesaurus: digunakan untuk mencari padanan kata.

26 Spreadsheet Adalah perangkat lunak pengolah data dalam bentuk kumpulan sel, yang memungkinkan perhitungan secara otomatis.

27 Desktop Publishing Adalah perangkat lunak yang menangani pengolahan gambar, pembuatan buku, surat kabar, iklan,

28 Presentasi grafik Adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat bahan-bahan presentasi dan melakukan presentasi dengan menghubungkannya melalui proyektor LCD.

29 Komunikasi Adalah perangkat lunak yang berguna untuk melakukan komunikasi antar orang melalui .

30 Personal Information Manager Adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola informasi pribadi. Seperti jadwal, tugas, klien, dll.

31 Manajemen data Adalah perangkat lunak manajemen data/ DBMS digunakan untuk mencatat, memanipulasi, dan mengambil data dengan cara yang mudah dan cepat.

32 Jenis Perangkat lunak berdasarkan cara mendapatkan dan hak pakainya, terbagi menjadi: ◦ Perangkat lunak komersial ◦ Perangkat lunak domain publik ◦ Shareware ◦ Freeware ◦ Rentalware ◦ Open source

33 Perangkat lunak komersil, adalah perangkat lunak yang harus dibeli dan mempunyai hak cipta. Perangkat lunak domain-publik, adalah perangkat lunak bersifat gratis dan tidak mempunyai hak cipta. Shareware, adalah perangkat lunak yang bebasa digunakan untuk pengujian dan terkadang selamanya, namun pembuat mengharapkan dana dari pengguna Freeware, adalah perangkat lunak yang digunakan tanpa harus membayar sama sekali Rentalware adalah perangkay lunak yang digunakan dengan cara menyewa dan memilii hak cipta. Opensource, perangkat lunak yang dilengkapi dengan kode sumber, dan dapat digunakan oleh siapapun dan bebas untuk berpasrtisipasi dalam mengembangkan suatu perangkat lunak sendiri.


Download ppt "BAB 1I PERANGKAT LUNAK DAN FUNGSINYA Oleh: Apik Shokhidin, Skom NIP. 19810512 200903 1001 Doc versi: 02.01/TIK/X-1/2010-2011 TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google