Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 Komputer dan Pendidikan CAI (Computer Assisted Instruction) Belajar dengan bantuan komputer. Istilah lain yang digunakan: CAL, CBE, CMI. CAL: Computer.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 Komputer dan Pendidikan CAI (Computer Assisted Instruction) Belajar dengan bantuan komputer. Istilah lain yang digunakan: CAL, CBE, CMI. CAL: Computer."— Transcript presentasi:

1 1 Komputer dan Pendidikan CAI (Computer Assisted Instruction) Belajar dengan bantuan komputer. Istilah lain yang digunakan: CAL, CBE, CMI. CAL: Computer Assisted Learning CBE:Computer Based Instruction/Education CMI: Computer Manage Instruction

2 2 CBE Bersifat menyeluruh, semua aplikasi komputer dalam pendidikan dapat dikategorikan dalam bidang ini. CBE juga digunakan untuk aplikasi-aplikasi bukan pengajaran, yang menunjang pendidikan, seperti: mengolah data, mencatat kehadiran pengajar dan siswa, menyimpan arsip data pribadi, dll.

3 3 Aplikasi dalam bidang bukan pengajaran : CAT (Computer Assisted Testing) - Ujian dengan bantuan komputer. - Komputer digunakan sebagai media ujian. CAG (Computer Assisted Guidence) - Komputer digunakan sebagai sarana untuk mencari informasi yang diperlukan untuk memberikan pengarahan kepada pemakai. - Informasi yang diperoleh tidak meningkat- kan keahlian pemakai secara langsung, tetapi dapat membantu pemakai dalam mengambil keputusan-keputusan tertentu.

4 4 CMI (Computer Managed Instruction) - Komputer digunakan untuk merencana- kan kuliah, dan dapat digunakan untuk memantau prestasi siswa dan membuat laporan secara teratur.

5 5 KLASIFIKASI SOFTWARE Software Sistem Suatu program yang digunakan untuk melakukan tugas-tugas yang spesifik. Software Aplikasi Suatu program yang digunakan untuk mengontrol sumber daya komputer seperti CPU, piranti input dan output. Kedudukan program ini adalah sebagai perantara antara program aplikasi dan hardware.

6 6 Software Sistem Sistem Operasi berfungsi untuk mengendalikan sistem komputer. Utilitas Program yang dipakai secara langsung oleh pemakai untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan pengendalian atau pengalokasian sumber daya sistem komputer.

7 7 Device Driver Program yang digunakan untuk membantu komputer dalam mengendalikan piranti-piranti peripheral. Penterjemah Bahasa Program yang menterjemahkan program yang dibuat oleh pemrogram menjadi bentuk yang dapat dijalankan oleh komputer secara langsung.

8 8 Software Aplikasi Pendidikan –Kamus, Ensiklopedia, Simulasi, dll Entertainment/Hiburan –Game, Winamp, dll Bisnis –Inventory, Pembukuan,Registrasi, dll Produktivitas Kerja –Ms. Office, Manajemen Data, dll Software Khusus –Software yang dibuat sesuai dengan keinginan user.

9 9 Sistem Operasi Tiga Fungsi Utama: –Manajemen Proses Mencakup persiapan, penjadwalan & pemantauan proses pada komputer. –Manajemen Sumber Daya Berkaitan dengan pengendalian thd pemakaian sumber daya dalam sistem komputer yang dilakukan oleh software sistem ataupun software aplikasi yang sedang dijalankan

10 10 –Manajemen Data Berupa pengendalian thd data Input /Output termasuk dalam hal peng- alokasian piranti penyimpanan sekunder maupun memori utama. Selain itu, Sistem Operasi mempunyai sarana untuk mengelola keamanan dengan mengharuskan user memasukkan nama pemakai dan password sebelum dapat menggunakan komputer

11 11 Jenis Software Software Komersial –Bertujuan untuk dijual. Ada hak cipta Software Domain-Public –Sifatnya gratis dan berupa source code Shareware –Digunakan untuk evaluasi, tanpa source code –Ada hak cipta dan ada yang Tidak ada. Rentalware –Disewakan, ada hak cipta. Free Software –Dilengkapi dengan source code –Bersifat gratis/membayar dgn sangat murah

12 12 Freeware –Bersifat gratis, tanpa source code –Menarik peminat untuk membeli versi lanjutannya Open Source –Hampir sama dengan free software, hanya beda dalam hal filosofi. –Terdapat hak-hak untuk pemakai. Hak untuk membuat salinan program dan men- distribusikan salinan tersebut. Hak untuk mengakses source code sebagai syarat untuk dapat melakukan pemodifikasian Hak untuk melakukan pengembangan thd program


Download ppt "1 Komputer dan Pendidikan CAI (Computer Assisted Instruction) Belajar dengan bantuan komputer. Istilah lain yang digunakan: CAL, CBE, CMI. CAL: Computer."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google