Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 Chapter 6 SECOND LAW OF THERMODYNAMICS Pakhrur Razi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 Chapter 6 SECOND LAW OF THERMODYNAMICS Pakhrur Razi."— Transcript presentasi:

1 1 Chapter 6 SECOND LAW OF THERMODYNAMICS Pakhrur Razi

2 Outcome 2

3 Introduction 3 Mungkinkah Kalor mengalir dari B ke A secara spontan. A = 60 0 CB = 40 0 C Termal Menurut HK 1 termodinamika yang merupakan representasi dari konservasi energy kedua proses ini harusnya bisa terjadi Kalor mengalir dari A ke B secara spontan. A = 60 0 CB = 40 0 C Termal Q=100 kJ

4 Introduction 4 Jika beban dijatuhkan pengaduk akan berputar  fluida akan panas  kalor. energi potensial beban akan berkurang dan energi internal dari fluida akan naik. Bagaimana dengan proses sebaliknya? Mungkinkah menaikkan beban secara alami dengan memberikan kalor kepada pengaduk?, walaupun ini tidak melanggar hukum pertama termodinamika?

5 Introduction 5 Kesimpulan: Dari ilustrasi ini proses terjadi dalam satu arah saja, tidak untuk arah sebaliknya (reverse). Mengapa suatu peristiwa yang sebenarnya tidak bertentangan dengan suatu hukum 1 TDM tidak juga dapat terjadi? A = 60 0 CB = 40 0 C Termal  Hukum Kedua termodunamika

6 Introduction 6 Kesimpulan: Hukum pertama TDM konsen terhadap kuantitas energi dan transpormasi energi dari satu bentuk ke bentuk yang lain. Hukum kedua TDM menentukan kualitas perubahan energi selama proses terjadi.

7 Pernyataan Kelvin Plank&Clausius 7 Pernyataan Kelvin Plank, yaitu: Tidak mungkin membuat suatu mesin berkerja dalam satu siklus dimana kalor yang diserap dari suatu reservoir diubah seluruhnya menjadi usaha luar tanpa melepaskan sebahagian kalor tersebut ke reservoir kalor yang bersuhu rendah.

8 Pernyataan Kelvin Plank&Clausius 8 Pernyataan Clausius yaitu: Tidak mungkin membuat suatu mesin yang berberja dalam suatu siklus, dimanan kalor yang diserap dari suatu reservoir yang bersuhu rendah dan dilepaskan kalor tersebut ke reservoir kalor bersuhu tinggi tanpa memerlukan usaha luar

9 Istilah dalam Termodinamika 9 Reservoir kalor (Thermal Reservoir) adalah suatu benda/zat yang mempunyai kapasitas energi panas yang besar. Artinya reservoir dapat menyerap/ menyuplai sejumlah panas yang tidak terbatas tanpa mengalami perubahan temperatur. Sink: reservoir yang menyerap energi kalor, dan memiliki temperatur rendah dibandingkan dengan lingkungan. Source: adalah reservoir yang menyuplai energi kalor.

10 Mesin Kalor 10 Mesin Kalor : alat yang mengubah energi kalor menjadi usaha

11 Prinsip kerja Mesin Kalor 11 Prinsip kerja mesin adalah menyerap kalor dari sumber (Source) yang bertemperature tinggi, diubah menjadi usaha luar dan membuang sisanya ke lingkungan yang bertemperatur rendah(Sink)

12 Skematik mesin Uap 12 Prinsip kerja mesin adalah uap Air didihkan di Boiler  uap (panas+tekanan tinggi)  memutar turbin  uap daliri lg ke Kondenser  air (dengan melepas kalor ke Sink)  air diponpa kembali ke Boiler.

13 Evisiensi Mesin Kalor 13

14 Simulasi effisiensi Mesin Kalor 14

15 Contoh 15 Contoh 1.

16 16 FINISH


Download ppt "1 Chapter 6 SECOND LAW OF THERMODYNAMICS Pakhrur Razi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google