Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

VICTIM ATAU VICTOR VICTIM = KORBAN Awal dari semua kesuksesan dalam pekerjaan dan kehidupan pribadi dimulai dari menerima tanggung jawab. Hal ini tentu.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "VICTIM ATAU VICTOR VICTIM = KORBAN Awal dari semua kesuksesan dalam pekerjaan dan kehidupan pribadi dimulai dari menerima tanggung jawab. Hal ini tentu."— Transcript presentasi:

1 VICTIM ATAU VICTOR VICTIM = KORBAN Awal dari semua kesuksesan dalam pekerjaan dan kehidupan pribadi dimulai dari menerima tanggung jawab. Hal ini tentu saja dibantah oleh mereka yang kita sebut sebagai orang-orang yang bertipe victim. Orang-orang tipe ini adalah orang-orang yang selalu menyalahkan masalah mereka akibat kesalahan orang lain,orang tua,politik dan lain sebagainya. Orang-orang yang tidak sukses ini pun memiliki kecenderungan untuk memperoleh berbagai alasan dari setiap kesulitan yang dihadapi sebagai sesuatu yang berasal dari luar dirinya. Mereka menolak menerima tanggung jawab. Tapi kenyataanya adalah kita bertanggung jawab penuh atas keberadaan diri kita, siapa kita dan segala sesuatu yang terjadi pada diri kita. Orang tua mungkin bertanggung jawab membesarkan kita sampai usia tertentu, tetapi setelah kita mulai dewasa, kita sudah dapat mengambil keputusan sendiri dan dapat mengambil alih tanggung jawab. Sepanjang sejarah, salah satu ciri khas dari setiap pemimpin dan orang-orang sukses adalah mereka menerima banyak sekali tanggung jawab tingkat atas untuk diri mereka sendiri, orang- orang di sekitar mereka dan segala sesuatu yang terjadi pada diri mereka. Orang-orang yang lemah adalah orang-orang yang menderita karena kegagalan dan frustasi, mereka selalu menyalahkan, mengeluhkan dan mengkritik orang lain. Mereka menyalahkan orang lain karena masalah yang terjadi pada mereka sendiri.

2 VICTOR = PEMENANG Ciri khas seorang yang sukses yaitu orang-orang yang menerima tanggung jawab sepenuhnya atas diri mereka sendiri dan segala sesuatu yang terjadi pada mereka baik atau buruk. Mereka pasti pernah mengalami kegagalan dalam kehidupan pribadi dan pekerjaanya tetapi mereka tidak pernah menyalahkan orang lain. Mereka menerima tanggung jawabnya, mencari tahu apa yang terjadi, kemudian berusaha mencari apa yang bisa diperbaiki,melakukan tindakan perbaikan untuk mencapai goalnya. Ciri orang yang matang adalah tingkat kemampuan merespons secara positif, konstruktif dan efektif terhadap kesulitan yang tidak terhindarkan. Untuk menjadi seseorang yang berhasil dan membuat diri kita melaju dengan kecepatan penuh mencapai kesuksesan, kita harus mengambil alih tanggung jawab atas pilihan- pilihan dan keputusan-keputusan kita sendiri dan juga bertanggung jawab atas hasil ataupun akibat yang terjadi dari keputusan-keputusan tersebut.

3 Berdasarkan uraian di atas maka akan timbul pertanyaannya sbb : 1. Apakah anda ingin menjadi tipe victim atau victor ? Apakah anda bersedia mengambil alih tanggung jawab atas masa depan kehidupan pribadi anda ? Apa yang akan anda lakukan secara berbeda, setelah anda mangambil keputusan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas?

4 LIFE IS CHOICE, problems atau masalah adalah sesuatu yang sangat erat melekat dengan kehidupan manusia dari zaman dahulu kala hingga sampai dengan saat sekarang. Dalam menjalani kehidupan bagi setiap umat manusia di dunia ini kita akan selalu diuji dengan berbagai macam bentuk permasalahan yang tak akan pernah habis- habisnya, permasalahan tersebut muncul setiap saat dan tidak mengenal waktu, tidak mengenal profesi apakah anda itu seorang gubernur yang hebat, dokter yang berpengalaman, pegawai pemerintah yang gagah, bankers yang cakap, pengusaha sukses, petani dan nelayan yang rajin, karyawan yang rajin atau seorang pengangguran yang hanya santai sekalipun. Kita sepakat dulu bahwa untuk menghilangkan masalah itu sama sekali adalah suatu hal yang mustahil, betul tidak ? akan tetapi kita setuju juga bahwa ada caranya agar kita bisa mengatur atau mengelola setiap permasalahan yang sedang kita hadapi, betul juga kan ? ada juga pendapat yang menyatakan bahwa kita harus lebih besar dari masalah yang kita hadapi jangan sampai kita bersikap sebaliknya yaitu kita lebih kecil dari masalah yang kita hadapi, itu semua benar adanya.

5 Dalam hidup ini kita selalu punya pilihan dan pilihan itu adalah apakah mau menjadikan kita sebagai seorang VICTIM yaitu KORBAN dari permasalahan yang sedang kita hadapi atau kita ingin menjadi seorang VICTOR yaitu PEMENANG. yang tentunya semua ada caranya, berikut ini saya contohkan beberapa sifat yang akan mengarahkan kita untuk menjadi seorang yang VICTOR atau PEMENANG dan VICTIM atau KORBAN sekali lagi.. ini adalah sebuah pilihan. Ciri-ciri seorang yang VICTOR atau PEMENANG ada rumusnya dengan apa yang kita sebut PROVE yaitu sebagai berikut : Proaktif = Membuat segala sesuatu menjadi kenyataan yaitu selalu mencari-cari kesempatan bukan menunggu kesempatan itu datang menghampiri. Responsible = Bertanggung jawab terhadap apa yang dilakukan yaitu untuk profesi apa saja kita harus bersungguh-sungguh menjalankan apa yang dipercayakan kepada kita Ownership = Kepemilikan/Mempunyai usaha atau memiliki pekerjaan yaitu kita harus sadar betul bahwa untuk mencapai tujuan kita harus memiliki pekerjaan atau usaha untuk membawa kita sampai pada tujuan akhir. Visionary = Melihat jauh kedepan yaitu sudah mulai memikirkan tujuan kedepanya sehingga dapat mengarahkan untuk kita tetap fokus dan bertahan sampai tujuan yang kita harapkan dapat tercapai. Excellent = Tidak pernah tanggung tanggung dalam melakukan sesuatu yaitu selalu 100 persen kekuatan yang ada dalam setiap pekerjaan apapun.

6 Jikalau kita ingin menjadi seorang VICTIM atau KORBAN ada rumusnya dengan apa yang kita sebut dengan BENDS yaitu sebagai berikut : Blame = Suka menyalahkan orang lain yaitu selalu merasa yang benar dan orang lain salah. Excuse = Mencari-cari alasan yaitu tindakan tidak bertanggung jawab yang suka mengarahkan ke hal-hal lain yang bukan inti permasalahan. Negative = Berpikiran negatif yaitu belum melakukan sesuatu sudah merasa gagal duluan. Denial = Menyangkal/Hidup dalam penyangkalan yaitu merasa diri yang paling hebat padahal jauh dari kenyataan yang sebenarnya. Scarcity = Pelit/Tidak mau berbagi yaitu bersikap individualis dalam hal apapun hanya mementingkan kepentingan diri sendiri. Itu adalah beberapa contoh-contoh kongkrit mengenai orang-orang atau individu-individu yang bersikap seperti seorang VICTOR atau PEMENANG dan VICTIM atau KORBAN yang banyak kita temukan didalam kehidupan kita sehari-hari.

7 Saya yakin apabila kita semua bisa mempraktekan untuk selalu bersikap proaktif, responsible, ownership dan excellent dalam kehidupan kita sehari hari maka insyaallah apa yang kita harapkan untuk menjadi seorang VICTOR atau PEMENANG atas semua permasalahan hidup yang timbul bakal terwujud, begitu juga dengan teman-teman yang sampai dengan sekarang masih berkutat dengan ciri-ciri orang VICTIM atau KORBAN yaitu Blame, excuse, negative, denial dan scarcity untuk segera beralih mulai menerapkan ciri ciri PROVE dalam kehidupan kita sehari-hari. Selamat mencoba... Good Luck... Artikel ini ditulis untuk kontes youth startup icon. Hormat Kami Muhammad Ammarullah Kunang, SE Kontestan youth startup icon 2011 Kota Audisi Manado


Download ppt "VICTIM ATAU VICTOR VICTIM = KORBAN Awal dari semua kesuksesan dalam pekerjaan dan kehidupan pribadi dimulai dari menerima tanggung jawab. Hal ini tentu."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google