Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh: Muhammad Jihadi. KEBIJAKAN KEUANGAN NEGARA KEBIJAKAN PENERIMAAN NEGARA KEBIJAKAN PENGELUARAN RUTIN KEBIJAKAN PENGELUARAN PEMBANGUNAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh: Muhammad Jihadi. KEBIJAKAN KEUANGAN NEGARA KEBIJAKAN PENERIMAAN NEGARA KEBIJAKAN PENGELUARAN RUTIN KEBIJAKAN PENGELUARAN PEMBANGUNAN."— Transcript presentasi:

1 Oleh: Muhammad Jihadi

2 KEBIJAKAN KEUANGAN NEGARA KEBIJAKAN PENERIMAAN NEGARA KEBIJAKAN PENGELUARAN RUTIN KEBIJAKAN PENGELUARAN PEMBANGUNAN

3

4 Sebagai penerimaan pemerintah yang meliputi penerimaan pajak, penerimaan yang diperoleh dari hasil penjualan barang dan jasa yang dimiliki dan dihasilkan oleh pemerintah, pinjaman pemerintah (Suparmoko,2008).

5  Pajak  pembayaran iuran oleh rakyat kepada pemerintah yang dapat dipaksanakan dengan tanpa balas jasa yang secara langsung dapat ditunjuk. Misalnya: pajak kendaraan bermotor, pajak penjualan,dll.  Retrebusi  suatu pembayaran dari rakyat kepada pemerintah dimana kita dapat melihat adanya hubungan antara vbalas jasa yang langsung diterima dengan adanya pembayaran retrebusi. Misalnya: uang langganan air minum, uang langgana listrik,dll.  Pencetakan uang kertas  dengan kekuasaannya, negara dapat mencetak uang.  Pinjaman  pinjaman dapat berasal dari luar negeri dan dalam negeri.

6 1. Pengembangan perpajakan 2. Peningkatan kesadaran masy membayar pajak 3. Penyempurnaan sistem dan tata cara pelaksanaan pajak penghasilan 4. Peningkatan penerimaan pajak pertambahan nilai 5. Peningkatan penerimaan pajak bumi dan bangunan 6. Peningkatan penerimaan bea cukai 7. Peningkatan penerimaan pajak ekspor 8. Pengelolaan pinjaman luar negeri.

7

8 Sebagai pengeluaran pemerintah untuk membiayai kegiatan atau program sesuai dengan tugas dan fungsinya.

9 1. Pengeluaran yang merupakan investasi yang menambah kekuatan dan ketahanan ekonomi di masa mendatang. 2. Pengeluaran yang langsung memberikan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat. 3. Pengeluaran untuk menyediakan kesempatan kerja yang lebih. 4. Pengeluaran untuk penghematan masa mendatang. Misalnya: program pemberdayaan masyarakat. 5. Pengeluaran pemberian subsidi: subsidi dlm bentuk uang (BLT) dan subsidi dlm bentuk barang dengan harga murah (subsidi BBM).

10  Peningkatan efektifitas alokasi pengeluaran rutin  Optimalisasi belanja pegawai  Pengendalian belanja barang  Pembatasan pemberian subsidi

11 1. Pengembangan sumber daya manusia 2. Pembangunan sarana dan prasarana ekonomi 3. Dukungan atas pembangunan daerah 4. Pengentasan penduduk dari kemiskinan 5. Peningkatan peran serta dalam pembangunan 6. Efesiensi dan efektifitas pengeluaran pembangunan 7. Pelestarian fungsi lingkungan hidup


Download ppt "Oleh: Muhammad Jihadi. KEBIJAKAN KEUANGAN NEGARA KEBIJAKAN PENERIMAAN NEGARA KEBIJAKAN PENGELUARAN RUTIN KEBIJAKAN PENGELUARAN PEMBANGUNAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google