Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MATERI LATIHAN KOMPETENSI FRAKSI FRAKSI MINYAK BUMI DESTILASI MINYAK BUMI PROSES PEMBENTUKAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MATERI LATIHAN KOMPETENSI FRAKSI FRAKSI MINYAK BUMI DESTILASI MINYAK BUMI PROSES PEMBENTUKAN."— Transcript presentasi:

1 MATERI LATIHAN KOMPETENSI FRAKSI FRAKSI MINYAK BUMI DESTILASI MINYAK BUMI PROSES PEMBENTUKAN

2 MINYAK BUMI KOMPETENSI MATERI Proses Pembentukan Fraksi-fraksi destilasi Latihan Soal Mendiskripsikan proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya # Indikator Mendeskripsikan proses pembentukan minyak bumi dan gas alam. Menjelaskan komponen-komponen utama penyusun minyak bumi. Menafsirkan bagan penyulingan bertingkat untuk menjelaskan dasar dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi.

3 MINYAK BUMI KOMPETENSI MATERI Proses Pembentukan Fraksi-fraksi destilasi Latihan Soal 1. Teori Anorganik (Abiogenesis) Barthelot (1866) mengemukakan bahwa di dalam minyak bumi terdapat logam alkali, yang dalam keadaan bebas dengan temperatur tinggi akan bersentuhan dengan CO2 membentuk asitilena. Kemudian Mandeleyev (1877) mengemukakan bahwa minyak bumi terbentuk akibat adanya pengaruh kerja uap pada karbida-karbida logam dalam bumi. Yang lebih ekstrim lagi adalah pernyataan beberapa ahli yang mengemukakan bahwa minyak bumi mulai terbentuk sejak zaman prasejarah, jauh sebelum bumi terbentuk dan bersamaan dengan proses terbentuknya bumi. Pernyataan tersebut berdasarkan fakta ditemukannya material hidrokarbon dalam beberapa batuan meteor dan di atmosfir beberapa planet lain. Secara umum dinyatakan seperti dibawah ini: 2.Teori Organik (Biogenesis) Berdasarkan teori Biogenesis, minyak bumi terbentuk karena adanya kebocoran kecil yang permanen dalam siklus karbon. Siklus karbon ini terjadi antara atmosfir dengan permukaan bumi, yang digambarkan dengan dua panah dengan arah yang berlawanan, dimana karbon diangkut dalam bentuk karbon dioksida (CO2). Pada arah pertama, karbon dioksida di atmosfir berasimilasi, artinya CO2 diekstrak dari atmosfir oleh organisme fotosintetik darat dan laut. Pada arah yang kedua CO2 dibebaskan kembali ke atmosfir melalui respirasi makhluk hidup (tumbuhan, hewan dan mikroorganisme).

4 MINYAK BUMI KOMPETENSI MATERI Proses Pembentukan Fraksi-fraksi destilasi Latihan Soal

5 MINYAK BUMI KOMPETENSI MATERI Proses Pembentukan Fraksi-fraksi destilasi Latihan Soal

6 MINYAK BUMI KOMPETENSI MATERI Proses Pembentukan Fraksi-fraksi destilasi Latihan Soal


Download ppt "MATERI LATIHAN KOMPETENSI FRAKSI FRAKSI MINYAK BUMI DESTILASI MINYAK BUMI PROSES PEMBENTUKAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google