Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sanggar Anak Omah Bambu Program Pendampingan Anak-Anak Korban Bencana Gempa Tektonik Dusun Caben Desa Sumber Mulyo Bambanglipuro, Bantul,Yogyakarta.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sanggar Anak Omah Bambu Program Pendampingan Anak-Anak Korban Bencana Gempa Tektonik Dusun Caben Desa Sumber Mulyo Bambanglipuro, Bantul,Yogyakarta."— Transcript presentasi:

1 Sanggar Anak Omah Bambu Program Pendampingan Anak-Anak Korban Bencana Gempa Tektonik Dusun Caben Desa Sumber Mulyo Bambanglipuro, Bantul,Yogyakarta

2 Latar Belakang Sanggar Anak Omah Bambu Dusun Caben Desa Sumber Mulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Bantul

3 Bencana gempa tektonik di Yogjakarta dan sebagian wilayah Jawa Tengah yang terjadi pada tanggal 27 Mei 2006 pukul WIB dengan kekuatan 5,9 skala richter selama 57 detik membuat masyarakat desa Caben di Bantul mengalami tingkat kerusakan terparah, dimana 95 % rumah hancur dan korban jiwa sebanyak 68 orang.

4 Kondisi anak-anak Trauma psikologis perhatian orang dewasa di terpusat pada proses rekonstruksi bangunan rumah dan kondisi ekonomi rumah tangga Tidak adanya program khusus pendampingan yang difokuskan pada anak-anak sebagai bentuk solidaritas bersama.

5 anak-anak belum sepenuhnya memperoleh ruang dan kesempatan yang aman dan nyaman untuk bermain dan belajar karena ketiadaan tempat yang memang dikhususkan untuk mereka.

6 Kolektifitas Omah Bambu dan masyarakat Caben berinisiatif untuk membuat sebuah kegiatan pendampingan anak-anak di desa tersebut dalam sebuah konsep Sanggar Anak-Anak ”Omah Bambu”

7 TUJUAN PROGRAM

8 Tujuan Khusus Menyediakan ruang belajar dan bermain yang aman dan nyaman bagi anak- anak demi pemulihan kondisi psikologis dan sosioemosional yang mengalami penurunan setelah tragedi gempa bumi.

9 Tujuan Umum a. Memfasilitasi pengembangan potensi masyarakat lokal untuk terlibat dalam proses pembangunan dan perawatan sehingga tumbuh perasaan memiliki rumah sanggar sebagai publik space. b. Memfasilitasi kegiatan belajar dan bermain anak-anak sebagai alternatifr aktivitas rutin harian yang berkontribusi secara psikologis.

10 MATERI PROGRAM

11 a. Materi-Materi Permainan Anak Permainan olahraga; Permainan hiburan; Permainan pendidikan; Permainan tradisional; Permainan outbound (yang bersifat kekompakan tim) Jenis permainan yang dipilih akan disesuaikan dengan kondisi dan jumlah anak.

12 b.Materi-materi Kesenian dan Ketrampilan Menggambar Melukis Bermusik Seni Membuat Gerabah Membangkitkan kembali kesenian Jathilan di desa Caben Membuat berbagai macam kerajinan tangan dari bahan- bahan daur ulang

13 c. Berbagi Rasa dalam Kelompok focus group discussion dan personal discussion untuk menumbuhkan keberanian anak untuk mengungkapkan secara verbal emosi untuk meringankan beban psikologis mereka dan diharapkan mampu untuk menuju ke pencapaian problem solving.

14 d.Peningkatan Gizi Anak Pembagian logistik tambahan yang dikhususkan buat anak- anak dan acara makan bersama. Dilakukan secara berkala ditengah-tengah materi- materi lainnya.

15 mengadakan perpustakaan umum untuk anak-anak, sehingga mereka dapat memilih dan membaca berbagai jenis buku yang mereka minati

16 f. Pendampingan Belajar Anak Bagi anak-anak yang memang telah mulai memasuki kegiatan belajar- mengajar di sekolah diharapkan dapat mengkonsultasikan kesulitan-kesulitan atau tugas-tugas sekolah mereka pada para pendamping. Kegiatan ini bersifat kondisional disesuaikan dengan keinginan dan kesiapan anak untuk fokus kembali.

17 TEKNIS PROGRAM

18 Lokasi Program Dusun: Caben Desa: Sumber Mulyo Kelurahan: Bambanglipuro Kabupaten : Bantul Provinsi: Yogyakarta

19 Waktu Program Program ini dilakukan dengan metode pendampingan selama jangka waktu dua tahun pada periode awal. Kegiatan akan dilakukan dengan menyesuaikan ritme kegiatan anak-anak selama ini yang akan berkumpul seusai sekolah dan di hari libur.

20 Target Obyek Pendampingan Target pendampingan adalah anak-anak desa Caben yang meliputi enam Rukun tetangga. Serta untuk memudahkan metode pelaksanaannya, program ini memiliki target yang dibagi berdasarkan kategori usia 4 tahun sampai dengan 12 tahun.

21 Sumber Daya Manusia Perekrutan personel pendampingan dari kawan-kawan komunitas dan masyarakat setempat dengan berbagai disiplin ilmu dan keahlian.

22 Kebutuhan Perlengkapan dan Peralatan Penunjang rumah sederhana semi permanen yang dapat memberikan kenyamanan serta kesehatan yang terjamin. Berbagai fasilitas, seperti: perpustakaan, papan tulis, dan komputer Peralatan dan Perlengkapan Penunjang Program Bahan-bahan dan Peralatan Permainan Perlengkapan perpustakaan Buku Bacaan (baru atau bekas) Buku dan Peralatan Tulis Kertas dan Peralatan Gambar Alat-alat Musik Detil terlampir

23 Alamat Kontak Kolektifitas Omah Bambu Taman Alfa Indah blok I 3/no 9 Joglo,Jakarta Barat a/n Noviana Kusumawardhani a.com Randurini Kolektifitas Omah Bambu Dusun Caben Desa Sumber Mulyo Bambanglipuro Bantul,Yogyakarta a/n Diah Astuti Retnaning Tyas

24 PENUTUP Gagasan ini merupakan buah pikiran bersama dengan mengajak seluruh komponen masyarakat baik secara organisasi maupun individu.

25 Lampiran

26 Detil perlengkapan No.PERLENGKAPANDIMENSIJUMLAHSATUAN A.Ruang Kelas 1Papan Tulis 1,65m x 2m1unit 2Rak Buku 1,4m x 0,4m x 2m3unit 3Meja Tulis Lesehan 0,6m x 0,6m x 0,3m12unit BRuang Pertunjukan 1Stage 1,5m x 3m x 0,2m1unit CRuang Perpustakaan 1Rak Buku (A) 1,4m x 0,4m x 2m2unit 2Rak Buku (B) 1,5m x 0,4m x 2m2unit 3Meja Tulis Lesehan 1,2m x 0,6m x 0,3m2unit DRuang Kantor 1Rak Buku (A) 1,4m x 0,4m x 2m2unit 2Rak Buku (B) 1,2m x 0,4m x 2m2unit 3Meja Rapat 1,5m x 0,7m x 0,75m1unit 4Kursi Rapat 0,5m x 0,46m x 0,55m6unit ETeras Kantor 1Lincak Bambu (A) 1,8m x 0,5m x 0,4m1unit 2Lincak Bambu (B) 1,4m x o,5m x 0,4m1unit

27 No.PERALATANJUMLAHSATUAN APeralatan Listrik 1Titik Lampu aRuang Kelas1unit bRuang Pertunjukan1unit cRuang Perpustakaan1unit dRuang Kantor1unit eRuang Teras Kantor1unit fRuang Teras Kelas1unit gRuang Teras Belakang1unit hKamar Kecil2unit iDapur1unit 2Saklar aSaklar Seri4unit bSaklar Tunggal1unit 3 Stop Kontak4unit BPeralatan Mengajar 1aKapur Tulis1unit 2bPenggaris Kayu1unit 3cPenghapus Papan Tulis2unit


Download ppt "Sanggar Anak Omah Bambu Program Pendampingan Anak-Anak Korban Bencana Gempa Tektonik Dusun Caben Desa Sumber Mulyo Bambanglipuro, Bantul,Yogyakarta."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google