Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DOSEN Dr. Connie Chairunnisa, MM MANAJEMEN PENDIDIKAN UHAMKA PASCASARJANA, MAP.22.2 turiman.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DOSEN Dr. Connie Chairunnisa, MM MANAJEMEN PENDIDIKAN UHAMKA PASCASARJANA, MAP.22.2 turiman."— Transcript presentasi:

1 DOSEN Dr. Connie Chairunnisa, MM MANAJEMEN PENDIDIKAN UHAMKA PASCASARJANA, MAP.22.2 turiman

2 OLEH: KELOMPOK III SAEFUL : TURIMAN : SRI ENDANG RAHAYU: YULIANA SILDAWATI: WIDIATI : turiman

3 Perilaku suatu organisasi dapat berpengaruh sangat besar dalam pencapaian tujuan/ visi dan misi suatu organisasi maupun dalam tatanan hidup di masyarakat. turiman

4  Memenuhi tugas Mata Kuliah Manajemen Pendidikan,  Sebagai penambah wawasan mahasiswa tentang masalah perilaku organisasi dalam pendidikan,  Sebagai referensi tentang materi perilaku organisasi dalam pendidikan. turiman

5  Apa pengertian perilaku organisasi?  Apa pengertian pendidikan?  Bagaimana hubungan perilaku organisasi dan pendidikan?  Bagaimana implikasi perilaku organisasi dalam pendidikan?

6 Perilaku Organisasi adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari bagaimana seharusnya perilaku tingkat individu, tingkat kelompok, serta dampaknya terhadap kinerja (baik kinerja individual, kelompok, maupun organisasi).

7  Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), 2008:232, Pendidikan berasal dari kata “didik”, lalu kata ini mendapat awalan kata “me” sehingga menjadi “mendidik” artinya memelihara dan member latihan. Dalam memelihara dan member latihan diperlukan adanya ajaran, tuntutan dan pimpinan mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran.

8  Menurut UU No.20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya utuk memiliki kekuatan spiritual kegamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara.

9 FOKUS PERILAKU ORGANISASI  bidang studi yang mempelajari dampak perorangan, kelompok, dan struktur pada perilaku dalam organisasi dengan maksud menerapkan pengetahuan tentang hal-hal tersebut demi peningkatan keefektifan organisasi (Robbins, 2003).  sebagai kajian antardisiplin ilmu yang diarahkan untuk mempelajari sikap, perilaku, dan kinerja individu dalam organisasi (Daft, 2000).

10 Masalah perilaku organisasi di lingkungan pendidikan, terdapat tiga konsep yang saling berkaitan, yaitu organisasi informal, iklim, dan budaya sekolah (Hoy dan Miskel, 1987).

11 organisasi memerlukan semangat tim yang bekerja sama satu sama lain untuk mencapai kinerja yang maksimal

12 Menurut Hoy dan Miskel, iklim fisik sekolah berupa bangunan dan ruang yang tertata rapi dan sejuk dapat mempengaruhi perilaku siswa dan guru serta staf lainnya di sekolah.

13 Iklim sosial berupa hubungan- hubungan manusia yang terjadi di lingkungan pendidikan turut berpengaruh, terutama dalam hal menumbuhkan suasana kekeluargaan yang cenderung menciptakan lingkungan yang “soft” bagi personilnya

14 pengembangan atmosfir melalui iklim kerja dapat mengubah perilaku warga di sekolah

15 PERILAKU ORGANISASI MEMILIKI PENGARUH TERHADAP KINERJA ORGANISASI

16 Kinerja atau prestasi kerja (performance) diartikan sebagai ungkapan kemampuan yang didasari pengetahuan, sikap, ketrampilan dan motivasi dalam menghasilkan sesuatu. Masalah kinerja selalu mendapat perhatian dalam manajemen karena sangat berkaitan dengan produktivitas lembaga atau organisasi.

17 Henri simamora (1997:423) menyatakan bahwa prestasi kerja (performance) diartikan sebagai suatu pencapaian persyaratan pekerjaan tertentu yang alhirnya secara langsung dapat tercermin dari output yang dihasilkan baik kuantitas maupun kualitasnya.

18

19  kualitas kerja;  kuantitas kerja;  pengetahuan tentang pekerjaan;  pendapat atau pernyataan yang disampaikan;  keputusan yang diambil;  perencanaan kerja;  daerah organisasi kerja.

20 Perilaku organisasi sebagai suatu kesatuan dari perilaku individu-individu dalam suatu organisasi akan sangat berpengaruh pada kinerja organisasi tersebut. Oleh karena itu perilaku organisasi menjadi penting untuk ditingkatkan secara positif yang dimulai dari individu-individu pada organisasi tersebut.


Download ppt "DOSEN Dr. Connie Chairunnisa, MM MANAJEMEN PENDIDIKAN UHAMKA PASCASARJANA, MAP.22.2 turiman."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google