Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

AM I SMART?. IPA? IPS? BAHASA? Tidak pintar matematika artinya sama sekali tidak pintar?

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "AM I SMART?. IPA? IPS? BAHASA? Tidak pintar matematika artinya sama sekali tidak pintar?"— Transcript presentasi:

1 AM I SMART?

2 IPA? IPS? BAHASA? Tidak pintar matematika artinya sama sekali tidak pintar?

3 BERBAGAI JENIS KECERDASAN

4 Kecerdasan linguistik (bahasa) Kemampuan untuk menggunakan kata-kata secara efektif, baik secara lisan maupun tulisan. Kecerdasan ini mencakup kepekaan terhadap arti kata, urutan kata, suara, ritme dan intonasi dari kata yang di ucapkan. Termasuk kemampuan untuk mengerti kekuatan kata dalam mengubah kondisi pikiran dan menyampaikan informasi. Coba periksa apakah kamu: Suka menulis kreatif di rumah. Senang menulis kisah khayal, lelucon dan cerpen. Menikmati membaca buku di waktu senggang. Menyukai pantun, puisi dan permainan kata. Suka mengisi teka-teki silang atau bermain scrable. Jika kamu di sekolah, kampus banyak bicara dan kurang memperhatikan pelajaran atau menikmati menulis puisi di rumah tapi tidak mengerjakan PR, senang bercerita, maka kamu mempunyai kecerdasan linguistik.

5 Kecerdasan Logis- Matematis : Number Smart Kecerdasan yang satu ini adalah ketrampilan mengolah angka dan kemahiran menggunakan logika dan akal sehat. Ini adalah kecerdasan yang digunakan ilmuwan untuk membuat hipotesa dan dengan tekun mengujinya dengan eksperimen. Ini juga kecerdasan yang digunakan oleh Akuntan pajak, pemrogaman komputer dan ahli matematika. Coba periksa: Menghitung problem aritmatika dengan cepat di luar kepala. Menikmati menggunakan bahasa komputer atau progam software logika Ahli bermain catur, dan permainan strategi lainnya Merancang Eksperimen Suka bermain teka-teki logika Mudah memahami sebab-akibat Menikmati pelajaran matematika dan IPA serta mendapatkan prestasi yang bagus

6 Kecerdasan Spasial : Picture Smart Ini adalah kecerdasan gambar dan bervisualisasi. Kecerdasan ini melibatkan kemampuan untuk menvisualisasikan gambar di dalam kepala seseorang atau menciptakannya dalam bentuk 2 atau 3 dimensi. Seniman atau pemahat serta pelukis memiliki kecerdasan ini dalam tingkat tinggi. Coba periksa: Menonjol dalam kelas seni Mudah membaca peta, grafik dan diagram. Menggambar sosok orang atau benda persis aslinya Mencoret-coret diatas kertas Lebih mudah memahami lewat gambar daripada lewat kata-kata ketika sedang membaca. Seandainya kamu menonjol dalam kecerdasan ini, kembangkanlah. Karena suatu saat kamu bisa jadi pelukis, pemahat, designer, dan perancang bangun.

7 Kecerdasan Kinestetik- Jasmani : Body Smart Kecerdasan jasmani adalah kecerdasan seluruh tubuh (atlet, penari, seniman, pantomim aktor) dan juga kecerdasan tangan (montir, penjahit, tukang kayu, ahli bedah) Coba periksa: Bergerak-gerak ketika sedang duduk Terlibat dalam kegiatan fisik seperti renang, bersepeda, hiking atau bermain skate board. Perlu menyentuh sesuatu yang ingin dipelajari. Menikmati melompat, gulat dan lari. Memperlihatkan kerampilan dalam kerajinan tangan seperti kayu, menjahit, mengukir. Menikmati bekerja dengan tanah liat, melukis dengan jari, atau kegiatan “kotor” lainnya. Suka membongkar sebuah benda kemudian menyusunnya lagi

8 Kecerdasan Musikal: Music Smart Kemampuan untuk menikmati, mengamati, membedakan, mengarang, membentuk dan mengekspresikan bentuk-bentuk musik. Kecerdasan ini meliputi kepekaan terhadap ritme, melodi dan timbre dari musik yang didengar. Musik mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan kemampuan matematika dan ilmu sains dalam diri seseorang.Bakat musik adalah sesuatu bakat yang selam ini dibiarkan atau ditelantarkan di sekolah. Jikalau kamu memiliki bakat ini maka ada baiknya mengembangkan di luar lingkungan sekolah. Apakah kamu: Berprestasi dalam bidang musik atau dapat memainkan alat musik. Mempunyai suara yang bagus ketika bernyanyi sendiri atau di depan orang lain Mudah mengingat melodi lagu, mengikuti irama musik. Senang mengoleksi CD/Kaset Lebih bisa atau suka belajar dengan di iringi musik Peka terhadap berbagai jenis musik dan suara-suara di lingkungan sekitar.

9 Kecerdasan Antar Pribadi: People Smart Kemampuan untuk mengamati dan mengerti maksud, motivasi dan perasaan orang lain. Peka pada ekpresi wajah, suara dan gerakan tubuh orang lain dan ia mampu memberikan respon secara efektif dalam berkomunikasi. Kecerdasan ini juga mampu untuk masuk ke dalam diri orang lain, mengerti dunia orang lain, mengerti pandangan, sikap orang lain dan umumnya dapat memimpin kelompok Ciri-ciri: Mempunyai banyak teman, mudah bergaul atau beradaptasi dengan lingkungan Sangat mengenal lingkungan, mudah terlibat dalam kegiatan kelompok Berperan sebagai "penengah keluarga" ketika terjadi perselisihan Mampu bekerja, berhubungan secara efektif dan mengerti orang lain. Mudah bersimpati dan berempati, serta memberikan perhatian pada orang lain. Unggul dalam pelajaran ilmu-ilmu sosial

10 Kecerdasan Intra Pribadi: Self Smart Kemampuan yang berhubungan dengan kesadaran dan pengetahuan tentang diri sendiri. Dapat memahami kekuatan dan kelemahan diri sendiri. Mampu memotivasi dirinya sendiri dan melakukan disiplin diri. Orang yang memilki kecerdasan ini sangat menghargai nilai (aturan-aturan) etika (sopan santun) dan moral Ciri-ciri: Mempunyai rasa percaya diri, belajar dan bekerja dengan baik jika seorang diri. Mempunyai pandangan hidup yang lain daripada pandangan umum. Mampu menganalisis dan merenungkan diri. Memperlihatkan sikap independen (mandiri) atau kemauan yang kuat. Bersikap realistis terhadap kekuatan dan kelemahannya.

11 Kecerdasan Naturalis: Nature Smart Kemampuan untuk mengenali, membedakan, mengungkapkan dan membuat kategori terhadap apa yang di jumpai di alam maupun lingkungan. Intinya adalah kemampuan manusia untuk mengenali tanaman, hewan dan bagian lain dari alam semesta. Ciri-ciri orang-orang yang memiliki Kecerdasan Naturalis: Akrab dengan hewan piaraan, suka berkebun. Senang berjalan-jalan di alam terbuka atau kebun binatang. Menghabiskan waktu dekat di dekat akuarium atau ekosistem yang lain. Mencatat fenomena alam yang berhubungan dengan flora dan fauna. Suka membawa pulang serangga, bunga, daun dan sebagainya untuk di perlihatkan pada keluarga Menyenangi dan unggul dalam pelajaran biologi dan lingkungan hidup.

12 Da Vinci adalah seniman (pelukis, pematung, pemain musik, arsitek), penemu (rancangan mesin terbang, helikopter, parasut, tangga yang dapat dijulurkan, mesin gir, kincir air, dan sebagainya), insinyur kemiliteran (rancangan senjata: senapan, tank lapis baja, mortir, peluru kendali, dan sebagainya), dan ilmuwan berbagai disiplin ilmu (botani, anatomi, geologi, fisika, dan sebagainya).

13 Ulangan 28:13 TUHAN akan mengangkat engkau menjadi kepala dan bukan menjadi ekor, engkau akan tetap naik dan bukan turun, apabila engkau mendengarkan perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan pada hari ini kaulakukan dengan setia


Download ppt "AM I SMART?. IPA? IPS? BAHASA? Tidak pintar matematika artinya sama sekali tidak pintar?"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google