Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Teori kecerdasan majemuk dikembangkan oleh seorang psikolog, Howard Gardner pada akhir 1970-an dan awal 1980-an. Gardner mengemukakan bahwa individu memiliki.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Teori kecerdasan majemuk dikembangkan oleh seorang psikolog, Howard Gardner pada akhir 1970-an dan awal 1980-an. Gardner mengemukakan bahwa individu memiliki."— Transcript presentasi:

1

2 Teori kecerdasan majemuk dikembangkan oleh seorang psikolog, Howard Gardner pada akhir 1970-an dan awal 1980-an. Gardner mengemukakan bahwa individu memiliki delapan kecerdasan.

3 KRITERIA YANG DIGUNAKAN GARDNER LETAK DALAM OTAK ADANYA BUKTI PERSONALITAS Tiap Kecerdasan Memiliki Waktu Kemunculan dan Perkembangan Sejarah Evolusioner dan Kenyataan Logis Evolusioner Dukungan Temuan Psikometrik Tiap Kecerdasan memiliki Rangkaian Cara Kerja Dasar Kemudahan Menyandikannya ke dalam Sistem Simbol

4 8 KECERDASAN GARDNER

5 8.KECERDASAN NATURALIS 8.KECERDASAN NATURALIS 1. KECERDASAN LINGUISTIK 1. KECERDASAN LINGUISTIK 2. KECERDASAN LOGIS MATEMATIS 2. KECERDASAN LOGIS MATEMATIS 7.KECERDASAN INTERPERSONAL 7.KECERDASAN INTERPERSONAL 6.KECERDASAN INTRAPERSONAL 6.KECERDASAN INTRAPERSONAL 3. KECERDASAN VISUAL SPASIAL 3. KECERDASAN VISUAL SPASIAL 4.KECERDASAN KINESTETIK 4.KECERDASAN KINESTETIK 5. KECERDASAN MUSIKAL 5. KECERDASAN MUSIKAL 8 KECERDASAN GARDNER

6 1.Kecerdasan Linguistik Lebih cenderung menyukai dan efektif dalam hal: berkomunikasi lisan dan tulis; mengarang cerita; diskusi & mengikuti debat suatu masalah,mudah mengingat kutipan, pandai membuat lelucon; pandai membuat puisi; tepat dalam tata bahasa. Peran atau profesi yang tepat untuk orang yang memiliki kecerdasan ini yaitu penulis novel, comedian, pengacara, wartawan.

7 2. Kecerdasan Logis Matematis Seseorang yang memiliki kecerdasan ini cenderung menyukai dan efektif dalam hal: menghitung, menganalisis hitungan; menemukan fungsi-fungsi dan hubungan; memperkirakan; memprediksi; bereksperimen; mencari jalan keluar yang logis; menemukan adanya pola; Peran atau profesi yang tepat untuk orang yang memiliki kecerdasan ini yaitu guru matematika, ahli ilmu pengetahuan, arsitek, programmer komputer, akuntan.

8 3. Kecerdasan Visual Spasial Kecerdasan visual-spasial menunjukkan kemampuan seseorang untuk memahami secara lebih mendalam hubungan antara objek dan ruang. Peran atau profesi yang tepat untuk orang yang memiliki kecerdasan ini yaitu tukang kebun, pemahat, ahli bedah, mekanik, tukang cat rumah, tukang kayu, fotografer, dancer, atlet.

9 4. Kecerdasan Kinestik kemampuan seseorang untuk secara aktif menggunakan bagian-bagian atau seluruh tubuhnya untuk berkomunikasi dan memecahkan berbagai masalah. Peran atau profesi yang tepat untuk orang yang memiliki kecerdasan ini yaitu dancer, atlet, aktor, pelatih, tukang kayu, tukang batu, badut, pemahat, penerjemah bahasa isyarat.

10 5. Kecerdasan Musikal kemampuan seseorang untuk peka terhadap suara-suara nonverbal yang berada di sekelilingnya, termasuk dalam hal ini adalah nada dan irama. Peran atau profesi yang tepat untuk orang yang memiliki kecerdasan ini yaitu musisi, koreogfer, krtikus musik, kondektur/dirigen, disc jokey (DJ), komposer, cheerleader.

11 6. Kecerdasan Intrapersonal berhubungan dengan kesadaran diri (self- awareness). Kesadaran diri dideskripsikan sebagai kebutuhan diri sendiri untuk dan bereaksi terhadap perubahan, kesadaran tanggungjawab. Contoh profesi yang tepat untuk orang yang memiliki kecerdasan intrapersonal yang baik yaitu psikoterapis, aktivis, motivator, artis, filsuf, musisi, pengusaha.

12 7. Kecerdasan Interpersonal kemampuan untuk berhubungan dengan orang lain, menginterpretasi perilaku dan komunikasi, memahami hubungan antara seseorang dan situasinya Profesi yang cocok untuk orang yang memiliki kecerdasan interpersonal meliputi konselor, pendidik, HR professional, mediator, politikus, psikolog, sales, guru, terapis, pelatih.

13 8. Kecerdasan Naturalis kemampuan untuk mengenali dan mengkategorikan atau mengklasifikasikan, benda-benda di alam (serta fenomena alam seperti gunung dan awan) Profesi yang sesuai untuk orang dengan kecerdasan ini diantaranya zoologi, ahli biologi, dokter hewan, polisi hutan, pemburu, chef, petani.

14 MERCY… LUTHFITA CAHYA IRANI TANIA CLARA DEWANTI


Download ppt "Teori kecerdasan majemuk dikembangkan oleh seorang psikolog, Howard Gardner pada akhir 1970-an dan awal 1980-an. Gardner mengemukakan bahwa individu memiliki."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google