Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MULTIPLE INTELLIGENCE Kecerdasan Ganda. Multiple Intelligence Howard Gardner menyatakan kecerdasan adalah suatu kemampuan untuk memecahkan masalah atau.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MULTIPLE INTELLIGENCE Kecerdasan Ganda. Multiple Intelligence Howard Gardner menyatakan kecerdasan adalah suatu kemampuan untuk memecahkan masalah atau."— Transcript presentasi:

1 MULTIPLE INTELLIGENCE Kecerdasan Ganda

2 Multiple Intelligence Howard Gardner menyatakan kecerdasan adalah suatu kemampuan untuk memecahkan masalah atau menghasilkan sesuatu yang dibutuhkan di dalam latar budaya tertentu.

3 10 macam kecerdasan Kecerdasan Verbal/bahasa (Verbal/Linguistic Intelligence) Kecerdasan tentang bahasa. Kecerdasan ini erat kaitannya dengan kemampuan membaca, menulis, dan berkomunikasi dengan kata-kata. Contoh ; puisi, humor, cerita,dll. Kecerdasan Logika/Matematik (Logical/Mathematical Intelligence) Kecerdasan logika /menghitung sering disebut berpikir ilmiah, kecerdasan ini tergantung dengan kemampuan untuk menalar dan menghitung. Contoh : ilmuwan, matematikawan, pengecara, dll.

4 Kecerdasan Visual/Ruang (Visual/Spatial Intelligence) Kecerdasan visual kkuncinya terletak pada kemampuan indera pandang dan berimajinasi. Contoh : kemampuan senirupa, arsitektur, permainan catur, dll. Kecerdasan Tubuh/Gerak Tubuh (Body/Kinesthetic Intelligence) Kecerdasan tubuh atau fisik mengendalikan kegiatan tubuh untuk menyatakan perasaan. Contoh,; menari, permainan olah raga, badut, dll.

5 Kecerdasan Musikal/Ritmik (Musical/Rhytmic Intelligence). Kecerdasan yang melibatkan kemampuan manusia untuk mengenali dan menggunakan ritme dan nada, serta kepekaan terhadap bunyi-bunyian di lingkungan sekitar suara manusia. Kecerdasan Interpersonal (Interpersonal Intelligence). Kecerdasan interpersonal berhubungan dengan kemampuan bekerjasama dan berkomunikasi, baik verbal, maupun non- verbal dengan orang lain.

6 Kecerdasan Intrapersonal (Intrapersonal Intelligence) kecerdasan intrapersonal adalah mengendalikan pemahaman terhadap aspek internal terhadap diri seperti perasaan, proses berfikir, refleksi diri, intuisi, dan spiritual. Kecerdasan Naturalis (Naturalistic Intelligence) kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan individu untuk bekerjasama dan menyelarskan diri dengan alam.

7 Kecerdasan Spiritual (Spirituallist Intelligence) Kecerdasan ini berkaitan dengan hubungan manusia dengan Tuhannya. Kecerdasan Eksistensial (Eksistensialist Intelligence) Kecerdasan yang mengarah pada kesdaran dan kemampuan menghayati dengan benar keberadaan dirinya di dunia dan tujuan kehidupannya.

8 Kriteria Keabsahan Munculnya Teori Kecerdasan Memiliki dasar biologis Kecenderungan untuk mengetahui dan memecahkan masalah merupakan sifat dasar biologis atau fisiologis manusia. Bersifat universal bagi spesies manusia Setiap budaya memiliki cara tersendiri dalam memahami sesuatu, tidak peduli kondisi sosio ekonomi, dan pendidikannya

9 Nilai budaya suatu ketrampilan pemahaman terhadap sesuatu didukung oleh budaya dan suatu hal yang harus diteruskan dari generasi kegenerasi. Memiliki basis neurologi Kecerdasan memiliki bagian tertentu pada otak sebagai pusat kerjanya dan yang dapat diaktifkan atau dipicu oleh informasi eksternal maupun internal. Dapat dinyatakan dalam bentuk simbol

10


Download ppt "MULTIPLE INTELLIGENCE Kecerdasan Ganda. Multiple Intelligence Howard Gardner menyatakan kecerdasan adalah suatu kemampuan untuk memecahkan masalah atau."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google