Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PSIKOLOGI PERKEMBANGAN II Juliani Prasetyaningrum, MSi, Psi Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta 2008.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PSIKOLOGI PERKEMBANGAN II Juliani Prasetyaningrum, MSi, Psi Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta 2008."— Transcript presentasi:

1 PSIKOLOGI PERKEMBANGAN II Juliani Prasetyaningrum, MSi, Psi Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta 2008

2 PSIKOLOGI PERKEMBANGAN PSIKOLOGI PERK I PSIKOLOGI PERK II -MASA PRA LAHIR -MASA LAHIR -MASA BAYI (0–2)th -MASA ANAK AWAL (2-6)th -MASA ANAK AKHIR (6-11/12)th -MASA PUBER (11/13-15)th -MASA REMAJA (15-17)th -MASA DEWASA DINI (18-40)th -MASA DEWASA MADYA(40-60)th -MASA DEWASA AKHIR (>60 th) PERKEMBANGAN FISIK, PSIKOLOGIK DAN SOSIAL INDIVIDU YANG BERKUALITAS

3 MENGAPA MEMPELAJARI PERKEMBANGAN MASA HIDUP (LIFE-SPAN DEVELOPMENT)? 1.UNTUK MENGENAL DIRI SENDIRI 2.UNTUK BEKAL DALAM MENGADAKAN PENDEKATAN DENGAN INDIVIDU LAIN, BAIK YANG MASIH BAYI, ANAK, PUBER, REMAJA, DEWASA MAUPUN LANSIA. 3.UNTUK MEMBUKA/MENAMBAH WAWASAN TENTANG PROSES PERKEMBANGAN INDIVIDU DALAM RANGKA MENGEMBANGKAN ILMU PENGETAHUAN, MELALUI PENELITIAN-PENELITIAN TENTANG PSIKOLOGI PERKEMBANGAN YANG KONTEKSTUAL.

4 PENGERTIAN PERKEMBANGAN: - S- SUATU PROSES KE ARAH YANG LEBIH SEMPURNA DAN TIDAK BEGITU SAJA DAPAT DIULANG KEM- BALI (MONKS, DKK; DAN WERNER) - S- SUATU PROSES YG KEKAL DAN TETAP, MENUJU KEARAH SUATU ORGANISASI PADA TINGKAT INTEGRASI YANG LEBIH TINGGI, BERDASARKAN PERTUMBUHAN, PEMASAKAN DAN BELAJAR (KNOERS). - P- PERUBAHAN ATAU POLA GERAKAN YANG DIMULAI DARI PEMBUAHAN DAN TERUS BERLANJUT SE- PANJANG SIKLUS KEHIDUPAN (SANTROCK). -SERANGKAIAN PERUBAHAN PROGRESIF YANG TERJADI SEBAGAI AKIBAT DARI PROSES KEMATANGAN DAN PENGALAMAN (HURLOCK).

5 TENTANG KONTINUITAS DAN DISKONTINUITAS CCCCONTINUITY OF DEVELOPMENT (deskripsi dari para developmentalis yg menekankan pada pengalaman), Yi pandangan bahwa perkembangan meliputi perubahan yang berangsur-angsur, sedikit demi sedikit, dari konsepsi hingga kematian (bersifat kuantitatif). DDDDISCONTINUITY OF DEVELOPMENT (deskripsi dari para developmentalis yg menekankan pada kedewasaan), yi pandangan bahwa perkembangan meliputi tahap-tahap yg khas atau berbeda dalam masa hidup (bersifat kualitatif).

6 TEORI-TEORI PERKEMBANGAN: 1.TEORI PSIKOANALISIS (FREUD) 2.TEORI PSIKOSOSIAL (ERIKSON) 3.TEORI KOGNITIF (PIAGET) 4.TEORI PERILAKU (SKINNER) DAN BELAJAR SOSIAL (BANDURA) 5.TEORI ETOLOGIS (KONRAD LORENZ) 6.TEORI EKOLOGIS (BRONFENBRENNER) 7.ORIENTASI TEORITIS EKLEKTIF (eclectic theoretical orientation)

7 PUBERTAS (10/12 – 13/15 TH)  Pubertas (Puberty) berasal dari kata Latin yang berarti “USIA KEDEWASAAN” (Hurlock,1980).  Pubertas adalah suatu tahap dalam perkembangan, ketika alat-alat seksual mengalami kematangan dan tercapai kemampuan reproduksi.  Pubertas adalah perubahan cepat pada kematangan fisik, yang meliputi perubahan tubuh dan hormonal, yang terutama terjadi selama masa remaja awal (Santrock,1995).

8 Tahap-tahap Pubertas  Tahap Pra-Puber Tahap ini bertumpang tindih dg masa anak akhir, shg disebut sbg masa Pra- puber  Tahap Puber Yaitu tahap ketika kriteria kematangan seksual terjadi (menarche/pollutio).  Tahap Pasca Puber tahap tumpang tindih dg masa remaja (remaja awal)

9 FAKTOR-FAKTOR TERJADINYA PUBERTAS  Genetik  Nutrisi  Kesehatan fisik  Massa tubuh

10 PERUBAHAN HORMONAL  HORMON (HORMONES), ADALAH SUATU SUBSTANSI KIMIAWI BERKEKUATAN BESAR YANG DIKELUARKAN OLEH KELENJAR ENDOKRIN DAN DIALIRKAN KE SELURUH TUBUH MELALUI PEMBULUH DARAH.  PERAN SISTEM ENDOKRIN PADA MASA PUBER MELIBATKAN INTERAKSI ANTARA HIPOTALAMUS, KELENJAR PITUITARI DAN KELENJAR GONAD

11  HIPOTHALAMUS (HYPOTHALAMUS) ADALAH SUATU STRUKTUR YG TERLETAK DI BAGIAN ATAS OTAK YG MEMANTAU KEGIATAN MAKAN, MINUM DAN HUBUNGAN SEKS.  KELENJAR PITUITARI (PITUITARY) ADALAH KELENJAR ENDOKRIN PENTING YG MENGENDALIKAN PERTUMBUHAN DAN MENGATUR KELENJAR2 LAINNYA.  GONAD ADALAH KELENJAR KELAMIN, BUAH ZAKAR PADA LAKI-LAKI DAN INDUNG TELUR PADA PEREMPUAN

12 DUA JENIS HORMON UTAMA PADA MASA PUBER  ANDROGEN, ADALAH JENIS UATAMA HORMON SEKS LAKI-LAKI.  ESTROGEN, ADALAH JENIS UTAMA HORMON PEREMPUAN.  TESTOSTERON ADALAH JENIS ANDROGEN YG BERPERAN PENTING DALAM PERKEMBANGAN PUBERTAS LAKI-LAKI.  ESTRADIOL ADALAH JENIS ESTROGEN YANG BERPERAN PENTING PADA PERKEMBANGAN PUBERTAS PEREMPUAN.

13 PERUBAHAN FISIK MASA PUBER  LONJAKAN TINGGI BADAN PD PUBER PEREMPUAN TERJADI 2 TH LEBIH AWAL DIBANDING LAKI2.  PUBER PEREMPUAN TERJADI SEKITAR USIA 10:06; LAKI2: 12:04  PERCEPATAN LONJAKAN UNTUK PEREMPUAN: 7-8cm; LAKI2: 9- 10cm/th  LONJAKAN TERJADI SELAMA +2 TH

14 KEMATANGAN SEKSUAL  Pada laki2: diawali dari pertambahan ukuran penis dan testikel, pertumbuhan pubis, suara sedikit berubah, ejakulasi pertama (pollutio).  Pada perempuan: diawali dengan membesarnya payudara dan tumbuhnya pubes. Kmd rambut di ketiak dll mulai tumbuh, pinggul melebar, dan diakhiri dg terjadinya menstruasi yg pertama (menarche). Pada awal2 bulan, M blm teratur dan kadang tidak terjadi ovulasi, bahkan ada yang sampai 2 th tidak subur (tdk ada ovulasi)

15 EFFEK KEMATANGAN SEKSUAL PADA PUBER  Tertarik pada lawan jenis dan berusaha mencari perhatian/menjadi pusat perhatian dari lawan jenis.  Merindu puja dari orang lain  Menurut Hurlock masa puber disebut sebagai masa perubahan dari mahluk aseksual menjadi mahluk seksual.

16 DIMENSI PSIKOLOGIS MASA PUBER  CITRA TUBUH  MENSTRUASI PERTAMA (MENARCHE) DAN DAUR MENSTRUASI  KEDEWASAAN YANG LEBIH CEPAT DAN YANG LEBIH LAMBAT

17 CITRA TUBUH  INDIVIDU SANGAT MEMPERHATIKAN TUBUH MEREKA DAN MEMBANGUN CITRA TUBUHNYA SENDIRI  INDIVIDU LEBIH SERING MERASA TIDAK PUAS DG TUBUHNYA, DAN BILA DIBANDINGKAN ANTAR JENIS KELAMIN, MAKA PEREMPUAN LEBIH SERING MERASA TIDAK PUAS DENGAN TUBUHNYA DIBANDING LAKI2

18 MENARCHE DAN REAKSI MENSTRUASI Menarche merupakan peristiwa penting dalam sejarah kehidupan remaja puteri, yang menimbulkan berbagai reaksi, antara lain: 1.Cukup tenang, meski ada yang sedikit terkejut, khawatir, gembira, menganggap sebagai awal kedewasaan, mampu memiliki anak  positif. 2.Merepotkan, kotor/tidak nyaman, tingkah laku terhambat, perubahan emosi  negatif.

19 Ciri-ciri seks sekunder  Pada perempuan:  Membesarnya pinggul  Membesarnya payudara  Menghalusnya kulit tubuh  Pada laki-laki:  Perubahan suara  Tumbuhnya kumis  Tumbuhnya rambut pubis  Membidangnya dada.

20 Ciri-ciri seks primer yi: organ2 tubuh yang berhub lngsng dg proses reproduksi  Pada perempuan:  rahim, tempat zygote menempel  tuba falopi, tempat proses pembuahan/ konsepsi terjadi  gonad, tempat berkembangnya ovum  Klitoris, suatu organ kecil didalam vagina yang sangat mudah terstimulasi.  vagina, pintu masuk saat penetrasi

21 Ciri-ciri seks primer pada laki-laki:  Testes/Gonad, terletak di dalam scrotum, merupakan hormon yang mempengaruhi perkembangan organ- organ seks individu.  Scrotum tempat sperma di produksi  Penis

22 KEDEWASAAN LEBIH CEPAT, LEBIH LAMBAT DAN TEPAT WAKTU.  DEWASA LEBIH CEPAT (LK & PR) :  PERSEPSI POSITIF, HUB DG PEER-GROUP LBH BAIK d/p YG LAMBAT DEWASA.  LEBIH FOKUS PADA KELEBIHAN STATUS FISIK d/p PERKEMB KARIER DAN PRESTASI.  LAMBAT DEWASA (LK):  DI USIA 30 TH, MRK MEMILIKI IDENTITAS LEBIH KUAT d/p YG CEPAT DEWASA.  MEMILIKI WAKTU LEBIH BANYAK UTK MENGEKSPLORASI PILIHAN2 HIDUP.

23 PENELITIAN LAIN (KHUSUS pd anak PEREMPUAN):  LEBIH CEPAT DEWASA:  Memiliki masalah lebih banyak  Lebih mandiri.  Lebih populer diantara teman2 lelakinya.  LEBIH LAMBAT DEWASA:  Memasuki SMA memiliki citra tubuh lebih positif d/p yang lebih cepat dewasa, karena lambat menuju dewasa memberikan banyak waktu u/berkembangnya fisik individu  tinggi, langsing.

24 MASA REMAJA  Adolescence  berasal dari “adolescere” yang berarti “tumbuh” atau “tumbuh menjadi dewasa”  Adolescence  memiliki arti lebih luas (dibanding pubertas), yaitu mencakup kematangan mental, emosional, sosial, dan fisik.

25 CIRI-CIRI MASA REMAJA  Merupakan periode transisi/peralihan  Merupakan periode perubahan, misalnya: perubahan kepekaan emosi, bentuk tubuh, peran, minat, dan nilai.  Merupakan masa mencari jati diri/identitas diri.  Merupakan masa yang tidak realistik, karena mereka memandang sesuatu dari “kacamata”-nya sendiri, yang kadang jauh dari realita

26 TUGAS PERKEMBANGAN MASA REMAJA:  Menerima kodisi fisik apa adanya, dan mampu memanfaatkannya secara efektif.  Mencapai hubungan baru yang lebih matang dg teman sebaya, baik sejenis maupun lain jenis.  Mencapai peran sosial yang bertanggung jawab sebagai pria/wanita.  Mencapai kemandirian emosional dari ortu maupun orla.  Mempersiapkan karier ekonomi.  Mempersiapkan perkawinan dan keluarga.

27 KEBUTUHAN2 REMAJA  Mencapai sesuatu  memupuk ambisi  Kebutuhan akan rasa: superior, ingin menonjol, ingin terkenal.  Kebutuhan u/ berkompetisi  Kebutuhan u/tampil memukau  Kebutuhan bebas menentukan sikap (tidak mau didekte)

28  Kebutuhan u/menjalin persahabatan  Kebutuhan u/berempati  Kebutuhan u/mencari simpati  Kebutuhan u/menghindari rutinitas  Kebutuhan u/mengatasi hambatan  Kebutuhan u/menyalurkan agresivitas  Kebutuhan bergaul dengan lawan jenis

29 PERKEMBANGAN EMOSI REMAJA


Download ppt "PSIKOLOGI PERKEMBANGAN II Juliani Prasetyaningrum, MSi, Psi Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta 2008."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google