Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MATERI KE 3 PSIKOLOGI PENDIDIKAN MAILA DINIA HR. ISI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MATERI KE 3 PSIKOLOGI PENDIDIKAN MAILA DINIA HR. ISI."— Transcript presentasi:

1 MATERI KE 3 PSIKOLOGI PENDIDIKAN MAILA DINIA HR

2 ISI

3 PERKEMBANGAN INDIVIDU Perkembangan individu merupakan pola gerakan atau perubahan yang secara dinamis dimulai dari pembuahan atau konsepsi dan terus berlanjut sepanjang siklus kehidupan manusia yang terjadi akibat dari kematangan dan pengalaman (Hurlock, 1991; Rice, 2002).

4 2 PROSES PERKEMBANGAN INDIVIDU

5 PROSES-PROSES UTAMA PEKEMBANGAN INDIVIDU Proses biologis meliputi perubahan pada sifat fisik individu yang semakin bertambah usia akan mengarah kepada kematangan. Proses kognitif meliputi perubahan pada pemikiran, intelegensi dan bahasa individu. Proses sosio-emosional meliputi perubahan pada relasi individu dengan orang lain, serta perubahan emosi dan kepribadian yang menyertainya.

6 URUTAN TAHAP PERKEMBANGAN Periode Prakelahiran Masa Bayi Masa Kanak-kanak Awal Masa Kanak-kanak akhir Masa Remaja Masa Dewasa Awal Masa Dewasa Madya Masa Lanjut Usia

7

8 PERKEMBANGAN (DEVELOPMENT) PERTUMBUHAN (GROWTH) Perkembangan: aspek yang bersifat psikis (kualitatif) berkaitan dengan pematangan fungsi organ individu Contoh: Bertambahnya kemampuan dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam pola yang teratur, misalnya dalam perkembangan bahasa, emosi, intelektual, perilaku Pertumbuhan: cenderung lebih bersifat kuantitatif dan bersifat fisik. Contoh : ukuran berat dan tinggi badan, ukuran dimensi sel tubuh, umur tulang  yang bisa diukur kadang-kadang masih kabur pengertiannya dan sukar dibedakan.

9 TEORI RENTANG KEHIDUPAN MANUSIA PAUL BALTES Perkembangan adalah seumur hidup Perkembangan bersifat multidimensional (fisik, intelektual, kognitif, bahasa, emosi, sosial dan moral Perkembangan adalah multidireksional. Ranah- ranah perkembangan mengalami perubahan dengan arah tertentu. Perkembangan bersifat lentur (plastis) Perkembangan selalu melekat dengan sejarah Perkembangan bersifat multidisipliner. Perkembangan bersifat kontekstual

10 PENTINGNYA PSIKOLOGI PERKEMBANGAN UNTUK GURU/CALON GURU Memberikan gambaran tentang perkembangan manusia sepanjang rentang kehidupan beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya, yang meliputi aspek fisik, intelektual, emosi, sosial dan moral. Memberikan gambaran tentang bagaimana proses pembelajaran yang tepat sesuai dengan tahapan perkembangan peserta didik.

11 FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN

12

13

14

15

16


Download ppt "MATERI KE 3 PSIKOLOGI PENDIDIKAN MAILA DINIA HR. ISI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google