Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Perkembangan Mental/Psikologi Anak Usia Sekolah Dr. Amel Yanis SpKJ (K) Bag.Psikiatri, Fak. Kedokteran Universitas Andalas.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Perkembangan Mental/Psikologi Anak Usia Sekolah Dr. Amel Yanis SpKJ (K) Bag.Psikiatri, Fak. Kedokteran Universitas Andalas."— Transcript presentasi:

1 Perkembangan Mental/Psikologi Anak Usia Sekolah Dr. Amel Yanis SpKJ (K) Bag.Psikiatri, Fak. Kedokteran Universitas Andalas.

2 Tumbuh-Kembang Merupakan 2 peristiwa yang sifatnya berbeda tetapi saling berkaitan dan terjadi secara sinkron. Terdapat interaksi yang erat antara pertumbuhan fisik dan perkembangan psikologik.

3 Tumbuh-Kembang (1) Pertumbuhan (growth): berkaitan dengan perubahan dalam besar, jumlah, ukuran atau dimensi (TB,BB). Perkembangan (development): bertambahnya kemampuan (skill) dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks. Termasuk di sini perkembangan psikologik.

4 Tumbuh-Kembang (2) Perubahan dalam aspek fisik dan psikis. Perubahan dalam proporsi. Lenyapnya tanda-tanda yang lama. Diperoleh tanda-tanda baru.

5 Tumbuh-Kembang (3) Perkembangan suatu aspek dapat dipercepat atau diperlambat. Perkembangan aspek tertentu berjalan sejajar atau berkorelasi dengan aspek lainnya. Perkembangan terjadi dalam tempo yang berlainan.

6 Perkembangan Psikologik Anak Sekolah Anak usia sekolah berada pada rentang umur 6-12 tahun Teori Perkembangan Psikoseksual dari S. Freud. (Lebih menekankan pada dorongan erotik/psikoseksual/libido). Teori Perkembangan Psikososial dari E. Erikson.(Lebih menekankan dorongan psikososial)

7 Ciri Kematangan Perkembangan Psikososial Usia Sekolah 1. Mampu melepaskan diri dari orang tua untuk wakta yang terbatas tanpa menimbulkan ketegangan yang berarti. 2. Mampu mengalihkan perhatiannya dari orang tua kepada orang dewasa lain, sehingga mampu kagum kepada orang lain selain orang tuanya sendiri. 3. Mampu bekerja sama dengan teman sebaya.

8 Perkembangan Psikososial 4. Mengerti aturan-aturan permainan (rules of game). 5. Dapat tertarik belajar sesuatu yang baru. 6.Mampu menyelesaikan suatu tugas`yang diberikan.

9 Faktor-faktor yang mempengaruhi 1.Genetik -. Potensi genetik yang bermutu hendaknya dapat berinteraksi dengan lingkungan secara positif sehingga diperoleh hasil akhir yang optimal.

10 Faktor-faktor yang mempengaruhi 1.Genetik -. Potensi genetik yang bermutu hendaknya dapat berinteraksi dengan lingkungan secara positif sehingga diperoleh hasil akhir yang optimal.

11 Faktor-faktor yang mempengaruhi 1.Genetik 2.Pola pengasuhan. 3.Pendidikan orang tua. 4.Pendapatan keluarga. 5.Jumlah anak. 6.Nilai jenis kelamin dalam keluarga. 7.Stabilitas rumah tangga. 8.Kepribadian orang tua.

12 Faktor-faktor yang mempengaruhi 9. Adat-istiadat, norma-norma dan mitos- mitos. 10.Agama. 11.Urbanisasi. 12.Kebijakan politik dan ekonomi suatu negara dalam menentukan prioritas kepentingan untuk kesejahteraan anak.


Download ppt "Perkembangan Mental/Psikologi Anak Usia Sekolah Dr. Amel Yanis SpKJ (K) Bag.Psikiatri, Fak. Kedokteran Universitas Andalas."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google