Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MASALAH PADA ANAK-ANAK DAN PENYELESAIANNYA Pengertian Anak-Anak Anak merupakan mahkluk sosial, yang membutuhkan pemeliharaan, kasih sayang dan tempat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MASALAH PADA ANAK-ANAK DAN PENYELESAIANNYA Pengertian Anak-Anak Anak merupakan mahkluk sosial, yang membutuhkan pemeliharaan, kasih sayang dan tempat."— Transcript presentasi:

1

2 MASALAH PADA ANAK-ANAK DAN PENYELESAIANNYA

3 Pengertian Anak-Anak Anak merupakan mahkluk sosial, yang membutuhkan pemeliharaan, kasih sayang dan tempat bagi perkembangannya, serta mempunyai perasaan, pikiran, kehendak tersendiri yang kesemuanya itu merupakan totalitas psikis dan sifat-sifat serta struktur yang berlainan pada tiap-tiap fase perkembangan.

4 Tahap-tahap Perkembangan Anak Infancy toddlerhood (usia 0-3 tahun) Early childhood (usia 3-6 tahun) Middle childhood (usia 6-11 tahun)

5 Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Anak Keluarga Teman Sebaya Sekolah

6 Keluarga Keluarga merupakan tempat pertama kali anak melakukan fungsi sosialisasinya. Proses yang terjadi antara anak dan orangtua tidaklah bersifat satu arah, namun saling mempengaruhi satu sama lain. Artinya, anak belajar dari orangtua, sebaliknya, orangtua juga belajar dari anak. Proses sosialisasi yang terjadi dalam keluarga lebih berbentuk sebagai suatu sistem yang interaksional. Bahkan hubungan antara suami dan istri pun akan mempengaruhi perkembangan anak.

7 Teman Sebaya Konteks sosial di luar keluarga pada anak-anak adalah teman sebaya. Pada teman sebaya inilah, anak memperoleh informasi dan perbandingan tentang dunia sosialnya. Anak juga belajar tentang prinsip keadilan melalui konflik-konflik yang terjadi dengan teman-temannya. Pada masa sekolah dasar, teman sebaya yang dipilih biasanya terkait dengan jenis kelamin. Anak cenderung bermain dengan teman sesama jenis kelaminnya. Dalam pergaulan ini anak belajar tentang konsep gender antara laki-laki dan perempuan dimana anak laki-laki seringkali saling mengajarkan perilaku maskulin dan anak perempuan juga saling mengajarkan kultur bagaimana menjadi wanita.

8 Sekolah Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang secara sistematis melaksanakan program bimbingan, pengajaran dan latihan dalam rangka membantu anak agar mampu mengembangkan potensinya, baik yang menyangkut aspek moral spiritual, intelektual, emosionalmaupun sosial. Peranan sekolah dalam mengembangkan kepribadian anak adalah sebagai faktor penentu bagi perkembangan kepribadian anak baik dalam cara berpikir, bersikap maupun cara berperilaku.

9 Aspek-aspek Perkembangan Anak Perkembangan Fisik (Motorik) Perkembangan fisik (motorik) merupakan proses tumbuh kembang kemampuan gerak seorang anak. Setiap gerakan yang dilakukan anak merupakan hasil pola interaksi yang kompleks dari berbagai bagian dan sistem dalam tubuh yang dikontrol oleh otak.

10 Perkembangan motorik halus Adapun perkembangan motorik halus merupakan perkembangan gerakan anak yang menggunakan otot-otot kecil atau sebagian anggota tubuh tertentu. Perkembangan pada aspek ini dipengaruhi oleh kesempatan anak untuk belajar dan berlatih. Kemampuan menulis, menggunting, dan menyusun balok termasuk contoh gerakan motorik halus.

11 Perkembangan Emosi Perkembangan pada aspek ini meliputi kemampuan anak untuk mencintai; merasa nyaman, berani, gembira, takut, dan marah; serta bentuk-bentuk emosi lainnya. Pada aspek ini, anak sangat dipengaruhi oleh interaksi dengan orangtua dan orang-orang di sekitarnya. Emosi yang berkembang akan sesuai dengan impuls emosi yang diterimanya. Misalnya, jika anak mendapatkan curahan kasih sayang, mereka akan belajar untuk menyayangi.

12 Perkembangan Kognitif Pada aspek koginitif, perkembangan anak nampak pada kemampuannya dalam menerima, mengolah, dan memahami informasi-informasi yang sampai kepadanya. Kemampuan kognitif berkaitan dengan perkembangan berbahasa (bahasa lisan maupun isyarat), memahami kata, dan berbicara.

13 Perkembangan Psikososial Aspek psikososial berkaitan dengan kemampuan anak untuk berinteraksi dengan lingkungannya. Misalnya, kemampuan anak untuk menyapa dan bermain bersama teman-teman sebayanya.

14 Masalah yang Dihadapi Anak dalam Perkembangannya Pada dasarnya seorang anak memiliki 4 masalah besar yang tampak jelas di mata orang tuanya dalam kehidupannya yakni: Out of Law / Tidak taat aturan (seperti misalnya, susah belajar, susah menjalankan perintah, dsb) Bad Habit / Kebiasaan jelek (misalnya, suka jajan, suka merengek, suka ngambek, dsb.) Maladjustment / Penyimpangan perilaku Pause Playing Delay / Masa bermain yang tertunda

15 Penanggulangan Masalah Anak Respect (menghargai anak) Rules (penerapan aturan) Role Models (menjadi contoh bagi anak) Memberi dukungan pada anak Sediakan waktu untuk anak Awasi kegiatan belajar di rumah Mengajarkan tanggung jawab Menjadi teman terbaik Disiplin Menjaga kesehatan anak Kerja sama dengan guru

16 SEKIAN DAN TERIMA KASIH


Download ppt "MASALAH PADA ANAK-ANAK DAN PENYELESAIANNYA Pengertian Anak-Anak Anak merupakan mahkluk sosial, yang membutuhkan pemeliharaan, kasih sayang dan tempat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google