Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN MASA DEWASA AWAL. KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN INDIVIDU  Pentingnya pemahaman terhadap mahasiswa sebagai pribadi yang unik dengan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN MASA DEWASA AWAL. KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN INDIVIDU  Pentingnya pemahaman terhadap mahasiswa sebagai pribadi yang unik dengan."— Transcript presentasi:

1 KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN MASA DEWASA AWAL

2 KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN INDIVIDU  Pentingnya pemahaman terhadap mahasiswa sebagai pribadi yang unik dengan segala macam karakteristiknya.  Manusia sebagai pribadi adalah makhluk sosial dan makhluk individual yang mempunyai tuntutan dan kebutuhan yang berbeda.

3 Dosen mampu memiliki pemahaman terhadap kebutuhan-kebutuhan tersebut dan mendampingi, membimbing setiap mahasiswa agar mereka dapat menjalani proses belajar dengan baik guna mencapai hasil yang optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki.

4 Tujuan Pembelajaran Tujuan Pembelajaran Umum Mampu memahami karakteristik perkembangan manusia secara umum. Tujuan Pembelajaran Khusus Karakteristik perkembangan pada masa dewasa awal. Karakteristik perkembangan pada masa dewasa awal. Tugas-tugas perkembangan pada masa dewasa awal. Tugas-tugas perkembangan pada masa dewasa awal. Perkembangan fisik, seksual, kognitif, sosial emosional, moral dan spiritual pada masa dewasa awal. Perkembangan fisik, seksual, kognitif, sosial emosional, moral dan spiritual pada masa dewasa awal.

5 Masa dewasa awal merupakan periode penyesuaian diri terhadap pola hidup, peran dan harapan-harapan sosial baru dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat. Tujuan Diharapkan memiliki kemampuan untuk dapat menyesuaikan diri dan memainkan peran-peran baru tersebut.

6

7 Hal ini berkaitan dengan eksistensi diri individu sebagai makhluk sosial dan makhluk individual Sebagai Masa Bermasalah Upaya individu menyesuaikan diri terhadap perubahan-perubahan yang terjadi di dalam dan di luar dirinya. Sebagai Masa Ketegangan Emosi Faktor kebiasaan individu yang selalu bergantung dengan orangtua dan orang-orang terdekat. Sebagai Masa Keterasingan Sosial

8 Sebagai Masa Komitmen Berkaitan dengan terjadinya perubahan tanggung jawab dari seseorang yang sepenuhnya bergantung pada orangtua menjadi pribadi dewasa mandiri. Sebagai Masa Ketergantungan Berkaitan dengan ketidakmampuan individu untuk melepaskan ketergantungan emosional dengan orangtua

9 Sebagai Masa Perubahan Nilai Berkaitan dengan terjadinya perubahan nilai dalam diri individu karena adanya pengalaman-pengalaman baru dan hubungan sosial yang lebih luas dengan orang-orang yang berbeda usia. Sebagai Masa Penyesuaian Diri dengan Cara Hidup Baru Sebagai Masa Kreatif Keberadaan individu sebagai manusia yang memiliki potensi untuk berpikir dan bersikap kreatif.

10 Mencapai hubungan matang dengan teman sebaya Dapat menerima dan belajar peran sosial sebagai pria atau wanita dewasa yang dijunjung tinggi oleh masyarakat Menerima keadaan fisik dan mampu menggunakannya secara efektif Mencapai kemandirian emosional dari orangtua dan orang dewasa lainnya

11 Memilih dan mempersiapkan karir di masa depan sesuai dengan minat dan kemampuannya Memilih dan mempersiapkan karir di masa depan sesuai dengan minat dan kemampuannya Mengembangkan sikap positif terhadap pernikahan, hidup berkeluarga dan memiliki anak Mengembangkan ketrampilan intelektual dan konsep-konsep yang diperlukan sebagai warga negara Mengembangkan ketrampilan intelektual dan konsep-konsep yang diperlukan sebagai warga negara

12 Mencapai tingkah laku yang bertanggung jawab secara sosial Mencapai tingkah laku yang bertanggung jawab secara sosial Memperoleh seperangkat nilai dan sistem etika sebagai pedoman dalam bertingkah laku Memperoleh seperangkat nilai dan sistem etika sebagai pedoman dalam bertingkah laku Mengembangkan wawasan keagamaan dan meningkatkan religuisitas Mengembangkan wawasan keagamaan dan meningkatkan religuisitas

13 Perkembangan merupakan suatu PROSES yang sifatnya dinamis dan kaya dengan berbagai macam pengalaman. Perkembangan merupakan suatu PROSES yang sifatnya dinamis dan kaya dengan berbagai macam pengalaman. Banyak faktor yang memberikan kontribusi terhadap perkembangan tersebut seperti faktor bawaan, gen, (nature) dan lingkungan (nurture) seperti pola asuh orangtua, relasi dengan dosen, teman-teman, termasuk pengaruh media massa dan teknologi komunikasi. Banyak faktor yang memberikan kontribusi terhadap perkembangan tersebut seperti faktor bawaan, gen, (nature) dan lingkungan (nurture) seperti pola asuh orangtua, relasi dengan dosen, teman-teman, termasuk pengaruh media massa dan teknologi komunikasi.

14 Aspek-aspek yang mempengaruhi perkembangan individu pada masa dewasa awal : Aspek Fisik Aspek Seksual : Tahap “Auto Erotism “ atau “Self Love”Tahap “Auto Erotism “ atau “Self Love” Tahap “Homo Sexuality”Tahap “Homo Sexuality” Tahap “ Hetero Sexual”Tahap “ Hetero Sexual” Aspek Kogniti f Aspek Sosial Emosi onal Aspek Moral dan Spiritual

15 For Attention..


Download ppt "KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN MASA DEWASA AWAL. KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN INDIVIDU  Pentingnya pemahaman terhadap mahasiswa sebagai pribadi yang unik dengan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google