Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KONSEP DASAR PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK. Tiga kata kuci yang harus dipahami  PERKEMBANGAN  BELAJAR  PESERTA DIDIK.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KONSEP DASAR PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK. Tiga kata kuci yang harus dipahami  PERKEMBANGAN  BELAJAR  PESERTA DIDIK."— Transcript presentasi:

1 KONSEP DASAR PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

2 Tiga kata kuci yang harus dipahami  PERKEMBANGAN  BELAJAR  PESERTA DIDIK

3 PERKEMBANGAN  Serangkaian perubahan progresif yang terjadi sebagai akibat dari proses kematangan dan pengalaman, baik secara kuantitatif maupun kualitatif.

4 Perubahan kuantitatif  disebut juga ”pertumbuhan”  merupakan buah dari perubahan aspek fisik seperti penambahan tinggi, berat dan proporsi badan seseorang.

5 Perubahan kualitatif  Meliputi perubahan aspek psikofisik, seperti peningkatan kemampuan berpikir, berbahasa, perubahan emosi dan sikap, dll.  Selain perubahan ke arah penambahan atau peningkatan, ada juga yang mengalami pengurangan seperti gejala lupa dan pikun. Jadi perkembangan bersifat dinamis dan tidak pernah statis.

6 KEMATANGAN  Terjadinya dinamika dalam perkembangan disebabkan adanya ”kematangan dan pengalaman” yang mendorong seseorang untuk memenuhi kebutuhan aktualisasi/ realisasi diri.  Kematangan merupakan faktor internal (dari dalam) yang dibawa setiap individu sejak lahir, seperti ciri khas, sifat, potensi dan bakat.  Pengalaman merupakan intervensi faktor eksternal (dari luar) terutama lingkungan sosial budaya di sekitar individu.

7 LANJUTAN  Kedua faktor (kematangan dan pengalaman) ini secara simultan mempengaruhi perkembangan seseorang. Seorang anak yang memiliki bakat musik dan didukung oleh pengalaman dalam lingkungan keluarga yang mendukung pengembangan bakatnya seperti menyediakan dan memberi les musik, akan berkembang menjadi seorang pemusik yang handal.

8 LANJUTAN  Perubahan progresif yang berlangsung terus menerus sepanjang hayat memungkinkan manusia menyesuaikan diri dengan lingkungan di mana manusia hidup.  Sikap manusia terhadap perubahan berbeda-beda tergantung beberapa faktor, diantaranya pengalaman pribadi, streotipe dan nilai-nilai budaya, perubahan peran, serta penampilan dan perilaku seseorang.

9 PERKEMBANGAN  Serangkaian perubahan progresif yang terjadi sebagai akibat dari proses kematangan dan pengalaman.

10 BELAJAR  Suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh perubahan perilaku yang relatif dalam aspek kognitif, afektif, maupun psiko-motorik, yang diperoleh melalui interaksi individu dengan lingkungannya

11 Konsep belajar abad ke-21.  Konsep belajar sepanjang masa (life long learning)  Belajar bagaimana cara belajar (learning how to learn) yang bertumpu pada empat pilar pembelajaran (learning to know / to do / to be / to live together)

12 EMPAT PILAR PENDIDIKAN 1. Learning to Know : belajar untuk mengetahui 2. Learning to do: belajar untuk melakukan 3. Learning to be: belajar untuk menjadi diri sendiri 4. Learning to live to gether: belajar hidup dalam kebersamaan

13 PESERTA DIDIK  Individu yang merupakan suatu totalitas kesatuan psikofisik yang tidak dapat dipisahkan, mempunyai keunikan masing-masing yang berbeda satu dengan lainnya

14 Homo trieka  Individu manusia sebagai satu kesatuan memiliki peran sebagai mahluk religius, mahluk sosial, dan mahluk individual.

15 Prinsip-Prinsip Perkembangan  Prinsip 1: Perkembangan Melibatkan Perubahan  Prinsip 2: Perkembangan Awal Lebih Kritis daripada Perkembangan Selanjutnya  Prinsip 3: Perkembangan Merupakan Hasil Proses Kematangan dan Belajar  Prinsip 4: Perkembangan Mengikuti Pola Tertentu yang dapat Diramalkan

16 lanjutan  Prinsip 5: Pola Perkembangan Memiliki Karakteristik Tertentu  Prinsip 6: Terdapat Perbedaan Individu dalam Perkembangan  Prinsip 7: Setiap Periode Perkembangan Memiliki Karakteristik Khusus  Prinsip 8: Terdapat Harapan Sosial pada Setiap Periode Perkembangan  Prinsip 9: Setiap Perkembangan Mengandung Bahaya Potensial/Resiko  Prinsip 10: Kebahagiaan Bervariasi pada Berbagai Periode Perkembangan


Download ppt "KONSEP DASAR PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK. Tiga kata kuci yang harus dipahami  PERKEMBANGAN  BELAJAR  PESERTA DIDIK."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google