Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertumbuhan dan Perkembangan Mengapa kita mempelajarinya?  Mempunyai ekspektasi yang nyata tentang anak dan remaja  Membantu kita dalam merespon terhadap.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertumbuhan dan Perkembangan Mengapa kita mempelajarinya?  Mempunyai ekspektasi yang nyata tentang anak dan remaja  Membantu kita dalam merespon terhadap."— Transcript presentasi:

1 Pertumbuhan dan Perkembangan Mengapa kita mempelajarinya?  Mempunyai ekspektasi yang nyata tentang anak dan remaja  Membantu kita dalam merespon terhadap prilaku tertentu dari seorang anak  Mengenali berbagai penyimpangan dari perkembangan yang normal  Membantu memahami diri sendiri

2 Pengertian  Perkembangan : pola gerakan atau perubahan yang dimulai saat terjadi pembuahan dan berlangsung terus selama siklus kehidupan ( Santrok & Yussen ; Sumantri,2007). Dalam perkembangan terdapat pertumbuhan. Pola gerakan tersebut kompleks karena mrpkn hasil dari proses biologis, kognitif, dan sosial.  Mempunyai kebutuhan 2, yg setiap individu berusaha memenuhinya.  Sifat kodrati manusia ( harus mendapat perhatian ).  Mempunyai karakteristik.

3 Pertumbuhan ?  Pertumbuhan: perubahan secara kuantitatif (perubahan ukuran dan struktur biologis/fisik), sbg hasil proses pematangan fungsi2 fisik secara aktif dan berkesinambungan.  Hasil pertumbuhan? Faktor2 yg mempengaruhi pertumbuhan:  Sebelum lahir  Ketika lahir.  Sesudah lahir.  Psikologis.

4 Perkembangan?  Perubahan secara kualitas (psikis/ rohani, sosial).  Werner: prinsip orthogenetis (dari global ke differensiasi).  Nagel: terdapat struktur terorganisasi dan mempunyai fungsi2 tertentu.  Schneirla: perubahan progresif (kematangan dan pengalaman) dlm organisasi organisme sbg sistim fungsional dan adaptif.  Spiker: orthogenetik dan filogenetik (dari dahulu- sekarang).

5 Beberapa aspek perubahan  Ukuran  Perbandingan.  Berubah untuk mengamati hal2 lama.  Berubah untuk memperoleh hal2 baru. Hukum2 pertumbuhan dan perkembangan :  Cephalocoudal: pertumbuhan fisik dari kepala ke kaki.  Proximodistal: pertumbuhan fisik berpusat pada sumbu ke tepi.  Perkembangan terjadi dari umum ke khusus (orthogenetis).  Perkembangan berlangsung pada tahapan2 perkembangan.  Hukum tempo dan ritme perkembangan

6 Perbedaan Individu  Setiap manusia mempunyai kesamaan pola perkembangan, dan dalam perkembangannya cendrung berbeda (kuantitas, kualitas).  Garry mengkatagorikan perbedaan :  Fisik (usia, berat, jenis kelamin, pendengaran, penglihatan, dan kemampuan bertindak).  Sosial (status ekonomi, agama, hub keluarga, suku)  Kepribadian (watak, motif, minat, dan sikap)  Intelegensi dan kemampuan dasar.  Kecakapan/kepandaian di sekolah.

7 Aspek2 Pertumbuhan dan Perkembangan  Pertumbuhan fisik (sebelum lahir, setelah lahir) sangat individual., baik tidaknya tergantung ortu, makanan, lingkungan.  Intelek/ daya pikir. Menurut Piaget: Masa sensori motor0 – 2,5 thmemberikan respon berdasarkan refleks Masa pra-0perasional2,5 – 7,0 thMempu menggunakan simbol2 Masa Konkret-oprerasional7,0 – 11 thMampu melakukan banyak tugas yg konkrit Masa operasional11 - dewasaMampu berpikir abstrak dan hipotesis.  Emosi, mrpkn potensi yg khusus.  Sosial.  Bahasa.  Bakat khusus  Sikap, nilai, dan moral

8 Perbedaan individu secara umum  Kognitif; dipengaruhi intelegensi/kecerdasan.  Kecakapan bahasa; dipengaruhi fisik, intelegensi, lingkungan.  Latar belakang (kebiasaan, pengalaman dirumah dan lingkungan)  Bakat (bawaan).  Kesiapan belajar.  Kecakapan motorik; StimulusIndraSensorik Otak MotorikPenerima perintah Respon

9 Karakteristik Individu 1. bawaan/keturunan (fisik/biologis, psikis) 2. lingkungan Prilaku Kepribadian Manusia berbeda

10 Terima Kasih, Semoga Bermanfaat


Download ppt "Pertumbuhan dan Perkembangan Mengapa kita mempelajarinya?  Mempunyai ekspektasi yang nyata tentang anak dan remaja  Membantu kita dalam merespon terhadap."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google