Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK PADA USIA SEKOLAH MENENGAH Disusun Oleh: Taufik Maulana (113070092) Ade Citra Irawanti (113070072) Sholihatul Hisanah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK PADA USIA SEKOLAH MENENGAH Disusun Oleh: Taufik Maulana (113070092) Ade Citra Irawanti (113070072) Sholihatul Hisanah."— Transcript presentasi:

1 TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK PADA USIA SEKOLAH MENENGAH Disusun Oleh: Taufik Maulana ( ) Ade Citra Irawanti ( ) Sholihatul Hisanah ( ) Perkembangan Bimbingan Peserta Didik Kelas 2C

2 Materi Tugas-Tugas Perkembangan Peserta Didik Usia Sekolah Menengah (Remaja) Hukum-hukum Pertumbuhan dan Perkembangan Karakteristik Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik Usia Sekolah Menengah (Remaja)

3 Tugas-Tugas Perkembangan Peserta Didik Usia Sekolah Menengah (Remaja)

4 Tugas Perkembangan Proses yang menggambarkan perilaku kehidupan sosio- psikologis manusia di dalam lingkungan masyarakat. Proses tersebut merupakan tugas perkembangan fisik dan psikis yang harus dipelajari, dijalani, dan dikuasai oleh setiap individu.

5 Tugas Perkembangan Usia Sekolah Menengah (Remaja)  Seseorang telah menyelesaikan tugas perkembangnnya seperti proses mempelajari nilai dan norma pergaulan dengan teman sebaya, menyesuaikan diri dengan ketentuan yang berlaku, dan sebagainya.  Seseorang menjalani tugas mempersiapkan diri untuk dapat hidup lebih dewasa, mampu menghadapi dan memecahkan masalah, bertindak etis dan normatif secara bertanggung jawab moral. Oleh karena itu, tugas perkembangan pada masa remaja dipusatkan pada upaya untuk menanggulangi sikap dan pola kekanak-kanakan.

6 Jenis Tugas Perkembangan Remaja Havighurts (Garrison, 1956:14:15) 1. Mencapai hubungan pertemanan dengan lawan jenisnya secara lebih matang, 2. Mancapai perasaan seks yang diterima secara sosial, 3. Menerima keadaan badannya dan menggunaknnya secara efektif, 4. Mencapai kebebasan emosional dari orang dewasa, 5. Mencapai kebebasan ekonomi, 6. Memilih dan menyiapkan suatu pekerjaan, 7. Menyiapkan perkawinan dan kehidupan berkeluarga, 8. Mengembangkan keterampilan dan konsep intelektual yang perlu bagi warga negara yang berkompeten, 9. Menginginkan dan mencapai tingkah laku yang bertanggug jawab secara moral dan sosial, 10. Memahami suatu perangkat tata nila yang digunakan sebagai pedoman tingkah laku.

7 Hukum-Hukum Pertumbuhan dan Perkembangan

8 Pertumbuhan fisik dimulai dari kepala ke arah kaki Hukum Cephalocoundal Pertumbuhan fisik berpusat pada sumbu dan mengarah ke tepi Hukum Proximodistal Perkembangan dimulai dari hal umum, kemudian meningkat ke hal khusus Perkembangan terjadi dari Umum ke Khusus Dalam proses perkembangan terjadi tahapan yang terbagi dalam masa perkemangan Perkembangan Berlangsung dalam Tahapan-tahapan Perkembangan Perkembangan berlangsung secara berurutan, terus menerus dalam tempo yang relatif tepat Hukum Tempo dan Ritme Perkembangan

9 Karakteristik Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik Usia Sekolah Menengah (Remaja)

10 Karakteristik Remaja Menurut Berbagai Sudut Pandangan Menurut Hukum Ditinjau dari Sudut Perkembangan Fisik Menurut WHODitinjau dari Faktor Sosial Psikologis Definis Remaja untuk Masyarakat Indonesia

11 ANY QUESTION? Question and Answer Session

12 Question 1.

13 Tugas perkembangan adalah suatu tugas yang timbul pada suatu periode tertentu dalam perkembangan seseorang. Tugas perkembangan merupakan petunjuk yang memungkinkan seseorang memahami apa yang diharapkan masyarakat dari padanya pada suatu umur tertentu. Bila gagal dalam mencapai tugas itu akan membawa ketidak bahagiaan dan kekecewaan dalam masyarakat serta menemui kesulitan dalam tugas berikutnya. Kesimpulan

14 THANKS FOR YOUR ATTENTION Perkembangan Bimbingan Peserta Didik Kelas 2C


Download ppt "TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK PADA USIA SEKOLAH MENENGAH Disusun Oleh: Taufik Maulana (113070092) Ade Citra Irawanti (113070072) Sholihatul Hisanah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google