Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

WAN (Wide Area Network) adalah jaringan komputer yang mencakup areal yang luas, melintas batas gedung, batas kota, Batas daerah, bahkan batas negara.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "WAN (Wide Area Network) adalah jaringan komputer yang mencakup areal yang luas, melintas batas gedung, batas kota, Batas daerah, bahkan batas negara."— Transcript presentasi:

1

2 WAN (Wide Area Network) adalah jaringan komputer yang mencakup areal yang luas, melintas batas gedung, batas kota, Batas daerah, bahkan batas negara. WAN dapat merupakan koneksi beberapa LAN yang terletak berjauhan sehingga data harus ditransfer melalui jaringan komunikasi.

3 Circuit Switching adalah jaringan simpul-simpul komunikasi yang secara fisik dirancang untuk melaksanakan pemindahan data dari satu simpul ke simpul yang lain sampai tujuan tercapai.

4  Komunikasi jaringan simpul meliputi 3 tahap:  pembanguna circuit, circuit atau jaringan simpull yang akan dilewati dari satu station ke stasion lainnya ditetapkan.  transfer data, data kemudian ditransfer ke circuit ke stasion yang telah ditetapkan.  diskoneksi circuit, setelah semua data slesai ditransfer maka sinyal dirambatka ke simpul 4,5,dan 6 untuk membebaskan simpul tersebut agar bisa dipakai oleh stasion yang lain.

5

6 Paket switching diperkenalkan tahun 1971 melalui proyek ARPA-net, paket switching telah dikembangkan dan masih dimanfaatkan hingga kini terutama pada jaringan internet.

7  Ada dua hal yang menyebabkan “paket switching” diperkenalkan, yaitu:  untuk beberapa koneksi data sebagian besar waktunya berada pada keberadaan idle sehingga pendekatan circuit swittching menjadi tidak efisien.  dalam jaringan circuit switching koneksi yang terjadi memungkunkandilakukannya transmisi pada rate dan yang konstan. Masing masin perangkap yang berhubungan harus bekerja pada rate data yang sama.

8

9  X.25 adalah protokol standar yang diciptakan untuk iterfacing di antara sistem host dan jaringan paket switching, dan standar ini memiliki tiga lapisan:  Lapisan fisik.  Lapisan jalur  Lapisan packet

10 Asynchronous Transfer Mode merupakan interface transfer paket yang efisien, ATM menggunakan paket paket data yang berukuran tertentu yang diseut “cel”. Penggunaan cel ini menghasilkan skema yang efisen untuk pentransmisian pada jaringan berkecepatan tinggi.

11 ATM memiliki cara yang sama dengan packet swutching, ATM melibatkan pentransferan data dalam bentuk potongan potongan yang memiliki ciri ciri tersendiri. ATM memungkinkan koneksi logik multipel dimultpleks melalui sebuah interface fisik tunggal.

12 ATM merupakan protokol yang edisien dengan kemampuan kontrol kesalahan dan kontrol aliran minimal. Hal ini menyebabkan berkurangnya overhead saat pengolahan sel sel ATM sekaligus mengurangi bit bit overhead yang diperukan masing masing sel.

13

14  Model referensi protkol melibatkan tiga taraf yang berbeda:  taraf pemakaian: tersedia untuk transfer informasi pemakai, bersama sama dengan kontrol kontrol yang terkait.  Taraf kontrol: menampilkan fungsi fungsi kontrol panggilan dan kontrol koneksi.  taraf manajemen: menampilkan fungsi fungsi manajemen yang berkaitan dengan sistem secara keseluruhan.

15

16 Beberapa keuntungan dari VCC adalah:  arsitektur jaringan yang sederhana.  kinerja dan keandalan jaringan yang meningkat.  waktu setup koneksi lebih pendek dan waktu pengoahan yang berkurang.  layanan jaringan yang tinggi

17 Frame relay sama halnya dengan ATM, dirancang sedemikian rupa untuk menampilkan skema transisi yang lebih efisien dibanding X.25. standar frame relay muncul lebih awal dibanding ATM, banyak aplikasi komersial yang memanfaatkannya, namun belakangan ketika ATM muncul beberapa aplikasi untuk networking data berkecepatan tinggi berpindah dari frame relay ke ATM

18 kekurangan utama frame relay adalah hilangnya kemampuan flow control dan kontrol kesalahan jalur demi jalur. Kelebihan frame relay adalah adanya proses komunikasi yang ringan, penundaan lebih rendah dan laju penyelesaian yang lebih tinggi, frame relay dapat dipergunakan pada akses dengan kecepatan sampai 2 MBps

19

20 ISDN merupakan hasil penggabungan antara teknologi komunikasi dengan teknologi komputer, dimaksudkan agar jaringan telkomunikasi publik yang mampu memberi layanan terintegrasi, seperti suara, vidio dan data.

21 Chanel chanel ISDN adalah:  Channel B: 64 Kbps  Channel D: 16 atau 64 Kbps  Channel H: 384 Kbps (H0), 1536 K bps (H11), dan 1920 Kbps (H12)

22 Ada layanan akses utama yaitu: BRI (basic rate interface) dan PRI (primary rate interface). BRI menyediakan 2 chanel B dan 1 chanel D, total 192 kbps. PRI menyediakan 23 chanel B dan 1 chanel D (64 Kbps) dengan total 1,544 Mbps, atau 30 chanel B ditambah 1 chanel D (64 Kbps) dengan total 2,048 Mbps.


Download ppt "WAN (Wide Area Network) adalah jaringan komputer yang mencakup areal yang luas, melintas batas gedung, batas kota, Batas daerah, bahkan batas negara."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google