Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TUJUAN DAN SASARAN. Pembahasan Pengertian Perbedaan Tujuan dan Sasaran Jenis Tujuan dan Sasaran Proses Penentuan Tujuan dan Sasaran dalam Organisasi Pentingnya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TUJUAN DAN SASARAN. Pembahasan Pengertian Perbedaan Tujuan dan Sasaran Jenis Tujuan dan Sasaran Proses Penentuan Tujuan dan Sasaran dalam Organisasi Pentingnya."— Transcript presentasi:

1 TUJUAN DAN SASARAN

2 Pembahasan Pengertian Perbedaan Tujuan dan Sasaran Jenis Tujuan dan Sasaran Proses Penentuan Tujuan dan Sasaran dalam Organisasi Pentingnya Tujuan dan Sasaran dalam Organisasi Contoh Tujuan dan Sasaran dalam Organisasi

3 Pengertian Pengertian Tujuan : # Ken Mcelroy Tujuan merupakan langkah pertama dalam proses mencapai kesuksesan dan tujuan juga merupakan kunci mencapai kesuksesan # Jemsly H & Martani H Tujuan merupakan sesuatu yang mungkin untuk dicapai, bukan sesuatu yang utopis # Yayasan Trisakti Tujuan merupakan kunci untuk menentukan atau merumuskan apa yang akan dikerjakan, ketika pekerjaan itu harus dilaksanakan dan disertai pula dengan jaringan politik, prosedur, anggaran serta penentuan program # Tommy Suprapto Tujuan merupakan realisasi dari misi yang spesifik dan dapat dilakukan dalam jangka pendek

4 # Oxford Pocket Dictionary Strategi adalah Seni perang, khususnya perencanaan gerakan pasukan, kapal, dan sebagainya menuju posisi yang layak; rencana tindakan atau kebijakan dalam bisnis atau politik dan sebagainya. # Alfred Chandler (1962) Strategy and Structure, MIT Press, Cambridge, Ma. Penetapan sasaran dan tujuan janngka panjang sebuah perusahaan, dan arah tindakan serta alokasi sumber daya yang diperlukan untuk mencapai sasaran dan tujuan itu. # Amitai Etzioni Sasaran/goal adalah suatu keadaan atau kondisi yang ingin dicapai oleh suatu organisasi, bisa tujuan jangka pendek atau jangka panjang, bisa mencakup organisasi keseluruhan dan bisa mencakup bagian organisasi tertentu, sebagai alat ukur efisiensi dan efektivitas organisasi Pengertian Sasaran :

5 Perbedaan Tujuan dan Sasaran Tujuan merupakan keinginan (intentions or desires), yang bersifat umum dan mengandung pengharapan, dan pencapaiannya jauh dan tak terbatas. Dalam perencanaan komprehensif untuk perkotaan, tujuan berasosiasi dengan keinginan atau harapan jangka panjang (Artikel 3, Branch.dan Robinson, 1968 dalam Achmad Djunaedi, 2002). ”Tujuan" bersifat luas dan umum (broad and general), sedangkan "sasaran" bersifat lebih rinci dan memperlihatkan langkah atau gerakan menuju pencapaian tujuan (Artikel 1, McLoughlin, 1969 dalam Achmad Djunaedi, 2002).

6 Jenis Tujuan dan Sasaran Menurut Davis, ada 3 jenis tujuan : 1.Tujuan primer, berupa nilai ekonomis yang diberikan baik langsung ataupun tak langsung kepada masyarakat dalam bentuk pembuatan barang dan jasa yang diperlukan. 2.Tujuan kolateral, nilai umum dalam pengertian yang luas demi kebaikan masyarakat 3.Tujuan sekunder, berkenaan dengan nilai ekonomis dan efektivitas dalam pencapaian tujuan di atas. Jenis sasaran, ada 3 yaitu : 1.Sasaran Resmi 2.Sasaran Yang Sebenarnya Diinginkan (Operative Goal)

7 Proses Penentuan Tujuan dan Sasaran dalam Organisasi Menurut McLoughlin (1969), tahapan perumusan tujuan: 1.Pengumpulan aspirasi klien 2.Perumusan tujuan dan sasaran antar para profesional 3.Presentasi dan diskusi/dialog dengan klien Iterasi terus sampai tercapai kesepakatan (konsensus).

8 Pentingnya Tujuan dan Sasaran dalam Organisasi Pentingnya penetapan tujuan : ”Tanpa penetapan tujuan, pencapaian visi hanyalah sebuah impian” Pentingnya penetapan sasaran : “Sasaran memandu manajemen membuat keputusan dan membuat kriteria untuk mengukur suatu pekerjaan”

9 Contoh Tujuan dan Sasaran dalam Organisasi Badan Lingkungan Hidup Daerah Kota Makassar TUJUAN Badan Lingkungan Hidup Daerah Kota Makassar dalam mewujudkan misinya perlu menetapkan tujuan sebagai berikut: 1.terbentuknyanya motivator dan kepeloporan dalam bidang lingkungan hidup disetiap kelurahan; 2.Tersedianya rumusan kebijakan teknis pelaksanaan pengawasan dan pengendalian serta pengelolaan lingkungan hidup; 3.Terwujudnya potensi sumber daya aparat dalam pencapaian tujuan organisasi secara efektif dan efisien; 4.meningkatnya kualitas lingkungan hidup kota; 5.Terjalinnya koordinasi sistem pengelolaan lingkungan hidup yang sinergitas dengan instansi lainnya.

10 Badan Lingkungan Hidup Daerah Kota Makassar SASARAN STRATEJIK 1.Fasilitasi pembentukan motivator dan pelopor bidang lingkungan hidup; 2.Tersedianya regulasi kebijakan dan teknis pelaksanaan pengawasan dan pengendalian serta pengelolaan lingkungan hidup; 3.Pelatihan, pembangan data dan informasi dibidang lingkungan hidup guna peningatan sdm aparatur; 4.Penghijauan, dan pelestarian sumberdaya alam hayati baik pesisir/laut dan menekan pencemaran kerusakan 5.Koordinasi sistem pengelolaan lingkungan hidup yang antar instansi, anatar wilayah dan instansi pusat secara berkesinambungan. 6.Terbentuknya kemitraan yang harmonis dengan seluruh lapisn masyarakat dan swasata salam pengelolaan lingkungan hidup.

11 Terima Kasih


Download ppt "TUJUAN DAN SASARAN. Pembahasan Pengertian Perbedaan Tujuan dan Sasaran Jenis Tujuan dan Sasaran Proses Penentuan Tujuan dan Sasaran dalam Organisasi Pentingnya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google