Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ASAL USUL BAHASA Sri Wiyanti, S.S., M. Hum.. Asal usul Munculnya Bahasa Pertanyaan atas asal-usul bahasa sudah dikemukakan pada peradaban Yunani Kuno,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ASAL USUL BAHASA Sri Wiyanti, S.S., M. Hum.. Asal usul Munculnya Bahasa Pertanyaan atas asal-usul bahasa sudah dikemukakan pada peradaban Yunani Kuno,"— Transcript presentasi:

1 ASAL USUL BAHASA Sri Wiyanti, S.S., M. Hum.

2 Asal usul Munculnya Bahasa Pertanyaan atas asal-usul bahasa sudah dikemukakan pada peradaban Yunani Kuno, yaitu pada zaman Socrates. Para ahli bahasa dan filsuf berpendapat dan menciptakan berbagai teori atas kemunculan bahasa.

3 Pendapat yang diungkapkan para filsuf tersebut tidak didukung oleh data empiris. Tidak ada data tertulis dan rekaman yang tertinggal di antara tulang belulang nenek moyang yang bisa memberi tahu bagaimana wujud bahasa pertama kali. Maka dari itu pendapat para filsuf terhadap asal usul bahasa bersifat spekulatif karena tidak ditunjang oleh data empiris.

4 Salah satu contoh spekulasi  Pada abad ke-17,seorang filolog Swedia mengungkapkan di Taman Eden (Surga Firdaus) Tuhan berbahasa Swedia, Adam berbahasa Denmark, dan pembantu berbahasa Perancis.

5  Sampai abad pertengahan banyak orang percaya awalnya bahasa di dunia ini hanya satu, yaitu bahasa Ibrani. Kemudian karena orang- orang banyak berdosa maka Tuhan menghukum mereka dengan memberinya berbagai bahasa yang berbeda agar mereka susah berhubungan (mite Menara Babil)

6 Teori Asal Mula Bahasa  Teori Tekanan Sosial  Onomatopetik  Interyeksi  Nativistik  Yo-He-Ho  Isyarat  Permainan vokal  Isyarat Oral  Kontrol Sosial  Kontak  Hockett-Asher

7  Teori Tekanan Sosial (The Social Presure Theori) Dikemukakan oleh Adam Smith Teori ini bertolak dari anggapan bahasa manusia muncul karena manusia primitif (hominoid) dihadapkan pada kebutuhan saling memahami. Ketika mereka ingin mengungkapkan sesuatu mereka mengeluarkan bunyi-bunyi tertentu.

8  Teori Onomatopetik (tiruan bunyi alam) Dikemukakan oleh Johann Gotfried Herder Teori ini mengungkapkan bahwa objek- objek diberi nama sesuai dengan bunyi- bunyi yang dihasilkan oleh objek tersebut. Contoh tokek, cicit, embik (b. Indonesia) Teori ini oleh Max Muller dinamakan teori bow-wow (bunyi salak anjing).

9 Teori ini mendapat bantahan karena kurang meyakinkan. Suara yang sama sering kali ditafsirkan secara berbeda oleh orang yang berlainan bahasa. Contoh Dalam menirukan bunyi kokok ayam jantan, Jawa kukuruyuk Sunda kongkorongok Inggris cook-a-doodle-doo Spanyolcocorico Italiachichirichi Onomatope dibuat berdasarkan pola sistem bahasa tertentu.

10  Teori Interjeksi (interjection theory) Teori interjeksi dijuluki dengan nama teori pooh-pooh Teori ini bertolak dari asumsi bahasa lahir dari ujaran-ujaran instinktif karena tekanan- tekanan batin, perasaan mendalam, dan rasa sakit yang dialami manusia. Seandainya pendapat ini benar, maka kita dapat menduga bunyi uuh timbul karena konotasi rasa orang yang menderita.

11  Teori Nativistik (Tipe Fonetik)  Dikemukakan oleh Max Muller yang menolak teori onomatopetik dan interjeksi.  Berdasarkan pada asumsi tiap barang akan mengeluarkan bunyi kalau dipukul. Berdasarkan bunyi-bunyi tersebut manusia meresponnya melalui ekspresi artikulatoris yang separuhnyabberbentuk vokal, dalam hal ini berbentuk tipe-tipe fonetik tertentu.  Teori ini termasuk bunyi-bunyi benturan, hembusan, dan sejenisnya

12  Teori Yo-He-Ho Teori ini memandang bahwa bahasa muncul sebagai bunyi-bunyi seruan yang muncul bersamaan dengan upaya fisik yang cukup kuat. Bunyi dari orang-orang yang terlibat dalam suatu kegiatan dapat menjadi sumber bahasa. untuk memberi semangat pada sesamanya, mereka akan mengucapkan bunyi-bunyi khas.

13  Teori Isyarat  Diajukan oleh Wilhelm Wundt dengan berdasarkan pada hukum psikologi, yaitu tiap perasaan manusia mempunyai bentuk ekspresi yang khusus.  Tiap ekspresi akan mengungkapkan perasaan tertentu yang dialami seseorang hingga memunculkan bahasa isyarat.  Bahasa isyarat timbul dari emosi dan gerakan-gerakan ekspresif

14  Teori Permainan Vokal  Dikemukakan oleh Jespersen  Bahasa manusia pada mulanya berwujud senandung dan dengungan berupa permainan vokal yang diujarkan oleh alat-alat ujar.

15  Teori Kontrol Sosial  Dikemukakan oleh Grace Andrus de Laguna  Bahasa merupakan upaya yang mengoordinasikan dan menghubungkan macam-macam kegiatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.

16  Teori Kontak  Dikemukakan oleh G. Revesz  Teori ini menyerupai teori kontrol sosial  Hubungan-hubungan sosial pada makhluk- makhluk hidup memperlihatkan bahwa kebutuhan untuk mengadakan kontak satu dengan yang lainnya (kontak spasial, kontak emosional, dan kontak intelektual)  Bahasa tumbuh dari bunyi ekspresif lalu berkembang menjadi bunyi kontak

17  Teori Hockett-Ascher  Bersumber pada hasil-hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh peneliti sebelumnya.  Sebuah bahasa lahir dari sebuah sistem call (panggilan) yang memunculkan sebuah teriakan-prabahasa-bahasa.


Download ppt "ASAL USUL BAHASA Sri Wiyanti, S.S., M. Hum.. Asal usul Munculnya Bahasa Pertanyaan atas asal-usul bahasa sudah dikemukakan pada peradaban Yunani Kuno,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google