Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Emosi Stefanus T.625100006 A. Ivan625100007 Lucky G.625100022.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Emosi Stefanus T.625100006 A. Ivan625100007 Lucky G.625100022."— Transcript presentasi:

1 Emosi Stefanus T A. Ivan Lucky G

2 Definisi  Emosi adalah perasaan intens yang ditujukan kepada seseorang atau sesuatu.  Emosi adalah reaksi terhadap seseorang atau kejadian.  Emosi dapat ditunjukkan ketika merasa senang mengenai sesuatu, marah kepada seseorang, ataupun takut terhadap sesuatu.

3  Emosi adalah respon psikologi yang meliputi tiga aspek: 1. Rangsangan Fisiologis 2. Perilaku Ekspresif 3. Pengalaman Sadar

4 Rangsangan Fisiologis  Adalah keadaan emosi seseorang yang berkaitan dengan gairah, nafsu, semangat, atau motivasi.  Emosi-emosi tersebut dapat memepengaruhi kinerja seseorang misalnya dalam mengerjakan atau meningat sesuatu.

5 Perilaku Ekspresif  Adalah proses komunikasi dimana pesan disampaikan tidak menggunakan kata- kata.  Contoh komunikasi nonverbal ialah menggunakan gerak isyarat, bahasa tubuh, ekspresi wajah dan kontak mata.

6  Penggunaan objek seperti pakaian, potongan rambut, dan sebagainya, simbol-simbol, serta cara berbicara seperti intonasi, penekanan, kualitas suara, gaya emosi, dan gaya berbicara.

7

8

9  Budaya asal seseorang amat menentukan bagaimana orang tersebut berkomunikasi secara nonverbal.  Contoh, orang dari budaya Oriental cenderung menghindari kontak mata langsung, sedangkan orang Timur Tengah, India, dan Amerika Serikat biasanya menganggap kontak mata penting untuk menunjukkan keterpercayaan, dan orang yang menghindari kontak mata dianggap tidak dapat dipercaya.

10 Pengukuran Emosi  Emosi dapat diukur dengan menggunakan alat melalui perubahan- perubahan fisiologik.  Alat yang digunakan 1. Psikogalvanometer 2. Sphygmomanometer 3. Lie Detector

11 Psikogalvanometer  Alat ini mengukur GSR (Galvanic Skin Response). Tujuannya untuk melihat adanya perubahan elektris pada permukaan kulit.

12 Sphygmomanometer  Alat ini mengukur tekanan darah yang terjadi pada orang.  Menurut Blate, dalam percobaannya menemukan bahwa orang yang terkejut  ternyata tekanan darahnya meningkat, maka Blate mengambil kesimpulan à pada saat orang mengalami emosi, tekanan darahnya meningkat.

13

14 Lie Detector  Sering digunakan untuk meneliti kejahatan-kejahatan.  Pada mulanya pertanyaan yang netral terhadap kejahatan, dan di antara pertanyaan tersebut secara tiba-tiba diselipkan pertanyaan yang berhubungan dengan kejahatan yang dicurigakan.

15

16 Pengalaman Sadar  Menurut Prosiding National Academy of Sciences dari Amerika Serikat, ada enam emosi dasar yaitu takut, marah, sedih, bahagia, jijik, dan terkejut.

17 Ketakutan  Ketakutan adalah suatu tanggapan emosi terhadap ancaman.  Takut adalah suatu mekanisme pertahanan hidup dasar yang terjadi sebagai respons terhadap suatu stimulus tertentu, seperti rasa sakit atau ancaman bahaya.

18 Kemarahan  Kemarahan adalah suatu emosi yang secara fisik mengakibatkan antara lain peningkatan denyut jantung, tekanan darah, serta tingkat adrenalin.  Ekspresi luar dari kemarahan dapat ditemukan dalam bentuk raut muka, bahasa tubuh, respons psikologis, dan kadang-kadang tindakan agresi publik.

19  Marah adalah suatu pola perilaku yang dirancang untuk memperingatkan pengganggu untuk menghentikan perilaku mengancam mereka.  Meskipun sebagian besar pelaku menjelaskan bahwa rasa marah timbul karena "apa yang telah terjadi pada mereka," ahli psikologi menunjukkan bahwa orang yang marah sangat mungkin melakukan kesalahan karena kemarahan menyebabkan kehilangan kemampuan pengendalian diri dan penilaian objektif.

20 Kesedihan  Kesedihan adalah suatu emosi yang ditandai oleh perasaan tidak beruntung, kehilangan, dan ketidakberdayaan.  Saat sedih, manusia sering menjadi lebih diam, kurang bersemangat, dan menarik diri.

21  Kesedihan dapat juga dipandang sebagai penurunan suasana hati sementara, sementara depresi sering dicirikan dengan penurunan suasana hati yang presisten dan besar yang kadang disertai dengan gangguan terhadap kemampuan seseorang untuk melakukan kegiatan hariannya.

22 Kebahagiaan  Kebahagiaan atau kegembiraan adalah suatu keadaan pikiran atau perasaan yang ditandai dengan kesenangan, cinta, kepuasan, kenikmatan, atau kegembiraan.

23 Jijik  Jijik, kebencian atau jijik adalah suatu emosi biasanya terkait dengan hal-hal yang dianggap tidak bersih, tidak termakan, atau menular.  Rasa ini menimbulkan suatu ekspresi wajah khas, satu di antara enam ekspresi wajah universal untuk emosi.  Berbeda dengan ketakutan, kemarahan, atau kesedihan, rasa jijik dikaitkan dengan menurunnya denyut jantung.

24 Terkejut  Menurut Dr.Bradley Nelson, Terkejut adalahSebuah gangguan mendadak atau kekerasan emosi atau perasaan ekstrim kejutan, merasa trauma atau pingsan.

25 Faktor faktor emosi dan suasana hati :  Kepribadian  Hari dalam seminggu dan waktu dalam sehari  Cuaca  Stress  Aktivitas sosial  Tidur  Olahraga  Usia  gender

26 DesainGrafisDan DayaTarikEmosional  Daya tarik Emosional berhubungan dengan kebutuhan psikologis konsumen untuk membeli suatu produk.  Banyak konsumen termotivasi untuk memngambil keputusan dan membeli suatu produk karena emosional dan perasaaan terhadap merek dapat menjadi lebih penting daripada pengetahuan terhadap atribut dan pernik-pernik produk tersebut.

27  Para pengiklan percaya bahwa daya tarik emosional lebih baik untuk menjual merek daripada daya tarik rasional. Dengan desain grafis yang baik daya tarik emosional semakin hidup. Perusahaan-perusahaan lain menggunakan daya tarik emosi untuk mengeksekusi pesan iklannya.

28 Terima Kasih


Download ppt "Emosi Stefanus T.625100006 A. Ivan625100007 Lucky G.625100022."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google