Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Perguruan Tinggi Asia SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI Kampus Pusat : Jl.Sukarno Hatta-Rembuksari 1 A, Malang Telp. 0341 478877 Kampus 2 : Jl. Borobudur No.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Perguruan Tinggi Asia SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI Kampus Pusat : Jl.Sukarno Hatta-Rembuksari 1 A, Malang Telp. 0341 478877 Kampus 2 : Jl. Borobudur No."— Transcript presentasi:

1 Perguruan Tinggi Asia SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI Kampus Pusat : Jl.Sukarno Hatta-Rembuksari 1 A, Malang Telp Kampus 2 : Jl. Borobudur No. 21, Malang Telp Oleh : Kelompok V 1. Devin Hariyanti( ) 2. Diyah Intan Wahyuningtyas( ) 3. Maulidia Wulan Anggraini ( ) 4. M. Samsul Hadi( )

2 Personality Development HANDLING FEAR

3 Definisi Ketakutan adalah suatu tanggapan emosi terhadap ancaman Takut adalah suatu mekanisme pertahanan hidup dasar yang terjadi sebagai respons terhadap suatu stimulus tertentu, seperti : Rasa sakit atau ancaman bahaya. Takut adalah salah satu dari emosi dasar, selain kebahagiaan, kesedihan, dan kemarahan.

4 1.Bagaimana mengatasi rasa takut karena konflik, kehilangan identitas, dan kurangnya keamanan ?Bagaimana mengatasi rasa takut karena konflik, kehilangan identitas, dan kurangnya keamanan ? 2. Bagaimana menggunakan rasa takut sebagai alat motivasi ?Bagaimana menggunakan rasa takut sebagai alat motivasi ? 3. Apa saja jenis ketakutan dan cara menanganinya ?Apa saja jenis ketakutan dan cara menanganinya ? 4. Bagaimana mengelola emosional takut melalui kepercayaan diri ?Bagaimana mengelola emosional takut melalui kepercayaan diri ? 5. Apa akar penyebab takut dan artinya bagi kemajuan diri ?Apa akar penyebab takut dan artinya bagi kemajuan diri ? 6. Bagaimana membangun ketahanan diri untuk mengatasi rasa takut ?Bagaimana membangun ketahanan diri untuk mengatasi rasa takut ?

5 Mengatasi Takut Karena Konflik, Kehilangan Identitas, Kurangnya Keamanan. Ketakutan benar-benar alami dan membantu orang untuk mengenali dan merespon situasi berbahaya dan ancaman. Namun, rasa takut yang sehat atau ketakutan yang memiliki fungsi pelindung dapat berkembang menjadi rasa takut yang tidak sehat atau patologis, yang dapat menyebabkan perilaku berlebihan dan kekerasan. Rasa takut pun bisa disebabkan karena berbagai macam konflik, baik konflik dalam keluarga, konflik batin, konflik sosial, dan konflik-konflik dari segi lainnya.

6 Secara umum yang dapat mengatasi suatu konflik adalah: 1.BerdoaBerdoa 2.Latihan pernafasan secara teraturLatihan pernafasan secara teratur 3.Ciptakan kondisi psikologi yang meyakinkanCiptakan kondisi psikologi yang meyakinkan 4.Sugesti positif kepada diri sendiriSugesti positif kepada diri sendiri 5.Pastikan dalam keadaan sehat dan primaPastikan dalam keadaan sehat dan prima 6.Periksakan diri kita kepada Psikiater atau Dokter Jiwa setempat.Periksakan diri kita kepada Psikiater atau Dokter Jiwa setempat.

7 Menggunakan Rasa Takut Sebagai Alat Motivasi Rasa takut dapat berhubungan dengan motivasi. Terkadang karena ketakutannya akan suatu hal, orang akan berusaha agar ketakutannya tersebut tidak menjadi kenyataan yaitu dengan cara menemukan cara mengatasi, mempelajari, dan berusaha untuk itu. seorang siswa yang takut mendapat nilai D, maka ia akan berusaha belajar sehingga nilai yang didapatnya menjadi lebih baik. Ketika ketakutan itu bisa diapresiasikan dengan cara yang benar, maka akan menciptakan suatu hal yang positif.

8 Jenis Ketakutan Dan Cara Menanganinya. 1.Ketakutan yang nyata, atau takut didasarkan pada situasi nyata. 2.Ketakutan yang realistis 3. Berlebihan atau emosional takut berhubungan dengan individu Dr. Ivan Kos menjabarkan tahapan yang berbeda dari rasa takut.

9 Cara untuk menangani rasa takut 1.Menyadari hal itu. 2.Mengidentifikasi cara-cara Anda mengekspresikan rasa takut. 3.Mengakui situasi yang memicu rasa takut. 4.menggunakan teknik perilaku untuk mengurangi rasa takut dan stres.

10 Mengelola Emosional Takut Melalui Kepercayaan Diri Percaya diri merupakan salah satu cara menciptakan ketahanan diri. Sedangkan ketahanan diri sendiri merupakan cara lain untuk mengatasi rasa takut. kepercayaan diri berhubungan dengan cara pengatasan rasa takut

11 Lalu bagaimana cara kita bisa mengelola emosional takut kita dengan keperayaan diri Mulai mengenal diri kita sendiri,memulai dari sugesti yang baik bahwa kita bisa dan memiliki rasa yakin akan kemampuan diri ?

12 Akar Penyebab Takut Dan Artinya Bagi Kemajuan Diri Rasa takut yang di alami individu dipengaruhi beberapa hal antara lain: 1.Konflik yang terjadi 2.Kehilangan identitas 3. Kurangnya rasa aman

13 Membangun Ketahanan Diri Untuk Mengatasi Rasa Takut Ketahanan diri yang dimaksud adalah mencoba bertahan dan berusaha melawan rasa takut yang ada. Dengan ketahanan diri yang kuat akan membantu kita untuk mengatasi rasa takut, sehingga hal ini juga merupakan hal penting untuk dipertahankan, ditumbuhkan, atau bahkan dilatih.

14 Cara yang dapat dilakukan untuk dapat menciptakan ketahanan diri, yaitu : Berani mencoba hal baru yang bersifat positif Belajar menyukai dan mencoba tantangan Percaya diri Selalu berpikir diri mampu dan bisa Tidak mudah menyerah

15 Kesimpulan ketakutan ialah berasal dari sugesti pikiran kita yang berpikir hal-hal negatif yang seharusnya kita tidak pikirkan dan hal itulah yang menyebabkan rasa takut pada seseorang.

16

17

18

19 Berdoa dapat membuat pikiran kita menjadi tenang dan kualitas perilaku kita menjadi lebih baik dari sebelumnya karena adanya keyakinan untuk menghadapi seluruh hal dan masalah yang dihadapi sesuai keyakinan yang dianut, berdoa sebagai cara pertama tindakan preventif untuk menghadapi rasa takut.

20 Latihan pernafasan secara teratur Fungsinya hampir dengan berdoa, tapi ini dilakukan melalui latihan teknik pernafasan yang teratur dan rutin dilakukan sehingga membuat fungsi homeostatis tubuh menjadi stabil dan terkendali

21 Ciptakan kondisi psikologi yang meyakinkan untuk menciptakan homeostatis tubuh yang stabil dan terkendali, tapi ini dilakukan dengan mengandalkan fungsi otak yaitu fungsi emosi dan fungsi pembelajaran motorik sehingga menghasilkan pemikiran positif dan menyenangkan bagi kondisi psikologi kognitif seseorang sehingga melalui Neuotransmiter yang mengirim sinyal positif menuju otak dapat membuat fungsi homeostatis tubuh terkendali,

22 Sugesti positif kepada diri sendiri "Bahwa tidak ada hal yang perlu ditakuti karena sekalipun hal yang ditakuti tersebut terjadi maka itu tidak membuat dunia kiamat dan tidak membuat diri kita terancam keselamatannya". Pikirkan hal tersebut berulang-ulang dan jadikan pegangan hidup kemanapun kita berada, dampaknya adalah otak dapat merespon suatu sinyal positif yang berpengaruh terhadap psikologi kognitif diri kita serta terkendalinya fungsi jantung dan tekanan darah.

23 Pastikan dalam keadaan sehat dan prima ketika rasa takut mulai menghantui kita, pastikan fisik kita baik-baik saja melalui Medical Check-up yang rutin sebelum kita memulai suatu aktifitas atau kegiatan yang cukup berpotensi menghadirkan rasa khawatir atau ketakutan berlebihan sehingga dapat mengancam keselamatan jiwa secara tidak langsung.

24 Periksakan diri kita kepada Psikiater atau Dokter Jiwa setempat Apabila mengalami atau merasakan suatu kegundahan atau ketakutan hebat yang tidak beralasan atau tidak tampak secara kasat mata atas satu atau lebih objek disekitar kita sehingga hal tersebut menggangu aktifitas keseharian kita dalam menjalin hubungan sosialisasi antara diri kita dengan sesama. Rasa takut pun bisa disebabkan ketika orang merasa bahwa ia kehilangan jati dirinya, dimana dikatakan bahwa dia tidak mengerti bagaimana cara mengenali diri sendiri.


Download ppt "Perguruan Tinggi Asia SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI Kampus Pusat : Jl.Sukarno Hatta-Rembuksari 1 A, Malang Telp. 0341 478877 Kampus 2 : Jl. Borobudur No."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google