Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-4 M.SUYANTO www.msuyanto.com.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-4 M.SUYANTO www.msuyanto.com."— Transcript presentasi:

1 TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-4 M.SUYANTO

2 ARCHETYPES Perjalanan dihuni oleh archetypes merupakan fungsi dasar yang cenderung muncul dalam setiap cerita. Mereka mempunyai pola berulang dari perilaku manusia, dilambangkan oleh jenis standar karakter dalam film dan cerita: HEROES SHADOWS MENTORS HERALDS THRESHOLD GUARDIANS SHAPESSHIFTERS TRICKSTERS ALLIES PARENT CHILD

3 HERO Tokoh sentral dalam cerita. Setiap orang adalah pahlawan untuk ceritanya sendiri. Hero adalah seseorang yang bersedia mengorbankan kebutuhan sendiri atas nama orang lain, seperti seorang gembala yang akan mengorbankan untuk melindungi dan melayani kawanannya. Fungsi Psikologis : Perjalanan dari banyak Hero adalah kisah perpisahan dari keluarga atau suku, setara dengan pengertian pemisahan anak dari ibu dan akhirnya menemukan keluarga, suku, atau ibunya kembali. Hero berpikir bahwa ego terpisah dari semua bagian dari dirinya sendiri, menyatukan ego yang terpisah tersebut untuk menjadi diri sendiri yang utuh dan lengkap.

4

5 Fungsi Dramatis : Identifikasi Penonton : Setiap orang yang mendengar cerita atau menonton sebuah drama atau film, diundang pada tahap awal dari cerita, untuk mengidentifikasi Hero, untuk bergabung dengan dia dan melihat dunia dari cerita melalui matanya Tumbuh : Fungsi lain dari Hero adalah belajar atau tumbuh Action : Hero biasanya adalah orang yang paling aktif dalam script. Berkorban : Hero sebagai yang kuat atau berani, tapi kualitas ini sekunder dibandingkan berkorban - tanda sejati seorang Hero Menghadapi Kematian : Hero sejati ditunjukkan dalam cerita ketika menawarkan diri, bersedia mengambil resiko bahwa pencarian mereka untuk petualangan dapat menyebabkan bahaya, kehilangan, atau kematian. Kekurangan : Kelemahan, ketidaksempurnaan, sesuatu yang asing dan tak diharapkan dan kejahatan yang tiba-tiba membuat Hero atau karakter lebih nyata dan menarik.

6

7

8 MENTOR Pemandu atau yang membantu atau yang melatih pahlawan, misalnya Prof. Dumbledorf, FUNGSI PSIKOLOGIS: Dalam anatomi jiwa manusia, Mentor mewakili diri, hati nurani, bimbingan Tuhan, aspek kepribadian yang terhubung dengan segala sesuatu. Diri yang lebih tinggi adalah lebih bijaksana, lebih mulia, lebih mengikuti tuntunan Tuhan bagian dari kita. Mentor adalah sering mantan pahlawan yang memiliki penglaman selamat dari ujian awal kehidupan dan sekarang menyampaikan karunia pengetahuan dan kebijaksanaan. Pola dasar Mentor terkait erat dengan citra orang tua.

9 FUNGSI DRAMATIS : Pengajaran : Memberi pengajaran dan pelatihan Pemberi hadiah : memberikan beberapa hadiah, berupa doa, senjata sihir, kunci penting atau petunjuk, beberapa obat magis atau makanan, atau sepotong nasihat yang menyelamatkan jiwa. Inventor : sebagai ilmuwan atau penemu, yang hadiahnya perangkat, desain, atau penemuan. Hati nurani : sebagai hati nurani Hero Motivasi : memotivasi pahlawan, dan membantunya mengatasi rasa takut. Menanam : sering menanam informasi atau sebuah model yang akan menjadi penting kemudian.

10

11

12 THRESHOLD GUARDIAN Kekuatan yang berdiri di jalan pada titik-titik balik yang penting, termasuk musuh yang cemburu, penjaga gerbang yang profesional, atau ketakutan dan keraguan Anda sendiri, biasanya bukan penjahat utama atau antagonis di cerita. FUNGSI PSIKOLOGIS : Threshold Guardian ini dapat mewakili hambatan yang biasa kita hadapi di dunia sekitar kita: cuaca buruk, nasib buruk, prasangka, penindasan, atau orang yang bermusuhan. Pada tingkat psikologis yang lebih dalam, Threshold Guardian merupakan bagian perilaku dari setan (bisikan jahat) internal: ketakuan dan perilaku yang tidak masuk akal (neurosis), bekas luka emosional, keburukan, dependensi, dan keterbatasan diri sendiri yang menahan pertumbuhan dan kemajuan.

13 FUNGSI DRAMATIS : Ujian : Pengujian pahlawan adalah fungsi dramatis utama Threshold Guardian. Ketika pahlawan menghadapi salah satu dari Threshold Guardian ini, mereka harus memecahkan teka-teki atau lulus ujian. Sinyal dari kekuatan baru : Pahlawan sukses belajar mengenali Threshold Guardian musuh yang tidak mengancam, tetapi sebagai Sekutu berguna dan indikator awal bahwa kekuasaan baru atau kesuksesan akan datang. Threshold Guardian yang muncul untuk menyerang mungkin sebenarnya akan membantu pahlawan menjadi besar.

14

15 HERALD HERALD: Seseorang atau peristiwa yang membawa panggilan untuk melakukan petualangan FUNGSI PSIKOLOGIS : HERALD memiliki fungsi psikologis penting dari pernyataan yang dibutuhkan untuk melakukan perubahan. Sesuatu yang jauh di dalam diri kita yang mengetahui kapan kita siap untuk berubah dan mengirim kita sebagai messenger. FUNGSI DRAMATIS : HERALD memberikan motivasi, menawarkan pahlawan tantangan, dan membuat cerita bergulir. Mereka mengingatkan pahlawan (dan penonton) bahwa perubahan dan petualangan telah datang.

16

17 SHADOWS SHADOWS : Penjahat, antagonis atau musuh, mungkin musuh dari dalam. Sisi gelap dari Kekuatan, kemungkinan menindas pahlawan, dia mempunyai potensi untuk kejahatan. Bisa jenis lain dari penindasan, seperti tekanan kesedihan, kemarahan, frustrasi atau kreativitas yang berbahaya jika tidak memiliki jalan keluar. FUNGSI PSIKOLOGIS : SHADOW dapat mewakili kekuatan perasaan tertekan. Dalam trauma atau rasa bersalah bisa bernanah ketika dibuang ke kegelapan alam bawah sadar, dan emosi tersembunyi atau ditolak dapat berubah menjadi sesuatu yang mengerikan yang ingin menghancurkan kita FUNGSI DRAMATIS: Fungsi dari Shadow dalam drama adalah untuk menantang pahlawan dan memberinya lawan yang layak dalam perjuangan. Shadow menciptakan konflik dan membawa keluar yang terbaik pada pahlawan dengan menempatkan dirinya dalam situasi yang mengancam jiwanya.

18

19


Download ppt "TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-4 M.SUYANTO www.msuyanto.com."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google