Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PRA PRODUKSI- 3A M.SUYANTO www.msuyanto.com. ARCHETYPES Perjalanan dihuni oleh archetypes merupakan fungsi dasar yang cenderung muncul dalam setiap cerita.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PRA PRODUKSI- 3A M.SUYANTO www.msuyanto.com. ARCHETYPES Perjalanan dihuni oleh archetypes merupakan fungsi dasar yang cenderung muncul dalam setiap cerita."— Transcript presentasi:

1 PRA PRODUKSI- 3A M.SUYANTO

2 ARCHETYPES Perjalanan dihuni oleh archetypes merupakan fungsi dasar yang cenderung muncul dalam setiap cerita. Mereka mempunyai pola berulang dari perilaku manusia, dilambangkan oleh jenis standar karakter dalam film dan cerita: HEROES SHADOWS MENTORS HERALDS THRESHOLD GUARDIANS SHAPESSHIFTERS TRICKSTERS ALLIES PARENT CHILDREN

3 1. PAHLAWAN (HERO) Tokoh sentral dalam cerita. Setiap orang adalah pahlawan untuk ceritanya sendiri. Hero adalah seseorang yang bersedia mengorbankan kebutuhan sendiri atas nama orang lain, seperti seorang gembala yang akan mengorbankan untuk melindungi dan melayani kawanannya. Fungsi Psikologis : Perjalanan dari banyak Hero adalah kisah perpisahan dari keluarga atau suku, setara dengan pengertian pemisahan anak dari ibu dan akhirnya menemukan keluarga, suku, atau ibunya kembali. Hero berpikir bahwa ego terpisah dari semua bagian dari dirinya sendiri, menyatukan ego yang terpisah tersebut untuk menjadi diri sendiri yang utuh dan lengkap.

4 1. HERO Fungsi Dramatis : Identifikasi Penonton : Setiap orang yang mendengar cerita atau menonton sebuah drama atau film, diundang pada tahap awal dari cerita, untuk mengidentifikasi Hero, untuk bergabung dengan dia dan melihat dunia dari cerita melalui matanya Tumbuh : Fungsi lain dari Hero adalah belajar atau tumbuh Action : Hero biasanya adalah orang yang paling aktif dalam script. Berkorban : Hero sebagai yang kuat atau berani, tapi kualitas ini sekunder dibandingkan berkorban - tanda sejati seorang Hero Menghadapi Kematian : Hero sejati ditunjukkan dalam cerita ketika menawarkan diri, bersedia mengambil resiko bahwa pencarian mereka untuk petualangan dapat menyebabkan bahaya, kehilangan, atau kematian. Kekurangan : Kelemahan, ketidaksempurnaan, sesuatu yang asing dan tak diharapkan dan kejahatan yang tiba-tiba membuat Hero atau karakter lebih nyata dan menarik.

5 2. PEMBIMBING (MENTOR) Pemandu atau yang membantu atau yang melatih pahlawan, misalnya Prof. Dumbledorf, FUNGSI PSIKOLOGIS: Dalam anatomi jiwa manusia, Mentor mewakili diri, hati nurani, bimbingan Tuhan, aspek kepribadian yang terhubung dengan segala sesuatu. Diri yang lebih tinggi adalah lebih bijaksana, lebih mulia, lebih mengikuti tuntunan Tuhan bagian dari kita. Mentor adalah sering mantan pahlawan yang memiliki penglaman selamat dari ujian awal kehidupan dan sekarang menyampaikan karunia pengetahuan dan kebijaksanaan. Pola dasar Mentor terkait erat dengan citra orang tua.

6 2. MENTOR FUNGSI DRAMATIS : Pengajaran : Memberi pengajaran dan pelatihan Pemberi hadiah : memberikan beberapa hadiah, berupa doa, senjata sihir, kunci penting atau petunjuk, beberapa obat magis atau makanan, atau sepotong nasihat yang menyelamatkan jiwa. Inventor : sebagai ilmuwan atau penemu, yang hadiahnya perangkat, desain, atau penemuan. Hati nurani : sebagai hati nurani Hero Motivasi : memotivasi pahlawan, dan membantunya mengatasi rasa takut. Menanam : sering menanam informasi atau sebuah model yang akan menjadi penting kemudian.

7 3. THRESHOLD GUARDIAN Kekuatan yang berdiri di jalan pada titik-titik balik yang penting, termasuk musuh yang cemburu, penjaga gerbang yang profesional, atau ketakutan dan keraguan Anda sendiri, biasanya bukan penjahat utama atau antagonis di cerita. FUNGSI PSIKOLOGIS : Threshold Guardian ini dapat mewakili hambatan yang biasa kita hadapi di dunia sekitar kita: cuaca buruk, nasib buruk, prasangka, penindasan, atau orang yang bermusuhan. Pada tingkat psikologis yang lebih dalam, Threshold Guardian merupakan bagian perilaku dari setan (bisikan jahat) internal: ketakuan dan perilaku yang tidak masuk akal (neurosis), bekas luka emosional, keburukan, dependensi, dan keterbatasan diri sendiri yang menahan pertumbuhan dan kemajuan.

8 FUNGSI DRAMATIS : Ujian : Pengujian pahlawan adalah fungsi dramatis utama Threshold Guardian. Ketika pahlawan menghadapi salah satu dari Threshold Guardian ini, mereka harus memecahkan teka-teki atau lulus ujian. Sinyal dari kekuatan baru : Pahlawan sukses belajar mengenali Threshold Guardian musuh yang tidak mengancam, tetapi sebagai Sekutu berguna dan indikator awal bahwa kekuasaan baru atau kesuksesan akan datang. Threshold Guardian yang muncul untuk menyerang mungkin sebenarnya akan membantu pahlawan menjadi besar.

9 4. PEMICU (HERALD) HERALD: Seseorang atau peristiwa yang membawa panggilan untuk melakukan petualangan FUNGSI PSIKOLOGIS : HERALD memiliki fungsi psikologis penting dari pernyataan yang dibutuhkan untuk melakukan perubahan. Sesuatu yang jauh di dalam diri kita yang mengetahui kapan kita siap untuk berubah dan mengirim kita sebagai messenger. FUNGSI DRAMATIS : HERALD memberikan motivasi, menawarkan pahlawan tantangan, dan membuat cerita bergulir. Mereka mengingatkan pahlawan (dan penonton) bahwa perubahan dan petualangan telah datang.

10 5. BAYANGAN (SHADOWS) SHADOWS : Penjahat, antagonis atau musuh, mungkin musuh dari dalam. Sisi gelap dari Kekuatan, kemungkinan menindas pahlawan, dia mempunyai potensi untuk kejahatan. Bisa jenis lain dari penindasan, seperti tekanan kesedihan, kemarahan, frustrasi atau kreativitas yang berbahaya jika tidak memiliki jalan keluar. FUNGSI PSIKOLOGIS : SHADOW dapat mewakili kekuatan perasaan tertekan. Dalam trauma atau rasa bersalah bisa bernanah ketika dibuang ke kegelapan alam bawah sadar, dan emosi tersembunyi atau ditolak dapat berubah menjadi sesuatu yang mengerikan yang ingin menghancurkan kita FUNGSI DRAMATIS: Fungsi dari Shadow dalam drama adalah untuk menantang pahlawan dan memberinya lawan yang layak dalam perjuangan. Shadow menciptakan konflik dan membawa keluar yang terbaik pada pahlawan dengan menempatkan dirinya dalam situasi yang mengancam jiwanya.

11 6. SILUMAN (SHAPESHIFTERS) SHAPESHIFTERS : Dalam cerita, makhluk seperti vampir atau manusia serigala yang dapat berubah bentuk. Dalam kehidupan, shapeshifter mewakili perubahan atau ambiguitas. Cara orang lain (atau persepsi kita tentang mereka) terus berubah. Lawan jenis, orang yang dapat bermuka dua. FUNGSI PSIKOLOGIS : Kualitas direpresi hidup ini dalam diri kita dan diwujudkan dalam mimpi dan fantasi sebagai kebencian atau anima. Mereka mungkin mengambil bentuk karakter seperti mimpi lawan jenis guru, anggota keluarga, teman sekelas, dewa atau monster yang memungkinkan kita untuk mengekspresikan gaya sadar tapi kuat dalam. FUNGSI DRMATIS : Shapeshifter ini melayani fungsi dramatis membawa keraguan dan ketegangan menjadi sebuah cerita. Banyak muncul dengan frekuensi besar dan variasi dalam genre film noir dan film thriller.

12 7. SEKUTU (ALLIES) ALLIES : Karakter yang membantu pahlawan melewati perubahan. Sahabat karib, teman, pacar yang menasehati pahlawan melewati masa perubahan kehidupannya. FUNGSI PSIKOLOGIS : Dalam mimpi dan fiksi mungkin mewakili bagian terpendam atau tidak terpakai dari kepribadian yang harus dibawa ke dalam tindakan untuk melakukan pekerjaan. Dalam cerita, bagian ini kurang dimanfaatkan dan membawa ke pikiran teman yang sebenarnya atau hubungan yang dapat membantu kita dalam perjalanan hidup kita, termasuk dalam krisis rohani. FUNGSI DRAMATIS : Memperkenalkan HERO pada Dunia Khusus, dekat dengan Hero seperti saku samping, pemberi bantuan dan juga sebagai hati nurani.

13 8. PELAWAK (TRICKSTERS) TRICKSTERS : Badut dan pembuat-kenakalan, Bugs Bunny dan Daffy Duck, Richard Pryor dan Eddie Murphy. Kenakalan bawah sadar kita sendiri, mendesak kita untuk berubah. FUNGSI PSIKOLOGIS : Mereka memotong ego besar ke ukuran kecil, dan membawa pahlawan dan penonton turun ke bumi. Dengan tawa yang sehat memprovokasi mereka membantu kita menyadari kepemilikan kita bersama, dan mereka menunjukkan kebodohan dan kemunafikan. FUNGSI DRAMATIS : Ketegangan tak henti-hentinya, ketegangan, dan konflik dapat secara emosional melelahkan, dan bahkan dalam drama terberat minat audiens yang dihidupkan kembali oleh saat-saat tertawa.

14 9. ORANG TUA (PARENT) Orang tua adalah ayah dan/ ibu dari pahlawan, biasanya yang membantu atau melatih pahlawan pada saat awal. Dalam film Hugo, ayah Hugo sebagai pemmbimbing awal dari Hugo Cabret. Charles Kingsleigh merupakan ayah dari Alice dan Helen Kingsleigh merupakan ibu dari Alice dalam film Alice in Wonderland. Pada film Children of Heaven, Ayah dan Ibu Ali merupakan orang tua dari Ali dan Zahra. Ron Witwicky dan Judy Witwicky merupakan orang tua dari Sam Witwicky dalam film Transformers : Dark of the Moon. Dalam film War Horse, Rose Narracott dan Ted Narracott merupakan orang tua dari Albert Narracott. Mr. Everdeen dan Mrs. Everdeen merupakan orang tua dari Katniss Everdeen dalam film The Hunger Games.

15 9. ORANG TUA : FUNGSI PSIKOLOGIS Dalam psikologi Jung, Ayah melambangkan figure kekuasaan, keras dan kuat. sedangkan Ibu sebagai pemelihara dan penghibur. Dalam film Children of Heaven, ayah Ali mengajari Ali dan Zahra untuk bekerja keras dan membantu orang tuanya. Ayah Ali ketika usianya baru 9 tahun saja sudah membantu orang tuanya.

16 ORANG TUA : FUNGSI DRAMATIS Orang tua merupakan guru awal Pahlawan dalam belajar pengetahuan, ketrampilan dan sikap mental. Ayah Hugo mendidik Hugo dalam memperbaiki jam, Ayah Ali mengajari Ali dalam bekerja keras dan membantu keluarga, James Potter merupakan penyihir berdarah murni dan Ibunya Lily Evans dari kelahiran muggle (tidak mempunyai kemampuan sihir) merupakan orang tua dari Harry Potter.

17 10. ANAK (CHILDREN) Menurut Departeman Jaminan Sosial Amerika Serikat, anak adalah usia 18 tahun ke bawah. Sedangkan menurut American Heritage Dictionary, secara metaforis, adalah figur otoritas, atau menandakan keanggotaan grup dalam klan, suku, atau agama, tetapi juga dapat menandakan menjadi sangat dipengaruhi oleh waktu tertentu, tempat, atau keadaan. Pahlawan dapat berasal dari anak. Pahlawan dari film Hugo adalah anak yang bernama Hugo Cabret. Alice merupakan anak dari Charles Kingsleigh dan Helen Kingsleigh dalam film Alice in Wonderland. Pahlawan dari Children of Heaven adalah anak yang diberi nama Ali. Chihiro adalah anak sebagai pahlawan dalam film animasi Spirited Away. film The Hunger Games.

18 10. ANAK: FUNGSI PSIKOLOGIS Dalam psikologi Jung, Anak melambangkan kehidupan tanpa bersalah (kepolosan), kelahiran kembali, keselamatan, tidak kuasa, penuh kelemahan dan kelembutan, butuh perlidungan dan motivasi. Hal ini menjadikan Anak tersebut mempunyai daya tarik yang membuat penonton, senang melihatnya. Dalam film aimasi Up, Russell merupakan anak yang polos, lucu dan menggemaskan serta mempunyai keinginan membantu orang tua.

19 10. ANAK : FUNGSI DRAMATIS Anak merupakan awal dari belajar, penuh keterbatas baik fisik, pengetahuan, ketrampilan dan kepribadian. Harry Potter merupakan anak penyihir berdarah campuran, ayahnya James Potter merupakan penyihir berdarah murni dan Ibunya Lily Evans dari kelahiran muggle (tidak mempunyai kemampuan sihir). Kedua orang tuanya telah meninggal karena dibunuh Lord Voldemort ketika Harry masih bayi. Tinggal di bawah tangga sebagai kamarnya di keluarga Dursley, yang tidak lain adalah kakak Ibunya. Kondisi seperti sudah dapat menarik simpati penonton pada Harry Potter. Dalam film The Hunger Games, Katniss Everdeen menjadi sukrelawan menggantikan adiknya, setelah terpilih di hari pemungutan, dipilih utnuk bertarung sampai mati dengan menggunakan pengetahuannya berburu dan memanah untuk bertahan hidup.

20 REFERENSI Brown, Blain Cinematography : Theory and Practice. Focal Press. Berlington, UK Krevolin, Richard, 2003, How to Adapt Anything into a Screenplay, John Wiley & Sons, Inc. Suyanto, M., Aryanto Y Perancangan Film Kartun Kelas Dunia, Andi-STMIK AMIKOM Yogyakarta Vogler Christopher, 2007, The Writers Journey, : Mythic Structure for Writers, 3rd Edition, Michael Wiese Production. Zettl, Herbert Television Production Handbook. Tenth Edition. Wadsworth Cengage Learning. Belmont, USA


Download ppt "PRA PRODUKSI- 3A M.SUYANTO www.msuyanto.com. ARCHETYPES Perjalanan dihuni oleh archetypes merupakan fungsi dasar yang cenderung muncul dalam setiap cerita."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google