Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 PUJIAN UNTUK ANAK KITA oleh Munif Chatib Quality Time ALKHAIRIYAH SURABAYA Surabaya, 22 Februari 2009.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 PUJIAN UNTUK ANAK KITA oleh Munif Chatib Quality Time ALKHAIRIYAH SURABAYA Surabaya, 22 Februari 2009."— Transcript presentasi:

1 1 PUJIAN UNTUK ANAK KITA oleh Munif Chatib Quality Time ALKHAIRIYAH SURABAYA Surabaya, 22 Februari 2009

2 2 YANG DIDENGAR ANAK-ANAK JADI ITULAH MEREKA KELAK Pernyataan yang kejam Keyakinan negatif anak Akibatnya yang merusak kehidupan “Kalau bicara jangan ngotot di depan mamamu.” “Kalau aku marah, itu buruk.” “Aku tidak boleh menunjukkan perasaanku secara terbuka.” Anak menekan amarahnya dan menjadi seseorang yang selalu berusaha menyenangkan orang lain.

3 3 YANG DIDENGAR ANAK-ANAK JADI ITULAH MEREKA KELAK Pernyataan yang kejam Keyakinan negatif anak Akibatnya yang merusak kehidupan “Kamu membuat mama cepat mati saja.” “Aku yang menyebabkan mama menderita.” Anak merasa bertanggung jawab atas masalah orang lain.

4 4 YANG DIDENGAR ANAK-ANAK JADI ITULAH MEREKA KELAK Pernyataan yang kejam Keyakinan negatif anak Akibatnya yang merusak kehidupan “Mengapa kamu tidak seperti kakak atau adikmu.” “Aku tidak diterima” Anak membandingkan dirinya dengan orang lain dan tidak pernah merasa bahwa dirinya cukup baik.

5 5 YANG DIDENGAR ANAK-ANAK JADI ITULAH MEREKA KELAK Pernyataan yang kejam Keyakinan negatif anak Akibatnya yang merusak kehidupan “Kamu tidak pernah becus mengerjakan nya.” “Aku bodoh.” “Aku tidak cakap.” “Aku tidak bisa.” Anak mejadi patah semangat dan tertekan. Ia percaya ia tidak mungkin sukses sehingga tidak pernah mencoba.

6 6 Pujian membantu anak anda tumbuh secara EMOSIONAL •SULITNYA KEBIASAAN MEMUJI •PENELITIAN 3:11 •ORANG TUA LEBIH BANYAK FOKUS KEPADA KELEMAHAN ANAKNYA

7 7 BERILAH PUJIAN ANAK ANDA KETIKA: •Anak anda melakukan hal-hal yang baik. •Anak anda melakukan perbaikan dari kesalahan yang telah dilakukan. •Anak anda berusaha menguasai ketrampilan baru.

8 8 CARA MEMBERI PUJIAN YANG EFEKTIF 1.Tunjukkan persetujuan anda. Anak-anak suka mendengar hal-hal yang baik tentang mereka. Jika anda menggabungkan dengan tanda bahwa anda setuju dengan memberi pujian tertentu, maka pujian anda akan bermakna. Contoh: Hebat, Luar biasa, Ibu kagum, Kau berhasil, Super ajaib, dan lain-lain.

9 9 CARA MEMBERI PUJIAN YANG EFEKTIF 2.Jabarkan hasil yang positif. Setelah pujian diberikan, jabarkan perilaku tertentu yang anda sukai dan pastikan anak memahami apa yang anda jabarkan. Contoh: Andik, terima kasih ya mau nuruti mama mematikan TV sebentar. Mama seneng gitu… Parti, mama senang kau mencuci tangan sebelum makan

10 10 CARA MEMBERI PUJIAN YANG EFEKTIF 3.Berikan alasan. Orang tua memberi tahu alasan kepada anaknya mengapa perbuatan/perilaku tersebut mendapat pujian. Contoh: Andik, kau benar-benar banyak membantu membuat suasana maghrib ini menjadi tenang, sehingga semua orang di rumah ini mengerjakan sholat maghrib dengan khusyu’

11 11 CARA MEMBERI PUJIAN YANG EFEKTIF 4.Berikan Hadiah. Hadiah yang murah meriah adalah dengan kebebasan khusus dan memberi apa yang anak anda inginkan dalam batas yang wajar.

12 12 Fungsi Pujian 1.Membentuk kemandirian, otonomi, kreativitas, dan tanggung jawab pribadi. 2.Membentuk kaki-kaki positif pada konsep diri anak. 3.Meningkatkan kepercayaan dan harga diri anak. 4.Mengatasi rasa malu yang tidak sehat. 5.Membantu anak-anak menetapkan dan meraih sasaran-sasaran pribadi. 6.Mempengaruhi kesehatan dan citra tubuh secara positif. 7.Mendorong untuk tetap benar dan menolak tekanan. 8.Menanggapi kesulitan dan masalah dengan sikap positif dan menguatkan. 9.Mengemangkan optimisme terhadap masa depan.

13 Bismillahir rohman nir rohim Ya Ilahi … tiada kata utama dan pertama yang harus kupanjatkan kepadaMu, selain mohon ampun dari dosa-dosa kami. Ya Ilahi … kami merasa sangat kurang bijaksana dalam menjaga amanahMu, yaitu anak-anak kami. Kami masih sering memukulnya … meski kami tahu mereka adalah milikMu dan harus dilindungi Kami masih sering membentaknya … meski kami tahu mereka adalah penolong orangtuanya di masa datang

14 Ya Ilahi … ampuni kami, ketika kami sadar, sedikit sekali kami memuji anak-anak kami dengan kata- kata yang menyenangkan hati. Padahal kami tahu, mereka adalah amanahmu, makhluk yang paling mulia dan khalifah di muka bumi. Ya Ilahi ampuni kami, mulut kami selalu kami penuhi dengan ucapan yang menjelekkan mereka, sehingga mereka merasa rendah diri dan tidak punya arti. Ya Ilahi ampuni kami dan berilah kekuatan kepada kami untuk menjadikan anak-anak kami manusia yang cerdas.

15 Yaitu manusia, yang ketika hidup di dunia mampu memberi arti untuk banyak orang Manusia yang ketika hidup di dunia mampu membawa keberkahan dan kebaikan buat banyak orang. Ya Ilahi, kini aku mengerti kenapa para bayi menangis ketika dilahirkan, dan orang kebanyakan tertawa menyambut kedatangannya. Ya Ilahi aku mohon curahan kekuatan dan kesabaranMu, agar ketika anak-anakku nanti menemuiMu di akhirat dengan senyuman bahagia, dan orang kebanyakan akan mengucurkan air mata atas kepergiannya. Amin ya robbal alamien


Download ppt "1 PUJIAN UNTUK ANAK KITA oleh Munif Chatib Quality Time ALKHAIRIYAH SURABAYA Surabaya, 22 Februari 2009."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google