Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

HR VIEW TRANSFORM TO HYPERMARKET MENYAMBUT KEDATANGAN PELANGGAN The Lotte Shopping Indonesia Learning Center Human Resources Department PT. Lotte Shopping.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "HR VIEW TRANSFORM TO HYPERMARKET MENYAMBUT KEDATANGAN PELANGGAN The Lotte Shopping Indonesia Learning Center Human Resources Department PT. Lotte Shopping."— Transcript presentasi:

1 HR VIEW TRANSFORM TO HYPERMARKET MENYAMBUT KEDATANGAN PELANGGAN The Lotte Shopping Indonesia Learning Center Human Resources Department PT. Lotte Shopping Indonesia Jl. Lingkar Luar Selatan Kav. 6 Ciracas Jakarta Edisi Pertama: 1 Oktober 2009 FUN-INTERESTING-TRANSFORMATIVE TO THE BUSINESS

2 Pada akhir pelatihan, peserta akan dapat memberi sambutan hangat bagi pelanggan yang memasuki lingkungan perusahaan.. SASARAN UTAMA PEMBELAJARAN Untuk mendukung pencapaian sasaran utama di atas, peserta diharapkan akan dapat: 1.Memahami pentingnya memberikan sambutan kepada pelanggan yang datang. 2.Melakukan cara-cara penyambutan yang benar kepada pelanggan. SASARAN PENDUKUNG PEMBELAJARAN

3 MENYAMBUT KEDATANGAN PELANGGAN Hentikan seluruh kegiatan Anda ketika menyambut kedatangan pelanggan di pintu masuk toko atau menerima pelanggan di meja penerimaan. Berdiri tegak, tatap mata pelanggan, tersenyum hangat dan sampaikan salam: “Selamat pagi/siang/malam.” disambung dengan ucapan, “Selamat berbelanja (untuk di toko)” atau “Apa yang bisa saya bantu (untuk di meja penerimaan)?”.

4 SEDANG SIBUK? Jika Anda sedang melakukan suatu pekerjaan dan karenanya mereka harus menunggu, pastikan mereka tahu Anda menyadari keberadaan mereka. Katakan: “Mohon menunggu sebentar.” Apabila benar-benar tidak dapat memberikan sambutan verbal, Anda cukup memberikan anggukan kepala dan mengangkat tangan dengan menghadapkan telapak tangan Anda kepada pelanggan. Namun, segera setelah itu, sampaikan salam dan permohonan maaf: “Selamat pagi/siang/malam. Maaf harus menunggu. Apa yang bisa saya bantu?” Selalu perlihatkan sikap tubuh yang siap membantu. Dengarkan pelanggan dengan penuh perhatian dan berikan jawaban dengan jelas atas pertanyaan mereka.

5 SIAP MEMBANTU Bersikap positif sejak awal. Hindari mematikan harapan pelanggan dengan mengatakan: “Saya tidak dapat melakukan apapun.” atau “Hal itu bukan tugas saya.” Berbicaralah kepada pelanggan tentang hal yang dapat Anda lakukan bagi mereka, bukan apa yang tidak dapat Anda lakukan. Jika yakin atas apa yang akan dilakukan, Anda dapat mengatakan: “Baik, saya dapat melakukannya.” Sebaliknya, jika Anda tidak yakin, berikan jawaban: “ Saya akan mengusahakannya…”. Sedangkan, jika Anda benar-benar tidak dapat melakukannya, jawaban terbaik: “Apa yang dapat saya lakukan adalah …” Jika yang dibutuhkan oleh pelanggan bukan tugas Anda, pastikan untuk meneruskannya ke bagian lain yang terkait, lalu sampaikan kepada mereka apa yang telah Anda lakukan, dan hal-hal lain yang perlu ditindaklanjuti oleh mereka.

6 Akhir Presentasi


Download ppt "HR VIEW TRANSFORM TO HYPERMARKET MENYAMBUT KEDATANGAN PELANGGAN The Lotte Shopping Indonesia Learning Center Human Resources Department PT. Lotte Shopping."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google