Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Ama Virananda 8.5/29 Alexander Kevin Bima 8.5/2. Musik daerah Sumatera Utara banyak dipengaruhi oleh musik gereja. Musik daerah ini dibagi menjadi 2 macam,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Ama Virananda 8.5/29 Alexander Kevin Bima 8.5/2. Musik daerah Sumatera Utara banyak dipengaruhi oleh musik gereja. Musik daerah ini dibagi menjadi 2 macam,"— Transcript presentasi:

1 Ama Virananda 8.5/29 Alexander Kevin Bima 8.5/2

2 Musik daerah Sumatera Utara banyak dipengaruhi oleh musik gereja. Musik daerah ini dibagi menjadi 2 macam, yaitu tata ganing dan gondang.

3 Alat musik ini menggunakan tangga nada diatonis. Alat musik yang digunakan adalah: - Gerantung - Tanggetong

4 - Suling dengan berbagai macam nama, seperti salodap, salonat, sordam, dan tarafait. - Gong - Hasapi

5 Lagu-lagu tata ganing yang terkenal, di antaranya Anju Au, Butet, Dago Inang Sage, Liso, Madedek Magambiri, Mariam Tomong, Rambadia, Sengko-Sengko, Sinanggar Tulo, Sing Sing So, dan Setara Tilo.

6 Gondang adalah musik berbentuk ensambel gendang (drum ensamble) yang merupakan ciri umum musik di daerah Sumatera Utara. Ensambel yang dimaksud adalah ensambel musik orang Mandailing, subetnis Batak yang mempunyai daerah paling luas di sebelah selatan provinsi Sumatera Utara. Daerah ini bersebelahan dengan wilayah budaya Minangkabau di Sumatera Barat.

7 Alat musik yang digunakan dalam ensambel ini terdiri atas: 1) Sembilan buah gendang besar (gondang) dengan ukuran yang berbeda. 2) Sekelompok gong berukuran kecil sampai dengan ukuran besar. 3) Sepasang Simbal.

8


Download ppt "Ama Virananda 8.5/29 Alexander Kevin Bima 8.5/2. Musik daerah Sumatera Utara banyak dipengaruhi oleh musik gereja. Musik daerah ini dibagi menjadi 2 macam,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google