Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Tata Kelola Perusahaan Yang Baik Good Corporate Governance* Oleh Martiono Hadianto *Disampaikan dalam Diskusi Panel “Perlindungan Dewan Komisaris dan Direksi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Tata Kelola Perusahaan Yang Baik Good Corporate Governance* Oleh Martiono Hadianto *Disampaikan dalam Diskusi Panel “Perlindungan Dewan Komisaris dan Direksi."— Transcript presentasi:

1 Tata Kelola Perusahaan Yang Baik Good Corporate Governance* Oleh Martiono Hadianto *Disampaikan dalam Diskusi Panel “Perlindungan Dewan Komisaris dan Direksi terhadap tindak Pidana Korporasi” (LKDI), 14 Nopember 2013 Disclaimer: Pendapat dan pengalaman pribadi dan diolah dari berbagai sumber.

2  Sejarah  Undang-Undang Nomor 19 Prp. Tahun 1960 Tentang Perusahan Negara  Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1969 Tentang Bentuk-Bentuk Usaha Negara  Perusahaan Jawatan (Bedrijvenwet (Stbl.1927:419)  Perusahaan Umum  Persero (KUHD – Stbl. 1847:23) Badan Usaha Milik Negara Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara

3 KEKAYAAN NEGARA PERJAN PERSERO PERUM Badan Usaha Milik Negara BUMN: Perseroan Terbatas, 51%, tujuan utama mengejar keuntungan BUMN: 100% modal negara, tidak terbagi atas saham, mengejar keuntungan berdasarkan prinsip pengelolaan perusahaan Pemisahan Kekayaan Negara?

4 Mencegah Prevent Mendeteksi Detect Perbaikan Correct Pengawasan, Kode etik, training, policy, dsb Audit, unit pengaduan Pembinaan, sanksi, policy dsb. Tata Kelola Perusahaan Yang Baik Good Corporate Governance 1.Profesionalisme 2.Efisiensi 3.Transparansi 4.Kemandirian 5.Akuntabilitas 6.Pertanggungjawaban 7.Kewajaran

5 Pemahaman: Hukum Keuangan Bisnis “Business Judgment Rule” Tata Kelola Perusahaan Yang Baik Good Corporate Governance Anggota Direksi tidak dapat dipertanggungjawabkan atas kerugian apabila dapat membuktikan: kerugian tersebut bukan karena kesalahan atau kelalaiannya; telah melakukan pengurusan dengan itikad baik dan kehati- hatian untuk kepentingan dan sesuai dengan maksud dan tujuan Perseroan; tidak mempunyai benturan kepentingan baik langsung maupun tidak langsung atas tindakan pengurusan yang mengakibatkan kerugian; dan telah mengambil tindakan untuk mencegah timbul atau berlanjutnya kerugian tersebut. (Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas – Pasal 97) Perdata vs Pidana? Tanggung Jawab Pemegang Saham?

6 Terima kasih


Download ppt "Tata Kelola Perusahaan Yang Baik Good Corporate Governance* Oleh Martiono Hadianto *Disampaikan dalam Diskusi Panel “Perlindungan Dewan Komisaris dan Direksi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google