Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGENALAN SOFTWARE R RIFKI NANDA 1008101010034 JURUSAN MATEMATIKA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA DARUSSALAM, BANDA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGENALAN SOFTWARE R RIFKI NANDA 1008101010034 JURUSAN MATEMATIKA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA DARUSSALAM, BANDA."— Transcript presentasi:

1 PENGENALAN SOFTWARE R RIFKI NANDA JURUSAN MATEMATIKA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA DARUSSALAM, BANDA ACEH Maret, 2013

2 R adalah sebuah free software atau software yang bebas, dibawah lisensi GNU (GNU is Not Unix) General Public Licence, yang menjamin R akan tetap selalu free (bebas). R menyediakan penanganan dan penyimpanan data, mendukung banyak operator penghitungan, menyediakan banyak alat untuk analisis data, menampilkan kemampuan graphical yang baik, dan merupakan bahasa pemrograman langsung yang didasarkan pada bahasa pemrograman S yang ditulis oleh Rick Becker, John Chambers, dan Allan Wilks dari AT&T Bell Laboratories.

3 R ditulis oleh Ross Ihaka dan Robert Gentleman di Departemen Statistika Universitas Auckland, Auckland, Selandia Baru. Sebagai tambahan, banyak kelompok orang telah berkontribusi pada R dengan mengirimkan kode dan melaporkan bug. Sejak pertengahan tahun 1997, telah ada grup inti R (“R Development Core Team”) yang dapat memodifikasi arsip kode sumber R.

4 Nama R sebagian diambil dari inisial nama depan penulisnya (Ross dan Robert), dan sebagian “mempermainkan” nama bahasa pemrograman AT&T Bell Laboratories yaitu S

5 R digunakan untuk manipulasi data dan grafik dengan bahasa R.

6 Bahasa R merupakan versi sumber terbuka (open-source) dari bahasa pemrograman S (Azola dan Harrel, 2006). Versi komersial yang berbasis bahasa S adalah S plus. Perbandingan R khususnya terhadap SAS dibahas secara rinci oleh Azola dan Harrel (2006). Bahasa R mendapat sambutan yang baik dari kalangan statistikawan di seluruh dunia, sayangnya di Indonesia belum banyak dikenal. Tulisan ini dibuat untuk mengenalkan bahasa R khsusunya kalangan akademisi di Indonesia, dan untuk mendukung gerakan IGOS (Indonesia Go Open Source).

7 R merupakan sebuah paket dan sekaligus bahasa pemrograman untuk analisis data dan grafik. R merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi (hight level programming). R dapat digunakan secara interaktif sehingga hasil perhitungan segera dapat dilihat, tetapi apabila perhitungannya kompleks maka perintah-perintah R ditulis lebih dahulu dalam text editor, kemudian dipanggil dengan fungsi source.

8

9 Program R dapat di akses gratis di internet di dan sebagaimana halnya program open source, R dirancang secara voluntary oleh ahli-ahli statistik dan pemrograman di seluruh dunia, sehingga perkembangannya sangat pesat, Versi R terakhir ketika tulisan ini dibuat adalah R juga dilengkapi dengan package (add-in) yang memberikan kemampuan tambahan, misalnya perhitungan teknik- teknik statistik yang canggih, interface dan lain-lain.http://www.r-project.org/

10 Setelah R terinstal pada komputer maka dapat diakses melalui shortcut atau menu start. Prompt default “>” mengindikasikan bahwa R menunggu perintah yang diberikan, baik berupa fungsi maupun objek lain. R merupakan suatu bahasa berorientasi objek, artinya bahwa variabel, data, fungsi, hasil dan sebagainya, disimpan dalam memori aktif komputer dalam bentuk objek dan mempunyai sebuah nama. Pengguna dapat mengenakan aksi terhadap objek-objek tersebut melalui suatu operator (aritmatika, logika, dan perbandingan) dan fungsi (functions). Fungsi itu sendiri juga merupakan suatu objek.

11 Penamaan terhadap objek bersifat case sensitive (membedakan huruf besar dan huruf kecil). Jadi X dan x merupakan objek yang berbeda. Skema: Argumens Function Hasil

12 Argumen suatu fungsi dalam R juga merupakan suatu objek (“data”, formula, expresi, dan sebagainya). Beberapa fungsi menyediakan nilai default dari argumennya, nilai ini dapat diubah oleh penggunanya dengan options tertentu. Beberapa fungsi tidak membutuhkan nilai argumen dalam menjalankan perintahnya, hal ini dapat terjadi karena ada dua kemungkinan, yaitu:

13 1) semua argumennya mempunyai nilai default (karenanya dapat diubah dengan options). Jadi dalam mengeksekusi fungsi tersebut tidak perlu memasukkan nilai argumen, karena fungsi akan menggunakan nilai default sebagai nilai argumen. 2) tidak ada argumen yang didefinisikan sebelumnya pada fungsi tersebut.

14 TERIMA KASIH


Download ppt "PENGENALAN SOFTWARE R RIFKI NANDA 1008101010034 JURUSAN MATEMATIKA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA DARUSSALAM, BANDA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google