Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Teknologi Open Source (pertemuan 5) Open source di Windows oleh Razief Perucha F.A D3-Manajemen Informatika Jurusan Matematika – FMIPA Universitas Syiah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Teknologi Open Source (pertemuan 5) Open source di Windows oleh Razief Perucha F.A D3-Manajemen Informatika Jurusan Matematika – FMIPA Universitas Syiah."— Transcript presentasi:

1 Teknologi Open Source (pertemuan 5) Open source di Windows oleh Razief Perucha F.A D3-Manajemen Informatika Jurusan Matematika – FMIPA Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh 2012

2 Apakah di windows ada aplikasi open source yang bisa digunakan? Ada

3 Contoh-contoh  Open Office  GIMP  Octave RR  Lainnya

4 Source:

5 Sejarah OpenOffice.org  Paket aplikasi perkantoran  Saingan bagi Microsoft Office  Dibuat berdasarkan kode dari StarOffice, ◦ sebuah office suite yang dikembangkan oleh StarDivision, dan ◦ diakuisisi oleh Sun Microsystems pada Agustus 1999, ◦ diakuisisi oleh Oracle pada tahun ◦ dilepas sebagai proyek sumber terbuka pada Juli 2000, ◦ tersedia dibawah dua lisensi perangkat lunak yang berbeda: LGPL dan SISSl; dari versi 2.0, dia hanya tersedia di bawah LGPL.  Proyek dan perangkat lunak disebut sebagai "OpenOffice", diganti menjadi "OpenOffice.org“ disingkat Ooo. Source:

6 Fitur  Dapat dijalankan di atas berbagai platform, di antaranya Windows, Solaris, Linux, dan Mac OS X.WindowsSolarisLinuxMac OS X  Mendukung format dokumen ODF, (Open Document File) sebagai Paket aplikasi perkantoran yang terbuka.ODFPaket aplikasi perkantoran  Membuka dan menyimpan dokumen dalam format Microsoft OfficeMicrosoft Office  Mengekspor dokumen dalam format PDFPDF Source:

7 Aplikasi  OpenOffice.org Writer  OpenOffice.org Calc  OpenOffice.org Impress  OpenOffice.org Base  OpenOffice.org Draw  OpenOffice.org Math Source:

8 What they looking for? Source: We are looking for people to: 1.Memberikan feedback (masukkan / saran) 2.Menulis atau meng-update dokumentasi 3.Membantu pengguna baru 4.Merekomendasi project ke orang lain 5.Menguji code dan melaporkan jika terdapat bugs (error) 6.Memperbaiki error ( bugs ) 7.Memberikan saran untuk fitur tertentu (tahap pengembangan) 8.Menulis dan meng-update software 9.Membuat “artwork” 10.Menerjemahkan ke berbagai bahasa 11.Apapun yang anda lihat yang memerlukan bantuan anda

9 Perbandingan dengan MS. Office  Free dan berbayar  OpenOffice agak lambat jika harus membuka dokumen yang kompleks yang menggunakan format Microsoft.  OpenOffice mendukung komputer lawaskomputer  OpenOffice tersedia sebagai aplikasi portabel  Keamanan : tergantung OS Source:

10 GIMP

11 Sejarah  GNU Image Manipulation Program ( GIMP ) adalah perangkat lunak untuk manipulasi grafikberbasis raster.grafik  berjalan pada desktop GNOME danGNOME  dirilis dengan lisensi GNU General Public License.GNU  GIMP pada awalnya dikembangkan untuk desktop X11 yang berjalan di platform Unix.Unix  sudah diporting ke beberapa platform sistem operasiyang lain yaitu MS Windows dan Mac OS.sistem operasiWindowsMac OS  Grafik yang dihasilkan oleh GIMP disimpan dengan format XCF dan bisa diekspor ke berbagai format gambar seperti bmp, jpg, gif, pdf, png, svg, tiff, dan masih banyak lagi yang lainnya.  GIMP menyediakan banyak sekali plugin yang memudahkan dalam mengolah gambar (image) dengan cepat.plugin Source:

12 Fitur  Sebagai program untuk mewarnai.  program expert quality photo retouching.  Sebuah aplikasi online untuk batch processing system.  Sebuah produk untuk image renderer.  Sebuha aplikasi image format converter.  dan masih banyak lagi.  Selain itu, GIMP juga menyediakan fasilitas ekspor/impor berkas Photoshop. Sehingga dapat menyunting berkas-berkas gambar yang sudah dibuat di Windows.eksporimporberkasPhotoshop Source:

13 Spesifikasi GIMP  Ukuran berkas : 11.6MB (unduh), MB (terpasang).  Penerbit : PortableApps.com (John T. Haller) dan GIMP team.  Tanggal diperbaharui : 15 Juli  Sistem Operasi : Windows 98/ me/ 2000/ XP/ Vista  Lisensi : Free/Open source (GPL). Source:

14 Perbandingan dengan aplikasi sejenis 1.GIMP : Mendukung semua OS vs. Ps : Hanya untuk Windows dan Mac OS 2.GIMP : gratis vs. Ps : murah 3.GIMP : spesifikasi komputer rendah vs. Ps : perlu spesifikasi komputer yang tinggi 4.GIMP : Hanya mendukung 8 bits per-channel vs. Ps : Mendukung hingga 64-bit perchannel. Source: v.s

15 Octave Sourece:

16 Sejarah  Sebuah aplikasi pemograman dengan bahasa tingkat tinggi untuk komputasi numerik  Interface berupa command line untuk menyelesaikan linear dan nonlinear numerically.  Ditulis pertama sekali oleh John W. Eaton dan rekan.  Pertama sekali diperkenalkan pada 1988 sebagai aplikasi yang digunakan pada reaktor kimia yang ditulis oleh James B. Rawlings dari the University of Wisconsin-Madison and John G. Ekerdt of the University of Texas.  Pengembang penuh dari aplikasi ini dimulai pada  Versi Alpa dikeluarkan pada 4 Januari 1993  Versi 1.0 dikeluarkan pada 7 Februari  Review aplikasi dilakukan pada Juli 1997 oleh the Linux Journal. Sourece:

17 Fitur  Menyelesaikan aljabar linear numerik  Menemukan solusi untuk nonlinear equations,  Menyatukan berbagai fungsi  Menipulasi polynomials,  Integrasi differential dan differential-algebraic equations.  Mudah untuk dikembangakan dan digunakan melalui “user-defined functions” ayng ditulis oleh bahasa pemograman Octave's  Dapat digabungkan secara dinamis modul-modul yang ditulis menggunakan C++, C, Fortran, atau bahasa pemograman lain. Sourece:

18 Perbandingan dengan MatLab  Memiliki syntax yang sama dengan Matlab.  Octave memberikan tampilan yang agak susah untuk dilihat dibandingkan matlab yang telah menyusun helpnya sesuai dengan kriterianya.  Octave tidak memiliki fitur untuk mengolah gambar seperti yang ada di Matlab.

19

20 Sejarah  R adalah bahasa pemrograman dan perangkat lunak untuk analisis statistika dan grafik.bahasa pemrogramanperangkat lunakstatistikagrafik  R dibuat oleh Ross Ihaka dan Robert Gentleman di Universitas Auckland, Selandia Baru,Universitas AucklandSelandia Baru  dikembangkan oleh R Development Core Team, dimana Chambers merupakan anggotanya.  R dinamakan sebagian setelah nama dua pembuatnya (Robert Gentleman dan Ross Ihaka), dan sebagian sebagian dari nama S. Source:

21 Fitur  Untuk manipulasi data, kalkulasi dana tampilan visula/grafikal  Data handling yang efektif dan tempat penyimpanan  Perhitungan pada pengulangan menggunakan matriks  Aplikasi yang terintegrasi untuk pengolahan analisis data  Tampilan grafikal untuk data analisis baik tampil secara visual (on screen) atau hardcopy,  Sangat bagus pengembangannya, mudah dan pemograman yang efektif yang termasuk di dalamnya : conditionals, loops, user-defined recursive functions dan fasilitas input dan output. Source:

22 References     _vs._MSOffice _vs._MSOffice   antara-photoshop-dan-gimp/ antara-photoshop-dan-gimp/   octave-dengan-front-end.html octave-dengan-front-end.html  

23 Tugas  Update content blog / website dengan menambahkan artikel tentang Open source yang ada di windows ( Open Office, GIMP, Octave, R )


Download ppt "Teknologi Open Source (pertemuan 5) Open source di Windows oleh Razief Perucha F.A D3-Manajemen Informatika Jurusan Matematika – FMIPA Universitas Syiah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google