Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Soal No. 1 Suatu sistem pengukuran kecepatan aliran dipasang pada sebuah sungai. Duah buah unit sensor dipasang pada jarak 10 m dan dengan kemiringan 45.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Soal No. 1 Suatu sistem pengukuran kecepatan aliran dipasang pada sebuah sungai. Duah buah unit sensor dipasang pada jarak 10 m dan dengan kemiringan 45."— Transcript presentasi:

1 Soal No. 1 Suatu sistem pengukuran kecepatan aliran dipasang pada sebuah sungai. Duah buah unit sensor dipasang pada jarak 10 m dan dengan kemiringan 45 o seperti terlihat pada gambar di slide berikut. Setiap unit sensor terdiri dari tiga buah transduser ultrasonik yang digunakan untuk mengukur kecepatan aliran sungai pada tiga kedalaman, yaitu 1 m, 2 m dan 3 m dari dasar sungai. Transduser-transduser pemancar diletakkan di bagian hilir sedangkan transduser-transduser penerima diletakkan di bagian hulu. Sinyal yang diterima oleh tiga transduser penerima direkam dengan waktu pencuplikan 1 mikrodetik dan sebagai acuan digunakan sinyal yang diperoleh dari pengukuran pada air sungai yang dituangkan ke dalam sebuah wadah/bak dimana jarak antar unit sensor adalah 2 m. Kecepatan gelombang ultrasonik di dalam air sungai diasumsikan sebesar 1540 m/s. Buat suatu program komputer menggunakan Matlab untuk menentukan profil kecepatan aliran sungai dalam m/s. Data dari keempat sinyal tersedia di file excel sheet 1 : Simpan hasil pekerjaan saudara di alamat tersebut di atas yang terdiri dari : a). Program komputer yang dibuat b). List program komputer (tanpa data, agar tidak terlalu panjang bila di print) c). Tampilan hasil program komputer setelah dieksekusi UJIAN TENGAH SEMESTER ULTRASONIK TF-4211

2

3

4 Soal No. 2 Dalam suatu pemeriksaan cacat menggunakan uji tak merusak ultrasonik, telah dapat diketahui bahwa di dalam bahan baja terdapat suatu retakan horizontal tepat di bawah transduser T dan berjarak 35 mm dari permukaan bahan. Untuk memperkirakan ukuran retakan digunakan transduser penerima R yang diletakkan 50 mm dari transduser T. Sinyal yang diperoleh direkam dan disimpan dengan frekuensi pencuplikan sebesar 50 MHz. Data rekaman ini tersedia di file excel _data sheet 2 : T R 50 mm Baja V = 5850 m/s

5 100 mm T R Soal No. 3 Suatu sistem pengukuran aliran dipasang pada pipa (D = 24 inci) yang mengalirkan cairan (c = 1600 m/s) yang kental seperti terlihat pada gambar di bawah ini. Untuk itu pada permukaan kedua transduser dipasang bahan penyangga yang atenuasinya kecil sekali sehingga dapat diabaikan. Karena atenuasi dari cairan besar sekali, maka jarak antar kedua bahan penyangga diatur hanya sejauh 100 mm. Sinyal yang diterima transduser penerima direkam dengan waktu pencuplikan 1 mikrodetik. Sinyal acuan diperoleh dari pengukuran pada saat kedua bahan penyangga disentuhkan. Buat program komputer menggunakan Matlab untuk menghitung kecepatan aliran cairan dalam m/s. Data pengukuran tersedia di file excel sheet 3 :


Download ppt "Soal No. 1 Suatu sistem pengukuran kecepatan aliran dipasang pada sebuah sungai. Duah buah unit sensor dipasang pada jarak 10 m dan dengan kemiringan 45."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google