Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PT. BUDAYA AGUNG LESTARI  KELOMPOK 3 1.Arif Fakhrudin (20050410013) 2.Yogi Purnama (20050410052) 3.Hesmiantoro (20050410137)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PT. BUDAYA AGUNG LESTARI  KELOMPOK 3 1.Arif Fakhrudin (20050410013) 2.Yogi Purnama (20050410052) 3.Hesmiantoro (20050410137)"— Transcript presentasi:

1 PT. BUDAYA AGUNG LESTARI  KELOMPOK 3 1.Arif Fakhrudin ( ) 2.Yogi Purnama ( ) 3.Hesmiantoro ( )

2 PROFIL PERUSAHAAN  PT. BUDAYA AGUNG LESTARI adalah perusahaan yang bergerak di bidang konsultan teknisi gas elpiji. Perusahaan ini didirikan oleh Johannes Sym pada tanggal 18 Oktober Saat ini PT.BUDAYA AGUNG LESTARI telah mempunyai cabang sebanyak 50 perusahaan yang tersebar di seluruh Indonesia dan berpusat di Jakarta.

3 Profil departemen pemasaran/penjualan  PT. BUDAYA AGUNG LESTARI adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang teknisi gas elpiji. Produk yang ditawarkan berupa selang regulator gas elpiji, memiliki tingkat keamanan yang tinggi untuk menghindari kebocoran akibat gigitan tikus karena dilengkapi dengan racun tikus berupa serbuk putih yang berada pada bagian luar selang. Selain itu regulator yang ditawarkan dilengkapi dengan jarum penunjuk untuk mengetahui isi tekanan gas. Satu paket regulator tersebut dijual dengan harga Rp ,00 dan sudah termasuk biaya dalam pemasangan alat tersebut. Selain itu perusahaan ini juga menerima jasa perbaikan seputar masalah kompor gas.

4 Jelaskan mengenai strategi penjualan di perusahaan. Bagaimana cara perusahaan tersebut merancang dan menentukan strategi penjualan tersebut? Jelaskan prosesnya secara detil dan sistematis?  Strategi yang dilakukan perusahaan yaitu dengan cara door to door yang terdiri dari 5 tahap, yaitu: 1.Introduction 2.Presentation 3.Product knowledge 4.Ries 5.Closing

5 Jelaskan system organisasi departemen sales di perusahaan tersebut? Bagaimana hubungan organisatoris antara fungsi sales dan marketing? Bagaimana pula hubungannya dengan departemen selain sales?  Ada 8 (delapan) tingkatan jenjang karir didalam perusahaan ini, yaitu: 1.Observasi 2.Level Traning 3.Teknisi 4.Supervisor 5.Assisten Manager 6.Manager 7.Senior Manager 8.General Manager  Hubungan antar tingkatan level dapat berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Observasi, Level Training, dan Teknisi bertanggung jawab terhadap Supervisor. Supervisor bertanggung jawab kepada Assisten Manager dan begitu seterusnya sampai ke tingkat yang lebih tinggi.

6 Training apa saja yang diberikan kepada sales force perusahaan? Mengapa jenis training ini diberikan? Dilakukan oleh perusahaan sendiri atau kerja sama dengan pihak lain? Mengapa demikian?  Training diberikan terutama kepada sales force baru dengan cara membentuk team yang terdiri dari 2 orang dan diterjunkan langsung ke lapangan. Untuk tahap awal salse force baru tersebut akan ditemani oleh senior yang lebih berpengalaman dalam menawarkan produk dan kemudian menjadi pelajaran bagi sales force tersebut. Selain itu diberikan pula bagi mereka yang akan ditempatkan pada bagian teknisi.  Perusahaan tidak melakukan kerja sama dengan perusahaan lain terutama dalam memberikan training kepada para sales force-nya.

7 Bagaimana cara memotivasi sales force di perusahaan?   Sales forces selalu dituntut untuk menumbuhkan semangat dan motivasi dalam dirinya. Mengenai hal ini, perusahaan selaku pihak yang menggunakan sales force selalu berusaha membangun motivasi yang terus menerus dilakukan oleh pihak perusahaan itu sendiri. Setiap hari (senin-sabtu), sales forces selalu diminta berkumpul di perusahaan pada pukul WIB untuk melakukan meeting yang sekaligus dimanfaatkan sebagai sarana untuk menyampaikan motivasi kepada sales force. Dan sorenya sales force diminta kembali berkumpul pada pukul untuk melakukan meeting yang bertujuan mengevaluasi kembali dari pkerjaan yang telah dilakukan.

8 Bagaimana bentuk kompensasi di perusahaan tersebut? Mengapa perusahaan memilih bentuk kompensasi jenis tersebut ?  Perusahaan memberikan kompensasi berupa jumlah produk yang terjual oleh sales force itu sendiri. Perusahaan tidak menetapkan gaji perbulannya namun perusahaan menetapkan jumlah harga yang wajib diserahkan oleh sales force guna memenuhi omset penjualan. Kompensasi seperti ini dilakukan mengingat jumlah sales force yang bekeja di perusahaan sangat banyak sehingga kompensasi yang diberikan sesuai dengan hasil dari produk yang terjual oleh sales force itu sendiri.

9 Berapa persen turnover(pergantian) sales force di perusahaan dalam setahun?  Setiap 3bln,ada turnover…  Satu tim terdiri dari 1 asisten manager dipindahkan ke cabang lain yang bertujuan agar para sales belajar tentang karakter orang yang berbeda-beda didalam kantor maupun dilingkungan kerja…

10 Berapa kali rekrutmen sales force dalam setahun? Bagaimana proses tersebut dijalankan?  Rekrutmen yang dilakukan perusahaan sebanyak 2X dalam sebulan atau 24X dalam setahun. Namun adakalanya perusahaan melakukan perekrutan sales force hingga 4X dalam sebulan.  Pemberitahuan mengenai lowongan pekerjaan ini diterbitkan melalui surat kabar (media cetak).

11 Bagaimana proses manajemen dan pengawasan terhadap sales force di lapangan?  Dalam melakukan akltivitasnya, perusahaan tidak membentuk team monitoring maupun melakukan pengawasan terhadap para sales force nya. Ini dikarenakan masing-masing sales force telah dibekali pengetahuan dan praktek yang berguna dalam memotivasi diri dan mengemban tanggung jawab yang telah diberikan.

12 Bagaimana rata-rata pencapaian target penjualan di perusahaan tersebut dalam kurun waktu 1 tahun ini?  Perusahaan tidak membatasi jumlah target yang mesti dicapai. Pendapatan perusahaan ini perharinya bisa mencapai Rp ,00 yang berarti dalam 1 bulannya bisa memperoleh sebesar Rp ,00 dan setahunnya mencapai Rp ,00, sungguh jumlah ukuran pendapatan yang sangat besar untuk perusahaan jenis ini. Namun data ini kami peroleh langsung dari narasumber yang kami wawancarai.

13 SEKIAN & TERIMA KASIH


Download ppt "PT. BUDAYA AGUNG LESTARI  KELOMPOK 3 1.Arif Fakhrudin (20050410013) 2.Yogi Purnama (20050410052) 3.Hesmiantoro (20050410137)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google