Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Praktek Manejemen Penjualan ke-5 Kelompok 6 1. Yunia Medyarti 20050410043 2. Desriani Wulandari 20050410058 3. Ria Afriana20050410124 4. Fitriani 20050410131.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Praktek Manejemen Penjualan ke-5 Kelompok 6 1. Yunia Medyarti 20050410043 2. Desriani Wulandari 20050410058 3. Ria Afriana20050410124 4. Fitriani 20050410131."— Transcript presentasi:

1 Praktek Manejemen Penjualan ke-5 Kelompok 6 1. Yunia Medyarti Desriani Wulandari Ria Afriana Fitriani

2 1. jelaskan profil perusahaan (gambaran umum) secara jelas dan sistematis serta profil departemen pemasaran atau penjualan secara detil?  a. Profil Perusahaan PT Sumber Buana Motor merupakan salah satu dealer motor Kawasaki yang berada di area Yogyakarta. Dealer yang telah berdiri pada tanggal 2 Oktober tahun 2004 yang berlokasi di Jln RE. Marthadinata no 59 Wirobrajan merupakan salah satu cabang dari dealer motor Kawasaki di Yogyakarta yang berjumlah 6 dealer. Selain di Yogya main dealer Kawasaki juga ada di daerah Kedu,Banyumas,Solo. Mengingat persaingan yang terjadi diantara para dealer sekarang ini PT Sumber Buana Motor memberi kemudahan para konsumen atau pelanggan dengan adanya penjualan, pemeliharaan dan juga menyediakan suku cadang untuk kepuasaan konsumen. PT Sumber Buana Motor merupakan salah satu dealer motor Kawasaki yang berada di area Yogyakarta. Dealer yang telah berdiri pada tanggal 2 Oktober tahun 2004 yang berlokasi di Jln RE. Marthadinata no 59 Wirobrajan merupakan salah satu cabang dari dealer motor Kawasaki di Yogyakarta yang berjumlah 6 dealer. Selain di Yogya main dealer Kawasaki juga ada di daerah Kedu,Banyumas,Solo. Mengingat persaingan yang terjadi diantara para dealer sekarang ini PT Sumber Buana Motor memberi kemudahan para konsumen atau pelanggan dengan adanya penjualan, pemeliharaan dan juga menyediakan suku cadang untuk kepuasaan konsumen.

3 2. Jelaskan mengenai strategi penjualan diperusahaan tersebut?dan bagaimana cara perusahaan merancang dan menentukan strategi penjualan tersebut?  Adapun strategi penjualan yang dilakukan yaitu : - Pemberian brosur daftar harga - Canvas (promosi melalui mobil jalan) - mengadakan even atau mengikuti acara pameran. - Sistem relasi dan iklan melalui media cetak atau elektronik

4 3. Jelaskan sistem organisasi departemen sales perusahaan?bagaimana hubungan organisatoris antara fungsi sales marketing?dan bagaimana hubungan dengan sales lain?  Sistem organisasi depertemen salesman. Kepala Cabang Kepala Cabang SPU Mekanik SPF Sales FAD Mekanik OB Counter sales Salesman  Hubungan dengan sales lain sangat baik karena setiap ada training pasti diadakan sharing antara sales maupun organisatoris didalam perusahaan untuk menjalin keakraban antara sales forces dan organisatorir perusahaan.

5 4. Training apa saja yang diberikan kepada sales forces perusahaan? Mengapa jenis training ini diberikan?dilakukan oleh perusahaan sendiri atau kerja sama dengan pihak lain?  Training yang diadakan tiap sebulan sekali yang meliputi knowlegde produk dan strategi pemasaran, konsultasi atau sharing antara pimpinan dengan sales forces, dan mengadakan seminar yang biasanya diadakan 3 tahun sekali. Training dilakukan oleh pihak perusahaan sendiri karena sudah mempunyai tenaga traning sendiri. Sedangkan seminar mengundang tamu dari luar atau bekerja sama dengan pihak lain.  Karena training itu bisa membuat sales forces lebih ahli atau mudah dalam bekerja.

6 5. Bagaimana cara memotivasi sales forces di perusahaan tersebut?  Agar salesman termotivasi maka perusahaan memberikan fasilitas terhadap sales forces seperti uang transportasi, dan adanya target penjualan. Adanya pemberian sangsi jika sales forces tidak dapat melakukan target penjualan yang telah disepakati maka sales forces akan digantikan dengan yang baru.

7 6. Bagaimana bentuk kompensasi diperusahaan tersebut? Mengapa perusahaan memilih bentuk kompensasi jenis tersebut?  Kompensasi adanya dana kesehatan, THR. Uang transport. Adanya kompensasi hari libur yang diberikan sebanyak 4 hari dalam sebulan. Dan libur pada hari-hari besar keagamaan.

8 7. Berapa persen turn over sales forces di perusahaan dalam setahun?  Tidak dapat di pastikan Karena semua sesuai dengan hasil kinerja dalam pencapaian target penjualan. Misalnya sales forces tidak mencapai target penjualan maka akan diganti. Tetapi yang sudah mencapai target penjualan maka bisa dilanjutkan.

9 8. Berapa kali rekruitmen sales forces dalam setahun? Bagaimana proses tersebut dijalankan?  Rekruitmen dilakukan setiap minggu untuk sales forces yang bekerja dilapangan atau diluar kantor tetapi yang bekerja didalam kantor hanya kalau ada posisi yang kosong. Diadakan proses seleksi, test tertulis dan wawancara, training selama satu minggu.

10 9. Bagaimana proses manajemen dan pengawasan terhadap sales forces di lapangan?  Proses pengawasan adalah dengan sales forces datang untuk absen dan mengadakan breefing sebelum berangkat  Proses evaluasi Setiap bulan sales forces memberikan laporan pnnjualan kepada pimpinan cabang lalu baru di adakan meeting dikantor pusat setelah itu dievaluasi.

11 10. Bagaimana rata-rata pencapaian target penjualan di perusahaan tersebut dalam kurun waktu satu tahun?  Kira-kira dalam 1 bulan bisa mencapai target penjualan 20 unit motor jadi perkiraan setiap tahun 240 unit. Tergantung dari kinerja sales forces mencapai target atau tidak.


Download ppt "Praktek Manejemen Penjualan ke-5 Kelompok 6 1. Yunia Medyarti 20050410043 2. Desriani Wulandari 20050410058 3. Ria Afriana20050410124 4. Fitriani 20050410131."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google