Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Perencanaan sumber daya manusia adalah proses sistematik untuk meramalkan kebutuhan pegawai (demand) dan ketersediaan (supply) pada masa yang akan datang,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Perencanaan sumber daya manusia adalah proses sistematik untuk meramalkan kebutuhan pegawai (demand) dan ketersediaan (supply) pada masa yang akan datang,"— Transcript presentasi:

1 Perencanaan sumber daya manusia adalah proses sistematik untuk meramalkan kebutuhan pegawai (demand) dan ketersediaan (supply) pada masa yang akan datang, baik jumlah maupun jenisnya, sehingga departemen SDM dapat merencanakan rekrutmen, seleksi, pelatihan, dan aktivitas yang lain dengan baik.

2 Tujuan Perencanaan SDM 1.Memperbaiki pemanfaatan sumber daya manusia. 2.Menyesuaikan aktivitas sumber daya manusia dan kebutuhan di masa depan secara efisien. 3.Meningkatkan efisiensi dalam menarik pegawai baru. 4.Melengkapi informasi sumber daya manusia yang dapat membantu kegiatan SDM dan unit organisasi lain.

3 Langkah-langkah Perencanaan SDM 1.Analisis faktor-faktor penyebab perubahan kebutuhan SDM. 2.Peramalan kebutuhan SDM. 3.Penentuan kebutuhan SDM di masa yang akan datang. 4.Analisis ketersediaan (supply) SDM dan kemampuan perusahaan. 5.Penentuan dan implementasi program.

4 1. Analisis Faktor Penyebab Perubahan Kebutuhan SDM a.Perubahan dalam lingkungan eksternal seperti ekonomi, politik, teknologi dan persaingan. b.Perubahan keputusan internal seperti strategi, budget, ramalan penjualan, ekspansi, rancangan organisasi dan rancangan pekerjaan. c.Perubahan tenaga kerja organisasi seperti adanya pegawai yang pensiun (retirement), mengundurkan diri (resignation), PHK (termination), meninggal dunia, pegawai sakit, dll.

5 2. Peramalan Kebutuhan SDM Teknik-teknik peramalan kebutuhan, yaitu : a.Ramalan para ahli (expert forecast) atau judgement technique. b.Analisis kecenderungan atau trend analysis. c.Budget and planning analysis. d.New venture analysis. e.Computer analysis. f.Statistical analysis.

6 2.a. Ramalan Para Ahli  Nominal Delphi Technique (NGT), yaitu menghadirkan 5-10 orang ahli dan ditanyakan penyebab perubahan kebutuhan pegawai di masa yang akan datang. Hasilnya didiskusikan secara bersama-sama, faktor diranking atau diurutkan dari yang paling penting.  Delphy Tecnique, yaitu bila para ahli tidak dapat berdiskusi secara bersama. Perencana SDM meminta pendapat masing-masing ahli kemudian disimpulkan.  Perkiran manajer, yaitu kebutuhan SDM diperkirakan oleh manajer puncak, kemudian diberikan ke manajer di bawahnya atau sebaliknya.

7 2.b. Analisis Kecenderungan Analisis dilakukan berdasarkan kecenderungan kebutuhan pada masa lalu, yaitu :  Ekstrapolasi, yaitu mengasumsikan bahwa tingkat perubahan masa lalu sama dengan yang akan datang.  Indeksasi, yaitu menghitung bahwa rasio antara jumlah pegawai dengan jumlah penjualan atau produksi pada masa lalu akan sama di masa akan datang.

8 2.c. Budget and Planning Analysis Budget and planning analysis merupakan jumlah budget yang telah disetujui, yang di dalamnya berisi jumlah kebutuhan pegawai pada setiap departemen di dalam suatu perusahaan.

9 2.d. New Venture Analysis New venture analysis, yaitu menghitung jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan dengan membandingkannya dengan pembukaan usaha baru yang pernah dilakukan oleh perusahaan lain.

10 2.e. Computer Analysis Computer analysis yaitu, suatu program perhitungan yang dilakukan oleh komputer melalui rumus matematika, rasio-rasio atau indeksasi dan ekstrapolasi secara bersama-sama.

11 3. Penetuan Kebutuhan SDM di Masa yang Akan Datang Penentuan kebutuhan SDM pada masa depan meliputi jumlah dan kemampuan yang dimiliki, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

12 4. Analisis Ketersediaan (Supply) SDM dan Kemampuan Perusahaan  Memperkirakan ketersediaan sumber internal, yaitu proses pemeriksaan tenaga kerja yang ada, jumlah dan jenisnya. Teknik analisis yang digunakan yaitu replacment chart, yaitu gambaran singkat mengenai siapa menggantikan apabila suatu jabatan kosong. Ada tambahan catatan tentang informasi calon pekerja yang disebut replacement summary, yaitu daftar kemungkinan pengganti untuk setiap jabatan.

13 Gambar 1. Replacement Chart

14 Gambar 2. Replacement Summary

15 Pembuatan Replacement Chart dan Replacement Summary Membuat replacement chart dan replacement summary perusahaan dapat melakukan human resource audit, yaitu sebuah proses mengumpulkan informasi dengan memakai formulir khusus untuk memeriksa keadaan SDM saat ini, yang meliputi keterampilan, pengalaman, pendidikan, dan data pribadi lain. Untuk non manajer disebut skill inventory, sedangkan untuk manajer disebut management inventory.

16 Gambar 3. Formulir Skill Inventory

17 4. Analisis Ketersediaan (Supply) SDM dan Kemampuan Perusahaan  Memperkirakan ketersediaan sumber eksternal. Ketersediaan jumlah pegawai yang ada di pasar tenaga kerja dipengaruhi oleh lembaga pendidikan dan pelatihan, perubahan demografis, spesialisasi, perubahan minat dan sikap terhadap suatu pekerjaan.

18 5. Penentuan dan Implementasi Program Berdasarkan kebutuhan (demand) dan ketersediaan (supply) dapat terjadi beberapa kemungkinan, yaitu :  Tidak ada perbedaan antara kebutuhan dan ketersediaan pegawai (supply = demand).  Terjadi kelebihan supply tenaga kerja (supply > demand).  Terjadi kekurangan supply tenaga kerja (supply < demand).

19 Gambar 4. Model Perencanaan SDM

20 GAMBAR PENCARI KERJA

21 REKRUTMEN adalah proses mencari, menemukan dan menarik para pelamar yang kapabel, untuk dipekerjakan dalam dan oleh suatu organisasi

22 PENGERTIAN REKRUTMEN berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan SDM organisasi maupun dengan membantu calon / pekerja potensial untuk memutuskan apakah mereka memenuhi persyaratan pekerjaan, tertarik dengan posisi pekerjaan dan ingin bergabung dengan organisasi. REKRUTMEN berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan SDM organisasi maupun dengan membantu calon / pekerja potensial untuk memutuskan apakah mereka memenuhi persyaratan pekerjaan, tertarik dengan posisi pekerjaan dan ingin bergabung dengan organisasi.

23 Rekrutmen tidak sekedar menarik orang atau calon pekerja dari luar organisasi. Rekrutmen tidak sekedar menarik orang atau calon pekerja dari luar organisasi. Proses rekrutmen berawal dari dicarinya calon pekerja sampai diterimanya lamaran di meja. Proses rekrutmen berawal dari dicarinya calon pekerja sampai diterimanya lamaran di meja. Dalam rekrutmen, organisasi seharusnya juga secara fair menjelaskan kepada calon pekerja dalam memutuskan bersedia atau tidak bergabung dengan organisasinya. Dalam rekrutmen, organisasi seharusnya juga secara fair menjelaskan kepada calon pekerja dalam memutuskan bersedia atau tidak bergabung dengan organisasinya.

24 TUJUAN REKRUTMEN TUJUAN SECARA UMUM: TUJUAN SECARA UMUM: untuk memberikan sebuah ketetapan bagi pelamar atau calon pekerja yang secara potensial memiliki kualifikasi tertentu

25 TUJUAN KHUSUS Menentukan kebutuhan staffing untuk masa kini dan masa mendatang bagi organisasi ( dalam kaitannya dengan hasil yang diperoleh dari kegiatan perencanaan SDM dan analisis jabatan) Menentukan kebutuhan staffing untuk masa kini dan masa mendatang bagi organisasi ( dalam kaitannya dengan hasil yang diperoleh dari kegiatan perencanaan SDM dan analisis jabatan) Meningkatkan jumlah pelamar kerja potensial dengan biaya minimum Meningkatkan jumlah pelamar kerja potensial dengan biaya minimum Meningkatkan keberhasilan proses seleksi dengan mengurangi jumlah pelamar yang tidak memenuhi syarat atau tidak tepat dengan kebutuhan organisasi. Meningkatkan keberhasilan proses seleksi dengan mengurangi jumlah pelamar yang tidak memenuhi syarat atau tidak tepat dengan kebutuhan organisasi. Mengurangi kemungkinan calon pekerja terpilih untuk secara epat meninggalkan organisasi dan berpindah kerja ke organisasi lain Mengurangi kemungkinan calon pekerja terpilih untuk secara epat meninggalkan organisasi dan berpindah kerja ke organisasi lain

26 EFEKTIFITAS REKRUTMEN Rekruitmen yang efektif dipengaruhi oleh bagaimana organisasi dapat melaksanakan sejumlah kegiatan inti, yang meliputi: Menentukan dan membuat kategori kebutuhan SDM baik jangka pendek maupun jangka panjang Menentukan dan membuat kategori kebutuhan SDM baik jangka pendek maupun jangka panjang Selalu memperhatikan perubahan kondisi di dalam pasar tenaga kerja Selalu memperhatikan perubahan kondisi di dalam pasar tenaga kerja Mengembangkan media / promosi rekruitmen yang paling sesuai Mengembangkan media / promosi rekruitmen yang paling sesuai Menyimpan data tentang jumlah dan kualitas pelamar pekerja dari setiap sumber Menyimpan data tentang jumlah dan kualitas pelamar pekerja dari setiap sumber Menindaklanjuti setiap permohonan pelamar kerja untuk kemudian melakukan evaluasiefektifitas upaya rekruitmen yang telah dilakukan. Menindaklanjuti setiap permohonan pelamar kerja untuk kemudian melakukan evaluasiefektifitas upaya rekruitmen yang telah dilakukan.

27 IDENTIFIKASI LOWONGAN PEKERJAAN TUNTUTAN PEKERJAAN JOB REQUIREMENTS METODE REKRUTMEN Sumber-sumber Rekrutmen PELAMAR YANG KAPABEL INTERNAL REKRUTMEN Job Tender Departing employee EXTERNAL REKRUTMEN  Walk-in & Write-in  Depnaker Lamaran berdasarkan  Perusahaan Penempatan informasi orang dalam Tenaga Kerja  Iklan  Perusahaan Pencari Tenaga Kerja INSTITUTI LAINNYA  Lembaga Pendidikan  Temporary help firms  Organisasi Profesi  Leased employees  Serikat Pekerja  Open house  Organisasi Militer  International recruiting  Program Pemerintah PROSES REKRUTMEN ABC

28 TANTANGAN PROSES REKRUTMEN A. Dalam Organisasi :  Kebijaksanaan pemberian kompensasi  Status dari pegawai  Perencanaan SDM  Tuntutan tugas yang kelak akan dilaksanakan B. Kebiasaan para pencari kerja C. Kondisi eksternal  Tingkat pengangguran  Kompetitor  Kelangkaan skill & pengetahuan  Peraturan perundangan tenaga kerja  Praktek rekrutmen organisasi lain


Download ppt "Perencanaan sumber daya manusia adalah proses sistematik untuk meramalkan kebutuhan pegawai (demand) dan ketersediaan (supply) pada masa yang akan datang,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google