Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

IKA RUHANA Ika Ruhana Merupakan proses pemenuhan TK sesuai dengan kebutuhan (kuantitas) organisasi pada waktu yang tepat, termasuk aktivitas merencanakan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "IKA RUHANA Ika Ruhana Merupakan proses pemenuhan TK sesuai dengan kebutuhan (kuantitas) organisasi pada waktu yang tepat, termasuk aktivitas merencanakan."— Transcript presentasi:

1

2 IKA RUHANA

3 Ika Ruhana Merupakan proses pemenuhan TK sesuai dengan kebutuhan (kuantitas) organisasi pada waktu yang tepat, termasuk aktivitas merencanakan jumlah, jenis dan kualitas TK dimasa depan; dan merancang program implementasinya seperti penarikan, seleksi, kompensasi, pelatihan, pengembangan SDM dan kebutuhan pemenuhan informasi TK untuk keperluan perencanaan strategi bisnis

4 IIKA RUHANA TUJUAN PERENCANAAN SDM Perencanaan SDM Bertujuan untuk menghindari adanya kelebihan atau kekurangan tenaga kerja dengan melaksanakan penempatan yang sesuai pada waktu yang tepat, sesuai dengan kebutuhan, dengan maksud agar perusahaan dapat menekan biaya operasinya sekecil mungkin.

5 4 Tujuan Perencanaan SDM 1.Memperbaiki pemanfaatan sumber daya manusia. 2.Menyesuaikan aktivitas sumber daya manusia dan kebutuhan di masa depan secara efisien. 3.Meningkatkan efisiensi dalam menarik pegawai baru. 4.Melengkapi informasi sumber daya manusia yang dapat membantu kegiatan SDM dan unit organisasi lain.

6 Manajemen SDM Mengorganisasikan perencanaan Perencanaaan SDM Manajemen Karir Evaluasi, pengendalian, penelitian 2. Informasi Pegawai (Nama, umur, Ketrampilan, latar blkg, perfomance, Potensi, dll) 7. Analisis Lingkungan 1. Perencanaan Strategi Bisnis 4. Perencanaan SDM Umum & tkt Unit Produktivitas Staf, manajer,dll Succession planning Pasar kerja eksternal 5. Program SDM Penarikan, seleksi Pengembangan Sistem penggajian Manajemen karir 6. Umpan Balik 3. Analisis Masa Lalu Struktur organisasi, tanggung jawab, ukuran, staffing Flows, trends, turnover, transfer, death, pensiun, dll Penyesuaian perubahan.

7 IKA RUHANA Mengapa PSDM Sangat Diperlukan ?  Perubahan yang cepat  Ketidakpastian mengenai kondisi bisnis  Peningkatan biaya-biaya  Perubahan cepat dari teknologi  Tenaga kerja terlatih semakin terbatas  Cepatnya perubahan peraturan pemerintah  Meningkatnya globalisasi industri

8 IKA RUHANA

9 FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERENCANAAN SDM

10 HR PLANNING Strategi korporat  Target Penjualan  laba Strategi fungsional  Produksi  Pemasaran  Pelayanan Rencana divisional Strategi bisnis  Jumlah produksi  Omzet penjualan HR planning Strategic Planning Kebutuhan SDM (demand) Pemenuhan SDM (supply)

11 10 Langkah-langkah Perencanaan SDM 1.Analisis faktor-faktor penyebab perubahan kebutuhan SDM. 2.Peramalan kebutuhan SDM. 3.Penentuan kebutuhan SDM di masa yang akan datang. 4.Analisis ketersediaan (supply) SDM dan kemampuan perusahaan. 5.Penentuan dan implementasi program.

12 11 1. Analisis Faktor Penyebab Perubahan Kebutuhan SDM a.Perubahan dalam lingkungan eksternal seperti ekonomi, politik, teknologi dan persaingan. b.Perubahan keputusan internal seperti strategi, budget, ramalan penjualan, ekspansi, rancangan organisasi dan rancangan pekerjaan. c.Perubahan tenaga kerja organisasi seperti adanya pegawai yang pensiun (retirement), mengundurkan diri (resignation), PHK (termination), meninggal dunia, pegawai sakit, dll.

13 12 2. Peramalan Kebutuhan SDM Teknik-teknik peramalan kebutuhan, yaitu : a.Ramalan para ahli (expert forecast) atau judgement technique. b.Analisis kecenderungan atau trend analysis. c.Budget and planning analysis. d.New venture analysis. e.Computer analysis. f.Statistical analysis.

14 13 2.a. Ramalan Para Ahli  Nominal Delphi Technique (NGT), yaitu menghadirkan orang ahli dan ditanyakan penyebab perubahan kebutuhan pegawai di masa yang akan datang. Hasilnya didiskusikan secara bersama-sama, faktor diranking atau diurutkan dari yang paling penting.  Delphy Tecnique, yaitu bila para ahli tidak dapat berdiskusi secara bersama. Perencana SDM meminta pendapat masing-masing ahli kemudian disimpulkan.  Perkiran manajer, yaitu kebutuhan SDM diperkirakan oleh manajer puncak, kemudian diberikan ke manajer di bawahnya atau sebaliknya.

15 14 2.b. Analisis Kecenderungan Analisis dilakukan berdasarkan kecenderungan kebutuhan pada masa lalu, yaitu :  Ekstrapolasi, yaitu mengasumsikan bahwa tingkat perubahan masa lalu sama dengan yang akan datang.  Indeksasi, yaitu menghitung bahwa rasio antara jumlah pegawai dengan jumlah penjualan atau produksi pada masa lalu akan sama di masa akan datang.

16 15 2.c. Budget and Planning Analysis merupakan jumlah budget yang telah disetujui, yang di dalamnya berisi jumlah kebutuhan pegawai pada setiap departemen di dalam suatu perusahaan.

17 16 2.d. New Venture Analysis menghitung jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan dengan membandingkannya dengan pembukaan usaha baru yang pernah dilakukan oleh perusahaan lain.

18 17 2.e. Computer Analysis program perhitungan yang dilakukan oleh komputer melalui rumus matematika, rasio-rasio atau indeksasi dan ekstrapolasi secara bersama-sama.

19 18 3. Penentuan Kebutuhan SDM di Masa yang Akan Datang Penentuan kebutuhan SDM pada masa depan meliputi jumlah dan kemampuan yang dimiliki, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

20 19 4. Analisis Ketersediaan (Supply) SDM dan Kemampuan Perusahaan  Memperkirakan ketersediaan sumber internal, yaitu proses pemeriksaan tenaga kerja yang ada, jumlah dan jenisnya. Teknik analisis yang digunakan yaitu replacment chart, yaitu gambaran singkat mengenai siapa menggantikan apabila suatu jabatan kosong. Ada tambahan catatan tentang informasi calon pekerja yang disebut replacement summary, yaitu daftar kemungkinan pengganti untuk setiap jabatan.

21 20 5. Penentuan dan Implementasi Program Berdasarkan kebutuhan (demand) dan ketersediaan (supply) dapat terjadi beberapa kemungkinan, yaitu :  Tidak ada perbedaan antara kebutuhan dan ketersediaan pegawai (supply = demand).  Terjadi kelebihan supply tenaga kerja (supply > demand).  Terjadi kekurangan supply tenaga kerja (supply < demand).

22 21 Gambar. Model Perencanaan SDM

23 HR PLANNING (process)

24 Proses Perencanaan SDM


Download ppt "IKA RUHANA Ika Ruhana Merupakan proses pemenuhan TK sesuai dengan kebutuhan (kuantitas) organisasi pada waktu yang tepat, termasuk aktivitas merencanakan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google