Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Desain dan Implementasi SI SDM Inforrnasi-inforrnasi apa yang sudah ada dan informasi apa lagi yang dibutuhkan? Untuk tujuan dan kepentingan apa informasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Desain dan Implementasi SI SDM Inforrnasi-inforrnasi apa yang sudah ada dan informasi apa lagi yang dibutuhkan? Untuk tujuan dan kepentingan apa informasi."— Transcript presentasi:

1 Desain dan Implementasi SI SDM Inforrnasi-inforrnasi apa yang sudah ada dan informasi apa lagi yang dibutuhkan? Untuk tujuan dan kepentingan apa informasi yang akan disediakan? Bagaimana format out putnya? Siapa yang boleh mengakses informasi? Kapan dan berapa sering informasi diperlukan?

2 KEBUTUHAN SUMBER DAYA MANUSIA Berapa jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan dan kualifikasinya. Efektivitas ketersediaan SDM: Apakah kekurangan SDM? Informasi ini dapat diketahui dari analisis: Turn over karyawan Absensi karyawan Jumlah jam lembur down time mesin. Apakah kelebihan SDM? Informasi ini dapat diketahui dari analisis: Sampling kerja Time notion study Analisis Sifat Pekerjaan -Apakah pekerjaannya musiman? -Apakah pekerjaannya tergantung pada bahan baku? -Apakah pekerjaannya menuntut skill tertentu? -Apakah pekerjaannya job order? -Apakah pekerjaannya rutin?

3 FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN SDM 1.FAKTOR DARI DALAM : Rencana strategis perusahaan. Anggaran Ramalan produksi clan penjualan. Perkembangan usaha. Desain organisasi perusahaan 2. FAKTOR DARI LUAR Keadaan ekonomi Keadaan sosial, politik, hukum Persaingan bisnis. 3. FAKTOR-FAKTOR WORK FORCE Turn over Terminasi Pensiun Kematian Tingkat absensi: Cuti, Sakit, Ijin, Absen.

4 PERSYARATAN TENAGA KERJA Kualifikasinya seperti apa? Usia Pendidikan Pengalaman kerja Kualifikasi skill Ciri-ciri fisik Kualifikasi psikologis Analisis tempat tinggal Kemampuan penunjang Sumber : Intern: Promosi, rotasi (berdasarkan data SDM) Ekstern : Rekrutmen

5 PEMBINAAN TENAGA KERJA Tujuan : Agar karyawan memahami tugas clan tanggung jawabnya. Sarana pengembangan pribadi Memberikan pemahaman clan pembentukan nilai-nilai budaya perusahaan Mempersiapkan karyawan untuk menempati posisi/jabatan yang akan datang. HAL YANG PERLU DIRENCANAKAN: Strategi pembinaan. Program pembinaan Evaluasi pembinaan.

6 PERENCANAAN KARIR Perlu dibuat untuk mempertimbangkan kebutuhan tenaga kerja atas jabatan yang ditinggalkan clan jabatan baru yang akan diisi oleh tenaga kerja intern Semakin baik, jika perusahaan punya jalur karir yang jelas.

7 ANGGARAN BIAYA Rencanakan kebutuhan biaya. Analisis dan putuskan kebutuhan biaya yang paling murah dengan hasil/ manfaat yang lebih bagus dan lengkapi dengan pertimbangan. Mintakan persetujuan anggaran

8 METODE YANG DIGUNAKAN 1. Trend Analysis Dilakukan dengan mengkaji kecenderungan tenaga kerja minimal 5 tahun yang lalu clan kemudian diproyeksikan kecenderungannya pada tahun-tahun mendatang. Kegunaan: a.Mengukur kecnderungan fungsi-fungsi pokok. b.Memprediksi untuk jangka waktu 1- 3 tahun yang akan datang. Rumus : Y = f (T,C,S,I) Dimana : Y= Prediksi T= Kecenderungan C= Faktor siklus S= Faktor musim I= Faktor tidak menentu.

9 2. Analisis Rasio Rasio Produktivitas Menggunakan data historis untukmengetahui indeks produktivitas tahun yang telah lalu. Rasio Personel Menggunakan data personalia untuk menentukan ubungan historis antara karyawan-karyawan pada berbagai jabatan. Kegunaan: a.Rasio produktivitas memprediksi kebutuhan tenaga kerja untuk fungsi-fungsi pokok. b.Rasio personel memprediksi kebutuhan tenaga kerja untuk fungsi-fungsi non pokok. c.Memprediksi kebutuhan tenaga kerja untuk jangka waktu 1- 3 tahun yang akan datang.

10 3. Analisis regresi a.Menghitung hubungan antara output dengan waktu yang digunakan untuk merighasilkan output tersebut. b.Memprediksi kebutuhan tenaga kerja untuk jangka waktu 3-5 tahun. c.Rumus:Y=a+bx. Dimana: Y= perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan out put yang diharapkan. X = out put dari data masa lalu yang diharapkan.


Download ppt "Desain dan Implementasi SI SDM Inforrnasi-inforrnasi apa yang sudah ada dan informasi apa lagi yang dibutuhkan? Untuk tujuan dan kepentingan apa informasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google