Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 FAKTOR-FAKTOR KRITIS DALAM PEMBENTUKAN KOMUNITAS BELAJAR Studi Kasus pada Pengembangan Komunitas Lesson Study di Kabupaten Sumedang (Jawa Barat) Oleh:

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 FAKTOR-FAKTOR KRITIS DALAM PEMBENTUKAN KOMUNITAS BELAJAR Studi Kasus pada Pengembangan Komunitas Lesson Study di Kabupaten Sumedang (Jawa Barat) Oleh:"— Transcript presentasi:

1 1 FAKTOR-FAKTOR KRITIS DALAM PEMBENTUKAN KOMUNITAS BELAJAR Studi Kasus pada Pengembangan Komunitas Lesson Study di Kabupaten Sumedang (Jawa Barat) Oleh: Harry Firman Universitas Pendidikan Indonesia

2 2 OUTLINE PRESENTASI Lesson Study di Jepang. Komunitas Lesson Study sebagai Komunitas Belajar. Membangun Komunitas Lesson Study di Sumedang: Proses, tantangan, dan hasil. Faktor-Faktor Kritis dalam Pembentukan Komunitas Lesson Study

3 3 APA LESSON STUDY ITU? Lesson Study (Jepang: “Jugyou Kenkyuu”), adalah kegiatan komunitas guru mata pelajaran sejenis di Jepang secara berkolaborasi melakukan riset tentang pembelajaran.

4 4 Hasil Lesson Study adalah desain dan perangkat pembelajaran yang telah teruji efektivitasnya. Lesson Study tumbuh mentradisi sejak akhir PD-II, Lesson Study dipercaya pengamat Barat sebagai salah satu “mesin” kualitas pendidikan di Jepang.

5 5 LANGKAH-LANGKAH LESSON STUDY Step 1: Merencanakan secara kolaboratif pembelajaran yang akan diteliti. Step 2: Mengobservasi rancangan pembelajararan ketika dilaksanakan di kelas.

6 6 Step 3: Mendiskusikan secara reflektif hasil observasi. Step 4: Merevisi pembelajaran berdasarkan hasil refleksi.

7 7 PROSES LESSON STUDY DO SEEREFLECT PLAN

8 8 KOMUNITAS LESSON STUDY SEBAGAI KOMUNITAS BELAJAR Collegiality Sharing values & vision Collective creativity Sharing personal practice Continuous inquiry ATRIBUTES OF LEARNING COMMUNITY DO SEEREFLECT PLAN

9 9 LESSON STUDY BERBASIS MGMP DI SUMEDANG: MEMBANGUN KOMUNITAS BELAJAR GURU 1.Moda Alternatif Pengembangan Profesi Guru yang berbasis sekolah. 2.Difasilitasi oleh Ditjen PMPTK, JICA, Pemkab, dan UPI. 3.Dirancang dan disupervisi oleh Disdik Kabupaten bersama UPI. 4.Diimplementasikan oleh “Jaringan 8 Komunitas MGMP” MIPA Kabupaten Sumedang, dengan pendampingan oleh Tim Lesson Study UPI.

10 10 BUDAYA BARU KOMUNITAS PENDIDIKAN DI SUMEDANG 1.Kolegialitas antarguru & antaranggota komunitas pendidikan; 2.Kesediaan guru membuka kelas untuk pengamat; 3.Orientasi pembelajaran ke arah pembelajaran hands- on & minds-on dan kolaboratif;

11 11 1.Kesediaan mengembangkan sendiri alat-alat pembelajaran dari bahan lokal; 2.Pembelajaran menjadi isu sentral manajemen pendidikan di tingkat sekolah dan kabupaten.

12 12 TANTANGAN DALAM MEMBANGUN KOMUNITAS LESSON STUDY DI SUMEDANG 1.Merasa nyaman dengan pelatihan top-down, 2.Kultur pembelajaran berpusat pada guru, verbalisme, dan preskriptif, 3.Ketertutupan kelas pada orang lain, 4.Kurang berpengalaman dalam mengembangkan rencana pembelajarn secara bersama-sama, 5.Ketidakbiasaan mengidentifikasi masalah pembelajaran, 6.Mengasosiasikan observasi pembelajaran dengan evaluasi kinerja guru.

13 13 STRATEGI PENGEMBANGAN KOMUNITAS LESSON STUDY DI SUMEDANG Domain Pemerintah Domain Komunitas guru Sikap Knowledge & skills Nilai & Kesadaran Direction Leadership & Pengaturan Tools

14 14 FAKTOR-FAKTOR KRITIS DALAM MEMBANGUN KOMUNITAS LESSON STUDY PEMERINTAH GURU PENDAMPING Keinginan mening- katkan diri Keterbukaan Kesediaan berbagi Clear direction Managerial support Financial support Leadership Knowledgeable Menjembatani komunitas belajar dan Policy Makers


Download ppt "1 FAKTOR-FAKTOR KRITIS DALAM PEMBENTUKAN KOMUNITAS BELAJAR Studi Kasus pada Pengembangan Komunitas Lesson Study di Kabupaten Sumedang (Jawa Barat) Oleh:"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google