Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 Esfindo: E-school for Indonesia Portal gratis Sistem E-learning untuk Sekolah Menengah Oleh Heru.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 Esfindo: E-school for Indonesia Portal gratis Sistem E-learning untuk Sekolah Menengah Oleh Heru."— Transcript presentasi:

1 1 Esfindo: E-school for Indonesia Portal gratis Sistem E-learning untuk Sekolah Menengah Oleh Heru Suhartanto Guru Besar Tetap dan Ketua LitBang Esfindo Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) UI Sistem : Blog:

2 Tim Pengembang dan Kontributor Periode inisiasi (2008 – 2009) –Prof. Heru Suhartanto (Ketua) –Kasiyah M. Junus, M.Sc. (anggota) –Harry B Santoso, MKom (anggota) –Siti Aminah, MKom (anggota) –Maman Sutarman, ST (anggota) –Danang Pramudya (anggota) Periode 2009 – 2010 –Sedang dicatat para kontributornya (kebanyakan pengembangan content/isi): antara lain secara umum sivitas akademik Fasilkom, SMAN 8 (kerjasama training), FTI-U-Yarsi (kerjasama Training),

3 Renungan O Mankind We have created you from a male and a female, and made you into nations and tribes, that you may know one another. Verily, the most honourable of you with God is who is most obedient to God. Verily, God is All-Knowing, All-Ware [Q 49:13] ''Wahai manusia, tebarkan salam, sambung tali kasih (shilaturrahim), berilah makan orang yang membutuhkan dan shalatlah di tengah malam yaitu pada saat manusia sedang tidur, maka kalian akan masuk surga dengan lancar (salam)'' (HR Ibn Majah). “Maka barang siapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barang siapa mengerjakan kejahatan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya”. [QS 99:7-8] “Ketika anak Adam wafat, maka putuslah hubungannya dengan dunia, kecuali melalui tiga hal, yakni amal jariyah, ILMU yang bermanfaat, dan do’a anak sholeh yang selalu mendo’akan orang tuanya” [Hadits Nabi] Apa yang dapat kita lakukan untuk menebarkan salam (kenyamanan) bagi sesama kita? Fasilkom membuat beberapa karya yang bermanfaat bagi masyarakat – Esfindo salah satunya. Dan hadirin pun bisa berbuat sesuatu.

4 Visi Menjadi Portal pendukung kegiatan pembelajaran yang berkualitas dari segi teknologi dan isi serta dapat dipakai secara cuma cuma bagi para guru guru dan siswa siswi di Indonesia.

5 Misi Mengembangkan Portal pendukung pembelajaran gratis bagi guru guru dan siswa siswi Indonesia Melakukan penelitian dan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi untuk E-learning yang sesuai dengan kebutuhan saling berbagi pengetahuan pembelajaran bagi di antara guru guru dan siswa siswi di seluruh Indonesia. Mengembangkan modul modul e-learning seluruh mata pelajaran yang siap pakai dan siap untuk disesuaikan sebagai bahan ajaran guru guru. (sekolah umum, madrasah, pesantren, lembaga kursus, dsb) Mengembangkan modul modul kuis atau test on-line untuk seluruh mata pelajaran tingkat sekolah. Mengembangkan prototype Sistem ujicoba Ujian Akhir Nasional dan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru. Membuka peluang kerjasama dengan berbagai pihak untuk mewujudkan Visi dan Misi Esfindo.

6 Latar Belakang dan Tujuan Latar Belakang –Mutu pemahaman materi pemelajaran SMA di Indonesia tidak merata. Pemahaman tercapai tinggi di daerah/kota yang mempunyai akses materi [Data SPMB] Tujuan –Meningkatkan mutu bangsa dengan pemberian akses sumber pemelajaran untuk segala kelompok masyarakat dengan bantuan TIK Cara –Penyediaan Sistem E-learning yang dapat diakses oleh segala lapisan masyarakat Indonesia.

7 Kenapa Fasilkom ber-e-learning? Latah? Institusi pendidikan Spesialisasi di TIK (ICT) Good students and staffs Pengalaman pengembangan Pengalaman implementasi Pengalaman mensupervisi dan melatih Pengalaman dual-mode program UI has good students and staffs in other subjects for content quality control Punya Lab LitBang Semua itu adalah suatu rahmat Nya yang wajib disyukuri dengan berkontribusi.

8 Program flows Pengembangan awal ESFINDO sebagai output dari Riset Program Hibah Kompetensi Institusi – UI, selesai Sosialisasi/Workshop ESFINDO dengan beberapa sekolah untuk mendapatkan data data / saran guna perbaikan, masih berlangsung Ujicoba lanjut ESFINDO dengan beberapa sekolah dengan guru dan mata pelajaran tertentu, Beberapa modul dlm tahap penyelesaian. next. Riset dan pengembangan lanjut sistem dan contents untuk penyempurnaan, on going and never ending process, next.

9 Program reguler Pelatihan berkala setiap liburan semester Magang/internship bagi para guru Ujicoba modul modul Kerja praktek mahasiswa di luar kampus – instalasi, training admin ESFINDO

10 Bentuk ESFINDO ? Bagian/Area umum – misal -- SMA/SMP terbuka, memuat sumber daya pemelajaran kontribusi dari para ahli materi dan ahli pemelajaran. Bagian/Area khusus/private untuk sekolah tertentu, dipakai untuk mendukung KBM masing masing sekolah tsb (beberapa sekolah telah berminat SMAN 8 Jakarta dan beberapa MAN dan MTsN Jakarta dan luar jakarta).

11 Fitur tersedia fitur-fitur utama untuk guru yaitu fitur login, merubah profile, melihat peserta/ siswa kelas, mengelola berkas atau file, membuat sesi atau slot pengajaran dengan mengaitkan file hasil upload atau tautan (link) ke website, membuat forum diskusi, memposting di news, memposting di forum, memantau aktivitas siswa, membuat tugas pekerjaan rumah, dan membuat tanggapan (feedback) terhadap kuis on line. Fitur untuk siswa antara lain fitur login, merubah profile, melihat peserta, membaca materi pelajaran, memposting/reply news, memposting/ reply forum, membaca dan mengupload pekerjaan rumah, melakukan chatting, mengikuti kuis online, melihat tanggapan kuis, dan melihat sumber pembelajaran lainnya.

12 Target jangka panjang Portal program pendidikan kesetaraan (e- school), Portal program pelatihan (e-training), Portal testing on-line (SPMB-liked testing) (e-testing) Contoh yang sudah operasional, misal: –http://www.ottawacarletone-school.ca/

13 Manfaat utama Sekolah dapat memanfaatkannya SEKARANG JUGA tanpa perlu tenaga TIK yang handal mempersiapkan server sendiri – mulai dengan satu pelajaran dan satu modul. Kegiatan pembelajaran dapat dilakukan tidak terbatas waktu dan tempat. Manajemen pembelajaran lebih efisien data aktifitas terekam dari awal sampai akhir

14 Strategi Implementasi: Sekolah Sekolah menyediakan SDM yang memadai dalam pengelolaan server dan sistem informasi terkait. Sekolah juga menyediakan server sendiri di sekolah yang terhubung dengan internet 24 jam. Leluasa tapi MAHAL. Sekolah mempunyai SDM yang memadai dalam pengelolaan server dan sistem informasi terkait, namun server ditempatkan di luar sekolah tersambung ke internet 24 jam. Leluasa tapi masih mahal. Sekolah tak perlu mempunyai SDM yang diperlukan untuk mengelola server dan sistem informasi, tapi memakai server dan sistem informasi berlangganan. Agak leluasa, tapi masih perlu dana. Sekolah tak perlu mempunyai SDM yang diperlukan dalam mengelola sistem dan server dengan cara sekolah dapat memakai portal sistem e-learning yang gratis seperti ESFINDO. Kurang leluasa, tapi gratis.

15 Strategi implementasi : Guru Memahami dan menguasai sistem e-learning. Memahami bagian mana dari pelajarannya yang bisa di on-line kan. Bertahap, tak perlu seluruh bagian pelajaran karena e-learning tidak perlu mengganti semua proses pembelajaran. Evaluasi dari ujicoba tahap Lakukan perbaikan Perlu komitmen untuk perbaikan (interaksi dengan siswa, evaluasi)

16 Tantangan utama Infrastruktur (lab dan sambungan internet) tak siap, Guru tak siap – tapi bisa belajar dan mengajarkannya ke para siswa, Perlu komitmen tinggi (waktu dan dedikasi) untuk berinteraksi dengan sistem

17 Kunjungan ke situs school.ca/viewpage.asp?ID=176http://www.ottawacarletone- school.ca/viewpage.asp?ID=176

18 Terima Kasih


Download ppt "1 Esfindo: E-school for Indonesia Portal gratis Sistem E-learning untuk Sekolah Menengah Oleh Heru."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google