Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Muhamad Fuad X-6 Remedial Fisika. SUHU/TEMPERATUR SUHU Suhu didefinisikan sebagai derajat panas dinginnya suatu benda. Alat untuk mengukur suhu adalah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Muhamad Fuad X-6 Remedial Fisika. SUHU/TEMPERATUR SUHU Suhu didefinisikan sebagai derajat panas dinginnya suatu benda. Alat untuk mengukur suhu adalah."— Transcript presentasi:

1 Muhamad Fuad X-6 Remedial Fisika

2 SUHU/TEMPERATUR SUHU Suhu didefinisikan sebagai derajat panas dinginnya suatu benda. Alat untuk mengukur suhu adalah termometer, termometer ini memiliki sifat termometrik zat yang berubah jika dipanaskan. Pada prinsipnya semua termometer mempunyai acuan yang sama dalam menetapkan skala, titik lebur es murni dipakai sebagai titik tetap bawah, sedangkan suhu uap diatas air yang sedang mendidih pada tekanan 1 atm sebagai titik tetap atas.

3 KALOR Kalor adalah salah satu bentuk energi yang mengalir karena adanya perbedaan suhu dan atau karena adanya usaha atau kerja yang dilakukan pada sistem. Kalor mempunyai satuan kalori, satu kalori didefinisikan sebagai kalor yang dibutuhkan 1 gram air untuk menaikkan suhunya 1 O C. Dalam sistem SI satuan kalor adalah Joule. Satu kalori setara dengan 4,18 joule. Kalor jenis (c) adalah kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu setiap 1kg massa benda dan setiap 1 °C kenaikan suhu. Kapasitas kalor ( C ) adalah banyaknya kalor yang digunakan untuk menaikkan suhu benda setiap 1 °C.

4 Suhu dan Pemuaian Pada Kehidupan Sehari-hari temperatur merupakan indikator panas atau dinginya benda Es Dikatakan Bertemperatur RendahApi Dikatakan Bertemperatur Tinggi

5 Pemuaian ΔL = αL o ΔT ΔA = βA o ΔT ΔV = γV o ΔT Suatu zat jika dipanaskan pada umumnya akan memuai dan menyusut jika didinginkan ΔL, ΔA, ΔV = Perubahan panjang, luas dan volume L0, Ao, Vo = Panjang, luas dan volume awal ΔT = Perubahan suhu( 0 C) α, β, γ= Koefisien muai panjang, luas dan volume ( 0 C-1) γ= 3α dan β= 2α

6 - Alat Yang Di Gunakan Untuk Mengukur Temperatur Di Sebut Termometer - Untuk Mengukur Temperatur Secara Kuantitatif, perlu skala numerik seperti °C, °R, K, °F

7 PEMUAIAN ZAT PADAT 1. PEMUAIAN PANJANG a. Koefisien muai panjang(α) suatu bahan adalah perbandingan antara pertambahan panjang(Δl) terhadap panjang mula-mula(lо) persatuan kenaikan suhu(Δt). Secara matematis dinyatakan: α = …atauΔl = …, sehinggal t = ……………… lolo ltlt ΔlΔl l o = initial length l t = panjang pada suhu t Δl = the length increases t o = suhu awal t = suhu akhir α = coefficient of linier expansion

8 PEMUAIAN ZAT CAIR Formula: V t = V O ( 1 + Δ t ) Keterangan: = koef. Muai volume zat cair (diket. Dari data muai volume zat cair)

9 PEMUAIAN GAS Formula: V t = V O ( 1 + Δ t ) Keterangan: = koef. Muai volume gas = 1/273 T = suhu harus dlm Kelvin Maka formula dapat dalam bentuk:

10


Download ppt "Muhamad Fuad X-6 Remedial Fisika. SUHU/TEMPERATUR SUHU Suhu didefinisikan sebagai derajat panas dinginnya suatu benda. Alat untuk mengukur suhu adalah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google