Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Dengan enter. MENGAPA RESTRUKTURISASI ? MENINGKATKAN KINERJA DAN EFISIENSI ANGGARAN Amanat reformasi birokrasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Dengan enter. MENGAPA RESTRUKTURISASI ? MENINGKATKAN KINERJA DAN EFISIENSI ANGGARAN Amanat reformasi birokrasi."— Transcript presentasi:

1 Dengan enter

2 MENGAPA RESTRUKTURISASI ? MENINGKATKAN KINERJA DAN EFISIENSI ANGGARAN Amanat reformasi birokrasi

3 MODEL PROSES PERUBAHAN KURT LEWIN FORCE-FIELD ANALYSIS STATUSQUOSTATUSQUO KEKUATAN PENGHAMBAT KEKUATAN PENDORONG PERUBAHANPERUBAHAN

4 FORCE FIELD ANALYSIS -Identifikasi kekuatan pendorong perubahan -Identifikasi kekuatan penghambat perubahan -Rumuskan tindakan-tindakan untuk mengurangi kekuatan penghambat -Rumuskan tindakan-tindakan untuk memperkuat kekuatan pendorong.

5 Langkah-langkah yang diambil untuk mengelola perubahan Unfreezing, merupakan suatu proses penyadaran tentang perlunya, atau adanya kebutuhan untuk berubah; mooving, merupakan langkah tindakan, baik memperkuat driving force maupun memperlemah resistences; Refreesing, membawa kembali organisasi kepada keseimbangan yang baru (a new dynamic equilibrium).

6 IMPLEMENTASI MODEL PERUBAHAN LEWIN DALAM RESTRUKTURISASI LAN UNFREEZING 1.Menurunkan kekuatan status quo : Berikan penjelasan secara tuntas tentang latar belakang, tujuan, akibat, dari diadakannya perubahan (restrukturisasi). lakukan konsultasi, bernegosiasi. 2.Menghentikan cara kerja lama : Membiasakan cara kerja baru didalam organisasi 3.Pemimpin perubahan meyakinkan pengikutnya untuk keluar dari zona nyaman mereka : komunikasi persuasi, face to face dan sosialisasi

7 Mooving 1.Zona Netral: Mencari tahu reaksi orang-orang dengan Mendengarkan, memperhatikan apa yang didengar 2. Mengganti perilaku lama organisasi ke yang baru ; Menata ulang struktur dan tata kerja unit-unit 3. Mengembangkan perilaku baru: Dengan pemberian latihan atau training 4. Ketidaktahuan bagaimana memulai yang baru setelah cara lama dilepaskan :memberikan contoh atau teladan dan instruksi kerja 5. Penuh ketidakpastian dan kebingungan: Melakukan pertemuan- pertemuan rutin dan mengadakan sesi Q&A (Questions and Asks) 6. Menyesuaikan diri menyedot energi pegawai : 7. Cenderung ada keinginan untuk menghentikan upaya perubahan dan kembali ke cara lama.

8 Refreezing 1.Menstabilkan organisasi pada situasi keseimbangan yang baru: Memantapkan nilai-nilai budaya organisasi dengan melakukan pembinaan terhadap anggota organisasi 1.Jika budaya menghukum kesalahan berkembang dalam organisasi, akan membuat pegawai mengambil posisi menunggu : dengan adanya sangsi yang jelas membuat para pegawai secara halus dipaksa untuk mematuhi aturan tersebut, sehingga akan membiasakan para pegawai LAN untuk menaati peraturan yang berlaku, yang akan nantinya menciptakan budaya keteraturan yang baru.

9 TERIMAKASIH


Download ppt "Dengan enter. MENGAPA RESTRUKTURISASI ? MENINGKATKAN KINERJA DAN EFISIENSI ANGGARAN Amanat reformasi birokrasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google